7 Keterampilan Uang yang Harus Kamu Punya Agar Bisa Pensiun Dini

4 Langkah Tepat Menyiapkan Pensiun Dini di Usia 40 Tahun- investor pasif-investor aktif - investasi p2p lending koinworks- olahraga lari teman - anak - keluarga - olahraga - sehat - bahagia - 5 Gaya Hidup Hemat Biaya yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup Seseorang - Terapkan 6 Pola Pikir Atlet Berikut Ini Agar Sukses Finansial - 5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat!- tips menjaga kesehatan tubuh- womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis -risiko yang dihadapi pebisnis- Ini Risiko Investasi Obligasi yang Perlu Anda Ketahui!- 4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda- menabung-gaji - uang - sukses- mencatat pengeluaran-7 Keterampilan Uang Agar Kamu Bisa Pensiun Dini

7 Keterampilan Uang yang Harus Kamu Punya Agar Bisa Pensiun Dini – Apakah kamu tertarik untuk mulai melakukan persiapan pensiun dini? Tentunya dalam mewujudkannya bukanlah hal yang terbilang mudah.

Kerena, untuk benar-benar mewujudkannya memerlukan perencanaan keuangan yang cermat dan beberapa keterampilan ketika mengelola keuangan.

Dalam artikel ini, KoinWorks akan memberikan kamu 7 keterampilan finansial yang akan membuat kamu siap untuk pensiun dini dan mandiri finansial.


7 Keterampilan Uang yang Harus Kamu Punya Agar Bisa Pensiun Dini

Membuat Rencana Tertulis

mencatat pengeluaran-7 Keterampilan Uang yang Harus Kamu Punya Agar Bisa Pensiun Dini

Membuat rencana hanya dalam pikiran bukanlah cara terbaik untuk membuat perencanaan pensiun.

Sama halnya dengan berjalan dan ingin mencapai tujuan yang benar, namun kamu tidak merencanakan tujuan atau perjalanan yang pasti. Hal tersebut hanya akan mirip dengan mencoba keberuntungan daripada membuat suatu “perencanaan”.

Kamu harus ingat bahwa kesuksesan finansial adalah sebuah pilihan. Setiap keputusan keuangan yang kamu buat setiap hari akan menentukan lebih dekat atau lebih jauh kah dari tujuan kamu.

Luangkan waktu kamu untuk mulai menuliskan tujuan keuanganmu sehingga bisa terwujud dari waktu ke waktu.

Ingatlah bahwa kamu tidak hanya bertujuan untuk menuliskan beberapa kata motivasi melalui rencana ini. Tujuannya adalah untuk menentukan masing-masing dari setiap aspek tujuan keuanganmu dengan menentukan garis waktu dan prediksi angka yang tepat.


Penghasilan Lebih Dari Gaya Hidup

gaji - uang - sukses- mencatat pengeluaran-7 Keterampilan Uang yang Harus Kamu Punya Agar Bisa Pensiun Dini

Menjadi kaya secara finansial adalah tujuan jangka panjang. Ini jelas menyiratkan bahwa kamu harus mulai berani untuk meninggalkan kebutuhan gaya hidupmu yang berlebihan jika ingin mewujudkan kesuksesan finansial dalam jangka panjang.

Pilih pengeluaran kamu dengan bijak, supaya kamu bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup meskipun kamu sedang menyisihkan uang untuk tabungan masa depan.


Buat Uangmu Sulit Dijangkau

menabung-gaji - uang - sukses- mencatat pengeluaran-7 Keterampilan Uang yang Harus Kamu Punya Agar Bisa Pensiun Dini

Salah satu cara tepat agar kamu tidak terlalu boros adalah, taruh uangmu di suatu tempat sehingga kamu harus berpikir dua kali sebelum berusaha mendapatkannya kembali.

Tentunya berbedanya jika kamu memiliki uang tunai di dompet dan uang yang kamu taruh di rekening tanpa kartu ATM, mana yang paling mudah untuk dijangkau?

Karena itu, tetapkan rencana keuanganmu untuk mempersulit kamu menggunakannya sehingga kamu dapat menahan godaan untuk membelanjakannya.


Terapkan aturan 5%

4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda- menabung-gaji - uang - sukses- mencatat pengeluaran-7 Keterampilan Uang yang Harus Kamu Punya Agar Bisa Pensiun Dini

Dengan kamu menerapkan aturan ini, maka kamu bisa mencoba untuk mengurangi pengeluaranmu (sebesar 5%) dari 3 kategori pengeluaran teratas setiap tahun.

Untuk menerapkan aturan ini, pertama-tama daftarkan 3 kategori pengeluaran teratas kamu.

Kemudian uraikan pengeluaran dari kategori-kategori tersebut. Ini akan menunjukkan pengeluaran mana yang butuh kamu perbaiki atau dikurangi sebesar 5%. Sehingga sisa dari uang tersebut bisa kamu simpan untuk tabungan atau investasi.

