Yuk, Intip Strategi Mengatur Keuangan Berdasarkan Zodiak! – Bilangnya sih, mau jadi jutawan di usia 30-an, tapi selama ini Anda malah menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal tidak penting, untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan dalam keseharian ataupun masa depan.

Tahu-tahu, Anda menyadari betapa borosnya Anda ketika tabungan di rekening berkurang drastis, dompet yang kian menipis, atau banyaknya surat tagihan yang datang ke alamat Anda.

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Dunia dan Cara Menjadi Seperti Mereka

Sebenarnya, guna mencapai segala tujuan, Anda perlu membuat perencanaan, salah satunya dengan mengatur keuangan.

Jika Anda ingin mendapatkan insight baru terkait bagaimana mengatur keuangan selain dari para financial experts, yuk cari tahu apa kata zodiak. Siapa tahu lebih cocok dengan Anda.

Yuk, Intip Strategi Mengatur Keuangan Berdasarkan Zodiak!

1. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Pemilik zodiak ini memang terkenal dalam mengatur keuangan. Mereka bukanlah orang yang boros atau lapar mata.

Mereka juga tidak mudah tergoda untuk membelanjakan uang mereka untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Sayangnya, Capricorn lebih senang menyimpan uang di bank.

Baca juga: 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Bisa Anda Kerjakan dari Rumah

Yuk, mulai mengalokasikan pendapatan untuk diinvestasikan. Investasi saham mungkin bisa jadi awal yang baik karena Capricorn piawai dalam perhitungan. Coba pelajari lebih dalam soal bagaimana investasi saham sehingga Anda tidak salah langkah.


2. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

9 Bisnis Para Seleb Indonesia yang Bisa Anda Curi Idenya - fashion

Bicara soal keuangan berdasarkan zodiak Aquarius, mereka memang terkenal akan penampilannya yang modis dan senang mengikuti tren fashion terbaru. Buatlah anggaran khusus per bulan untuk membeli pakaian. Jangan sampai anggaran tersebut Anda ambil dari anggaran kebutuhan pokok.

Baca juga: 8 Langkah Menciptakan Rencana Keuangan yang Cerdas

Jangan lupa, mulailah menabung dan cari sumber pendapatan baru. Misalnya, Anda bisa menjual pakaian atau aksesoris yang tidak terpakai lagi dengan harga murah. Lalu, uang yang didapat untuk ditabung.


3. Pisces (19 Februari – 20 Maret)

aset rumah properti
Gambar: Freepik

Orang-orang berzodiak Pisces tidak suka memperkaya diri mereka dengan uang, tetapi kekayaan fisik seperti investasi properti.

Tak dimungkiri bahwa investasi di bidang ini sangat digembar-gemborkan sekarang ini. Tak sedikit yang menjual rumah atau apartemen dengan harga murah. Generasi millennial-lah sasarannya.

Baca juga: Investasi Properti, Peluang dan Tantangannya

Investasi di bidang properti memang bagus. Apalagi, harganya diapresiasi seiring berjalannya waktu. Nah, sebelum berinvestasi properti, pastikan Anda memilih developer terpercaya sehingga kawasan tempat tinggal Anda nantinya terus mengalami perkembangan.


4. Aries (21 Maret – 19 April)

Gestun (Gesek Tunai), Metode Pencairan Dana Tunai Kartu Kredit

Anda adalah orang yang impulsif dan boros, bila menelisik soal keuangan berdasarkan zodiak. Maka dari itu, hindari penggunaan kartu kredit yang berlebihan karena Anda sama saja seperti menimbun utang.

Jangan pula terbiasa menggesek kartu debit karena tidak punya uang tunai. Jika perlu, bawa uang secukupnya saja di dalam dompet dan tinggalkan kartu ATM di rumah.


5. Taurus (20 April – 20 Mei)

Sama seperti Capricorn, Taurus sangat senang mengatur keuangan. Gunakanlah uang yang dimiliki untuk menjalankan bisnis.

Mulai saja dari bisnis kecil-kecilan. Misalnya menjual jajanan SD telur gulung, sate taichan, membuka les privat Bahasa Inggris, hingga menjual jasa potong rambut pria.

Baca juga: Lebih Asyik Belajar Soal Bisnis Lewat 5 Channel YouTube Ini


6. Gemini (21 Mei – 21 Juni)

menu dessert

Membaca keuangan berdasarkan zodiak Gemini, tampaknya Anda perlu menambah penghasilan dengan mencari pekerjaan sampingan supaya arus kas keuangan tidak mandek.

Contoh, Anda pintar merangkai bunga? Mumpung sudah mau Valentine, yuk buat bunga kreasi Anda sendiri. Jago mendesain? Yuk, desain amplop angpao untuk Imlek atau mendesain undangan pernikahan.

