Home KoinGaji HRD Wajib Tahu, 5 Cara Meningkatkan Kesehatan Keuangan Karyawan

HRD Wajib Tahu, 5 Cara Meningkatkan Kesehatan Keuangan Karyawan

‚ÄĘ

HRD Wajib Tahu, Ini 5 Cara Meningkatkan Kesehatan Keuangan Karyawan – Sehatnya kondisi keuangan merupakan salah satu hal yang bisa meningkatkan kualitas hidup, termasuk bagi karyawan.

Adapun, meningkatkan kesehatan keuangan dari para karyawan merupakan program penting dijalankan bagi seorang pemilik perusahaan atau HR.

Alasannya? karena dengan adanya program tersebut, mampu meningkatka kualitas hidup karyawan sehingga produktivitas, efektivitas, serta kreativitas karyawan pun juga meningkat.

Nah, dengan meningkatnya hal-hal di atas, tentu saja peluang perusahaan untuk meraih keuntungan dengan bantuan para karyawan secara umum juga ikut meningkat.

Lalu, apa saja yang bisa karyawan lakukan untuk meningkatkan kesehatan keuangan karyawan?


5 Cara Meningkatkan Kesehatan Keuangan Karyawan

1
Memberikan Edukasi Mengenai Pengelolaan Keuangan Pribadi

10 Tips dari Pengusaha Sukses Ini Dapat Meningkatkan Kemampuan Negosiasi Kamu

Perihal keuangan sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia setiap harinya, begitupun bagi karyawan.

Sayangnya, masih banyak juga lho orang yang tidak “melek” finansial, dalam artian dalam sebulan, uangnya hanya sekadar lewat.¬†Jangankan untuk berinvestasi, menabung saja rasanya sulit bagi mereka.

Jadi, tak ada salahnya bagi seorang pemilik perusahaan atau HRD memberikan edukasi mengenai pengelolaan finansial supaya kesehatan keuangan mereka terjaga.

Baca Juga: 4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

Carilah seorang yang ahli untuk memberikan edukasi secara massal, misalnya setiap 2 minggu sekali pada hari Jumat.

Selain itu, HRD juga bisa memfasilitasi mereka yang memang butuh edukasi personal. Jika memang harus membayar bisa memakai promosi diskon.

2
Memberikan Pelatihan Strategi Mengenai Dana Pensiun dan Hari Tua

konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - 7 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Selalu Mengembangkan Diri - 5 Alasan Introvert Bisa Menjadi Pemimpin Bisnis yang Luar Biasa - Lakukan 5 Langkah Ini untuk Mengembangkan Keterampilan Analitis

Tak ada orang yang bisa atau mau kerja hingga hari tua. Maka dari itu, sejak muda dan masih memiliki banyak energi, sebaiknya sudah mulai membuat rencana  tentang pensiun atau hari tua.

Selain melakukan edukasi tentang pengelolaan keuangan, pastikan perihal persiapan hari tua juga diberikan di pelatihan.

Saat ini, setiap perusahaan tentu sudah memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan, yang sebenarnya diperuntukan untuk tunjangan hari tua.

Baca Juga: Panduan Lengkap BPJS Ketenagakerjaan yang Wajib Kamu Ketahui 

Nah, perihal BPJS ketenagakerjaan ini, baiknya sampaikan informasi selengkap-lengkapnya kepada karyawan.

Tentukan hari di mana semua karyawan bisa berkumpul, dan sampaikan informasi perihal tersebut kepada mereka.

3
Memahami Kebutuhan Dana Darurat

cara mengurus kk - cek kk online - bpjs ketenagakerjaan - nasihat keuangan - utang - bingung - tagihan - manajemen keuangan- detoks keuangan-psbb jakarta

Kita hidup di dunia yang serba tidak pasti. Ada saja hal-hal tak direncanakan yang terjadi ketika kita belum siap untuk menghadapinya, sebutlah keadaan darurat.

Sayangnya ketika keadaan darurat itu terjadi, karyawan kesulitan menghadapinya karena tidak memiliki dana darurat, hal inilah yang bisa mempengaruhi kinerjanya.

Ketika seorang karyawan memiliki masalah perihal kehidupannya, apalagi jika kesehatan keuangan ia tidak baik, walaupun tidak secara terang-terangan tapi pasti berpengaruh ke dalam kerjaan.