Misalnya, jika pengeluaran bulanan kamu untuk makan di luar cukup besar dan masuk dalam daftar, maka cobalah mencari tahu alasan untuk tidak keluar, mungkin membiaskan untuk membawa makan siang ke kantor atau membuat aturan ketat untuk makan di luar atau tempat fancy hanya 2 kali dalam sebulan.


Cari Tahu Peluang Risiko Kamu

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis -risiko yang dihadapi pebisnis- Ini Risiko Investasi Obligasi yang Perlu Anda Ketahui!- 4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda- menabung-gaji - uang - sukses- mencatat pengeluaran-7 Keterampilan Uang yang Harus Kamu Punya Agar Bisa Pensiun Dini

 

Sebelum memutuskan untuk melakukan pensiun dini, ada baiknya untuk mencari tahu risiko kerugian yang akan kamu hadapi di masa depan.

Hal ini tentunya sangat penting, mengingat ketika kamu memutuskan pensiun, berarti pemasukkan pun akan menjadi terbatas.

Baca juga: Risiko Investasi yang Harus kamu Ketahui

Oleh karena itu, kamu perlu mengevaluasi kesehatan finansial dan kemampuan kamu untuk menanggung suatu kerugian di masa depan.

Hal ini mungkin akan memberi kamu gambaran yang jelas tentang risiko jangka panjang yang akan mampu kamu hadapi.


Jaga Kesehatan Kamu

olahraga lari teman - anak - keluarga - olahraga - sehat - bahagia - 5 Gaya Hidup Hemat Biaya yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup Seseorang - Terapkan 6 Pola Pikir Atlet Berikut Ini Agar Sukses Finansial - 5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat!- tips menjaga kesehatan tubuh- womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis -risiko yang dihadapi pebisnis- Ini Risiko Investasi Obligasi yang Perlu Anda Ketahui!- 4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda- menabung-gaji - uang - sukses- mencatat pengeluaran-7 Keterampilan Uang yang Harus Kamu Punya Agar Bisa Pensiun Dini

Membahas keterampilan mengelola keuangan memang tidak ada hubungannya dengan kesehatan.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa untuk bisa menikmati manfaat pensiun dini kamu harus selalu sehat.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh untuk Investasi Masa Tua 

Selain itu, menjadi sehat juga memastikan bahwa pengeluaran kamu (tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan) untuk perawatan kesehatan jadi seminimal mungkin.


Membuat Passive Income 

investor pasif-investor aktif - investasi p2p lending koinworks- olahraga lari teman - anak - keluarga - olahraga - sehat - bahagia - 5 Gaya Hidup Hemat Biaya yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup Seseorang - Terapkan 6 Pola Pikir Atlet Berikut Ini Agar Sukses Finansial - 5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat!- tips menjaga kesehatan tubuh- womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis -risiko yang dihadapi pebisnis- Ini Risiko Investasi Obligasi yang Perlu Anda Ketahui!- 4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda- menabung-gaji - uang - sukses- mencatat pengeluaran-7 Keterampilan Uang Agar Kamu Bisa Pensiun Dini

Memiliki pendapatan pasif untuk masa pensiun adalah salah satu kewajiban. Dengan begini, kamu pun tetap bisa menjaga arus kas keuangan kamu dan tidak khawatir akan mengalami kebankrutan ketika memasuki masa pensiun.

Berbagai pendapatan pasif bisa kamu pilih. Seperti properti, emas dan lainnya. Kamu pun bisa mendapatkan pendapatan pasif lainnya dengan berinvestasi melalui platform peer-to-peer lending, salah satunya di KoinP2P persembahan dari KoinWorks.

Di KoinP2P, kamu bisa mendapatkan pendapatan pasif sembari melakukan kegiatan positif, yaitu turut membantu mengembangkan UMKM serta memajukan
ekonomi nasional.

Kamu pun bisa mempersiapkan pendapatan pasif-mu untuk pensiun dini di KoinP2P hanya dengan Rp100.000 setiap harinya dan mendapatkan hasil imbal sebesar 18% per tahunnya.

Namun, jika kamu masih khawatir dengan kerugian ketika melakukan kegiatan mendanai, jangan khawatir! KoinWorks tentunya bisa kamu percaya, karena kamu akan mendapatkan fasilitas dana proteksi yang nilainya bervariasi tergantung tingkat resiko yang dipilih dan KoinWorks telah Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK).

Dengan demikian kamu tidak perlu khawatir saat mendanai untuk persiapan pensiun dini kamu di KoinWorks.


Berikut tadi adalah 7 hal keuangan yang bisa kamu coba untuk mempersiapkan pensiun dini.

Mempersiapkan pensiun dini bukanlah hal yang sulit, karena yang kamu perlukan hanyalah disiplin keuangan (dalam jangka waktu yang lama), menabung dan berinvestasi dengan bijak.

Karena jalan agar bisa pensiun dini bukanlah terletak di angka yang harus kamu hasilkan di masa pensiun, namun menumbuhkan kebiasaan yang baik dan pola pikir yang benar adalah kuncinya.

Jadi, mulailah sekarang!

0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​