Kesalahan Menabung Dana Pensiun yang Harus Dihindari dari Usia 20-an

"Saya terlalu muda dan tidak memiliki cukup uang untuk mulai menabung demi pensiun"

Kesalahan Menabung Dana Pensiun yang Harus Dihindari dari Usia 20-an – Tidak peduli berapa usia Anda saat ini, menabung bagi masa depan khususnya untuk masa pensiun adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan.

Saat ini, mungkin Anda baru saja memasuki dunia kerja dan mulai membiasakan diri untuk menabung, namun pastikan Anda tahu cara menabung yang tepat agar bisa memiliki masa pensiun yang indah.

Untuk membantu menjaga tabungan pensiun Anda tetap berjalan dengan tepat sesuai dengan rencana keuangan ideal, tinjau kesalahan tabungan pensiun umum di bawah ini agar tidak terjadi beberapa pada Anda:

Kesalahan Investasi Dana Pensiun yang Harus Dihindari dari Usia 20-an

1. Anda ‘memulainya’ saat usia 20-an 

bertanya - berpikir

Kebanyakan orang akan mulai investasi untuk masa pensiun di saat mereka telah memiliki beberapa aset dan keuangan yang cukup banyak.

Baca Juga: Menurut Para CEO Dunia, 8 Hal Ini Harus Anda Lakukan Di Saat Usia 20-an

Namun, hal ini ternyata adalah sebuah kesalahan besar yang harus dihindari. Menabung lebih awal akan membuat Anda mendapatkan beberapa tahun bunga majemuk yang telah dimulai lebih awal.

Bunga majemuk adalah apa yang terjadi bila bunga yang diperoleh dari jumlah yang Anda simpan mulai mendapatkan bunga sendiri.

Semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk menghemat uang, semakin banyak pula bunga majemuk yang bisa meningkatkan tabungan Anda.

Tanpa manfaat bunga majemuk, Anda harus menabung lebih banyak dan lebih lama untuk menghemat waktu.

Kebanyakan orang di usia ini tidak akan berfokus pada penghematan untuk pensiun karena mereka bertekad untuk melunasi pinjaman mahasiswa dan memulai keluarga terlebih dahulu. Meskipun tentu prioritas itu juga penting, menabung untuk pensiun sedini mungkin tetap tidak kalah penting.

Pada kenyataannya bahkan beberapa orang menolak pemotongan gaji nya untuk ditabungkan secara otomatis untuk dana pensiun.

Nah, dalam hal ini, pastikan Anda memperhatikan porsi tabungan pensiun dan memulainya sekarang juga jika Anda ingin menikmati pensiun yang indah.


2. Memasuki Usia 30-an, ‘Masa Sibuk’ Anda

multitasking

Meskipun Anda mungkin merasa lebih tua, lebih bijaksana dan lebih dewasa saat berusia 30-an, Anda mungkin masih akan membuat beberapa kesalahan terkait perencanaan pensiun.

Baca Juga: 6 Cara Efektif Untuk Menghabiskan Rp 20 Juta Ketimbang Membeli iPhone X

Kesalahan tabungan pensiun terbesar yang dilakukan oleh orang-orang berusia 30-an biasanya hanya sedikit uang yang berusaha dikontribusikan orang untuk masa pensiunnya.

Saat memasuki usia 30-an, cobalah untuk menjadi disiplin dalam menyisihkan 10-20% pendapatan Anda untuk masa pensiun.

Pastikan Anda disiplin dalam menabung, bukan hanya menabung di saat memiliki uang berlebih.


3. Anda Mulai ‘Serius’ Saat Memasuki Usia 40 dan 50

rahasia keuangan orang terkaya - menguasai informasi - berita terbaru

Orang-orang berusia 40-an dan 50-an yang sesungguhnya sudah cukup terlambat untuk memulai investasi tabungan pensiun mereka sering membuat kesalahan yang berakibat fatal.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Orang-orang berusia 40-an dan 50-an yang menyadari bahwa dirinya telah terlambat jika memulainya sekarang akan mencoba mengambil jalan pintas dan menginvestasikan kepada instrumen investasi yang bersifat agresif untuk menebus waktu-waktu sebelumnya.

Tapi seiring bertambahnya usia, Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk memperbaiki kekalahan yang mungkin terjadi.

Jadi, jika Anda menggunakan strategi agresif, Anda harus mengambil risiko kehilangan tabungan tanpa kesempatan untuk pemulihan.

Sebagai gantinya, ini adalah periode di mana Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk perlahan mengalihkan aset Anda ke investasi yang lebih konservatif dan pasti.

Kesalahan simpanan pensiun lainnya yang harus dihindari termasuk memiliki terlalu banyak hutang dan menarik deposito atau investasi Anda lebih awal.

Menarik investasi sebelum tanggal jatuh tempo akan membuat Anda kehilangan beberapa Keuntungan seperti bunga majemuk yang seharusnya didapatkan. Dalam hal ini, berkurangnya keuntungan berarti mengurangi jumlah tabungan pensiun Anda di masa depan.


4. Lakukan ‘Sekarang atau Tidak’ Saat Memasuki Usia 60

mempersiapkan dana pensiun - hari tua

Apakah salah satu kesalahan tabungan pensiun terbesar yang harus dihindari pada usia 60an? Di saat berusia 60, kebanyakan orang akan mengambil seluruh investasinya dan mencoba untuk menabung dengan cara tradisional seperti di bank.

Baca Juga: 3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Pensiun Dini

Seperti yang kita ketahui, menabung di bank tidak akan memberikan Anda bunga yang cukup signifikan dalam waktu yang cepat, sehingga hal ini tidak akan terlalu berpengaruh untuk peningkatan tabungan Anda.

Saat berusia 60-an, cobalah untuk berinvestasi ke dalam bisnis anak Anda, atau cobalah untuk memilih investasi yang lebih menguntungkan dengan risiko yang kecil.

Nah, itulah tadi kesalahan menabung untuk dana pensiun yang seringkali dilakukan banyak orang mulai dari usia 20-an hingga usia pensiun 60-an.

Tentunya setiap fase memiliki kesempatan yang berbeda untuk mendapatkan pensiun yang lebih indah. Semakin muda Anda mencoba mendisiplinkan diri untuk menabung, semakin besar dana pensiun yang bisa dikumpulkan di masa tua.

Baca Juga: Berapa Banyak Uang yang Harus Ditabung Setiap Bulannya Agar Milenial Bisa Pensiun Dengan Nyaman?

Pastikan juga tabungan yang disimpan secara rutin tidak Hanya sekedar disimpan di bank saja, namun cobalah untuk berinvestasi juga.

Dengan berinvestasi, efek bunga berbunga akan berjalan lebih maksimal dan lebih menguntungkan di masa mendatang.

Jika Anda merasa bingung dalam memilih jenis investasi yang cocok, cobalah untuk memilih jenis investasi dengan tingkat risiko rendah namun bisa menghasilkan bunga yang cukup tinggi, seperti investasi peer to peer lending

Saat ini, KoinWorks hadir sebagai salah satu platform penyedia layanan peer-to-peer lending yang telah resmi terdaftar di OJK.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Pendanaan Fintech Lending

Di sini, Anda dapat berinvestasi dengan nominal yang terbilang cukup kecil, yaitu hanya dengan Rp 100 ribu, untuk memiliki pendapatan pasif dengan bunga efektif mulai dari 18% per tahun. Yuk manfaatkan kesempatan untuk mendapatkan manfaat bunga berbunga Anda sedari muda!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.