Kerjaan mungkin tetap dikerjakan sampai selesai, tapi seringkali kualitasnya menurun. Belum lagi produktivitas juga bisa menjadi berantakan.

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat 

Lalu apa yang bisa seorang HRD lakukan?

Pahami pentingnya kebutuhan dana darurat, dan berikan fasilitas yang bisa membantu mereka mendapatkan suntikan dana darurat. Entah itu mengadakan pinjaman kantor, atau memberikan fasilitas Salary Advance.

Salary Advance, seringkali digunakan sebagai fasilitas kantor, karena sebenarnya hal itu bukanlah pinjaman, melainkan memberikan lebih awal hak gaji milik karyawan.

Tapi harus diingat bahwa Salary Advance harus benar-benar memiliki administrasi yang baik, kalau salah sedikit bisa menyebabkan masalah besar karena hubungannya dengan gaji karyawan.

Selain itu, amu juga harus memastikan bahwa fasilitas salary advance karyawan tidak mengganggu arus kas perusahaan.

Sebagai solusinya KoinGaji dari KoinWorks siap membantu kamu dalam melakukan transaksi salary advance ini.

Dengan menggunakan KoinGaji, kamu sebagai pemilik perusahaan atau bagian HRD tak perlu repot mengurus administrasi, semua akan dilakukan oleh pihak KoinWorks.

Selain itu, karyawan juga bisa tetap mendapatkan salary advance hingga 80% gaji melalui sistem peer-to-peer lending, tanpa membebani arus kas perusahaan.

Nah, untuk bergabung perusahaan harus melakukan kerjasama terlebih dahulu dengan tim KoinWorks, untuk bisa memulai menggunakan KoinGaji.

Kamu bisa mengisi form di bit.ly/koingajiform dan tim kami akan segera menghubungi kamu.

Setelah ketentuan yang diharuskan telah selesai terpenuhi, karyawan bisa mengajukan salary advance melalui aplikasi KoinWorks dengan mudah.

4
Mengadakan Konseling Perihal Utang

cari pinjaman uang-2

Saking banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, apalagi dengan tidak adanya dana darurat, menjadikan sebagian orang memutuskan untuk berutang.

Perlu diketahui bahwa berutang bukanlah hal yang buruk, tetapi harus dipastikan bahwa utang tersebut nantinya tidak berlebihan, dan merugikan apalagi jika utang yang dilakukan untuk kebutuhan konsumtif.

Memberikan konseling perihal utang, tidak hanya membantu mereka yang sedang kesulitan untuk keluar dari lingkaran perutangan, tetapi juga bagi karyawan lainnya untuk bijak dalam melakukan utang.

Di zaman perkembangan teknologi seperti sekarang, sangat mudah bagi masyarakat untuk melakukan utang. Maka dari itu, jika tidak hati-hati bisa saja terjebak pinjaman online bodong, yang merugikan.

5
Memiliki Asuransi Sesuai Kebutuhan

Mengurus Berbagai Asuransi Penting - manajemen keuangan

Ada alasannya kenapa sebuah perusahaan diwajibkan untuk memberikan fasilitas asuransi, terlebih asuransi kesehatan untuk karyawan.

Kesehatan adalah harga paling berharga, dan tidak ada semua orang yang ingin jatuh sakit. Tapi kembali lagi, bahwa hidup tak bisa diprediksi, jatuh sakit merupakan keadaan darurat yang bisa saja terjadi.

Nah, dengan adanya asuransi, paling tidak karyawan tak perlu pusing mengenai biaya jika mengalami sakit dan bisa segera berobat di rumah sakit untuk sembuh, karena sudah di-cover oleh perusahaan.

Berikan informasi selengkap-lengkapnya tentang syarat dan ketentuan pemakaian asuransi yang disediakan perusahaan.

Sebagai saran, baiknnya menggunakan fasilitas asuransi yang cashless, sehingga saat keadaan mendeask, karyawan bisa langsung memakainya, tidak perlu menunggu reimbursement.


Dengan pembahasan ini, semoga kamu sebagai bagian HRD atau pemilik perusahaan bisa terbantu dalam meningkatkan kualitas karyawan dengan memperhatikan kesehatan keuangan mereka.

Semoga berhasil! ūüôā

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.