Atau, Anda jago mengolah bahan makanan? Mengapa tidak membuat kreasi kue atau makanan untuk dijual?

Baca juga: Bagi yang Berkepribadian Introvert, Ini 7 Kerja Sampingan yang Cocok untuk Anda


7. Cancer (22 Juni – 22 Juli)

 

buka bersama

Sesekali makan di restoran tidak apa-apa, kok. Namun, kalau sering-sering? Apa tidak bikin kantong bolong?

Coba deh, untuk hari Senin-Kamis, persiapkan bekal makanan sendiri dari rumah, lalu makan siang bareng rekan-rekan di kantor. Untuk hari Jumat, tidak apa-apa makan siang di luar.

Anda bisa jauh lebih hemat ketimbang mengeluarkan uang untuk makan di luar terus-menerus. Lebih baik, uang tersebut Anda investasikan saja.

Baca juga: Maksimalkan Keuntungan, Tinjau Kembali Akun KoinWorks Anda dan Lakukan 4 Hal Ini

Hanya dengan uang minimal Rp100 ribu saja, Anda sudah bisa berinvestasi di KoinWorks yang menggunakan sistem peer to peer lending. Bunga efektif yang bisa Anda dapatkan ialah 18% per tahun, tentunya dengan risiko yang terjangkau.


8. Leo (23 Juli – 22 Agustus)

menonton biosko - menonton - menonton tv

Tak diragukan lagi, orang-orang berzodiak Leo senang sekali membeli atau berlangganan ini-itu. Sampai-sampai, tagihannya tanpa sadar membludak.

Jangan biarkan semua tagihan Anda menggunung. Lunasilah! Jika tagihan setiap bulannya makin lama makin terasa berat, coba evaluasi lagi, kira-kira hal apa saja yang bisa Anda minimalisir.

Baca juga: Mengetahui Bahaya KTA Untuk Hidup Konsumtif

Tagihan TV berlangganan? Tagihan internet? Atau tagihan lainnya? Pangkas pengeluaran Anda dan alokasikan uang untuk hal lain.


9. Virgo (23 Agustus – 22 September)

memborong produk saat diskon - membeli produk secara bulk

Di antara zodiak-zodiak lainnya, Virgo adalah yang paling perfeksionis. Dalam mengatur keuangan, mereka memang pandai. Dalam urusan spending money, nyatanya sama saja.

Strategi keuangan yang bisa Anda aplikasikan ialah coba gunakan kupon diskon atau promosi ketika hendak membeli sesuatu.

Baca juga: 5 Langkah Mengelola Keuangan Bulanan Agar Bisa Berbisnis dan Mapan

Potongan diskon akan membuat Anda lebih berhemat. Namun, Anda juga mesti bisa menahan diri. Jangan sampai banyak potongan harga malah membuat Anda makin impulsif.


10. Libra (23 September – 22 Oktober)

kembangkan bisnis online dengan pinjaman modal usaha koinworks koinbisnis

Wahai para Libra, hati-hati Anda lepas kontrol, terutama ketika baru gajian. Guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, cobalah untuk membuat daftar belanja sendiri. Dengan demikian, uang yang Anda keluarkan akan lebih efisien.

Anda juga bisa dengan mudah menghindari untuk membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan.


11. Scorpio (23 Oktober – 21 November)

Investasi

Untuk urusan mengumpulkan uang, Anda sangat andal. Makanya, Anda tidak sayang  untuk menghabiskan uang, meski harganya selangit. Bila dibiarkan terus-menerus, Anda tidak bisa menabung demi masa depan.

Karenanya, buatlah perencanaan jangka panjang yang nantinya akan memudahkan hidup Anda. Misal, investasikan uang Anda untuk mencicil rumah, biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, dana pensiun, juga siapkan dana darurat dari sekarang.

Baca juga: 5 Tips Menabung Secara Cermat di Era Digital


12. Sagitarius (22 November – 21 Desember)

Biaya Transportasi

Pergi ke kantor dengan kendaraan pribadi mungkin lebih mengasyikkan. Tidak perlu berdesak-desakkan di angkutan umum, tidak perlu ngetem, dan tentu saja lebih nyaman.

Akan tetapi, bukankah uang yang dikeluarkan untuk transportasi pribadi tidak lebih besar dibanding naik angkutan umum? Anda harus membeli bensin, membayar uang tol, juga biaya perawatan kendaraan.

Baca Juga: 5 Ritual Pagi Hari yang Wajib Dilakukan Agar Hari Anda Lebih Bahagia dan Produktif

Coba yuk, sekali-sekali naik ojeg online, bus, TransJakarta, atau kereta. Anda bisa lebih menghemat pengeluaran, lho. Kalau rumah Anda dekat dengan kantor, naik sepeda atau jalan kaki juga bisa jadi alternatif.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.