Di jaman yang serba maju ini mendapatkan pinjaman uang saat sedang mengalami kesulitan keuangan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan banyak sekali penyedia layanan pinjaman berupa lembaga perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Salah satu kredit atau pinjaman lembaga perbankan yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah Kredit Multiguna.

Kredit Multiguna adalah salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas berupa pemberian pinjaman kepada anggota masyarakat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan serta melakukan pengembangan usaha dengan menggunakan agunan atau jaminan. Agunan atau jaminan yang diberikan oleh peminjam biasanya berupa tanah atau bangunan tempat tinggal si peminjam. Jenis kredit ini bisa dimanfaatkan oleh para peminjam untuk memenuhi keperluan konsumtif yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peminjam. Misalnya untuk kebutuhan investasi, renovasi rumah, pembiayaan pendidikan, pembiayaan kesehatan, dan kebutuhan finansial lainnya.

Meski mengharuskan peminjamnya untuk memberikan agunan atau jaminan terlebih dahulu, kredit multiguna ini memiliki fungsi yang sangat fleksible sehingga banyak sekali anggota masyarakat yang menggunakan jenis pinjaman ini. Lalu sebenarnya keunggulan apa sajakah yang dimiliki oleh jenis pinjaman ini? Untuk mengetahui keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh produk ini, mari kita membahasnya satu persatu.

  1. Memberikan keleluasaan kepada peminjamnya dalam mengajukan pinjaman untuk berbagai macam kebutuhan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa beberapa produk pinjaman bank hanya bisa digunakan untuk keperluan tertentu saja seperti kredit untuk modal usaha dan kredit untuk keperluan konsumsi saja sehingga para peminjamnya tidak bisa menggunakn jenis kredit tersebut untuk keperluan lainnya. Anda bisa mengajukan kredit multiguna untuk memenuhi segala jenis kebutuhan anda asalkan anda memiliki agunan atau jaminan yang kisaran harganya sepadan dengan jumlah pinjaman yang akan anda ajukan.

  1. Memiliki jangka waktu pinjaman yang lebih lama.

Kredit multiguna sangat berbeda dengan produk pinjaman tanpa agunan, dimana produk kerdit multiguna memiliki jangka waktu pinjaman yang jauh lebih lama dibandingkan dengan produk pinjaman tanpa agunan. Jika produk pinjaman tanpa agunan memiliki jangka waktu pinjaman antara 3 sampai 5 tahun maka produk kredit multiguna memberikan jangka waktu pinjaman hingga mencapai lima kali lipat dari jangka waktu produk pinjaman tanpa agunan yaitu selama 25 tahun atau 300 bulan.

  1. Memiliki batas pinjaman yang tinggi.

Jika anda membutuhkan pinjaman uang dalam jumlah yang besar maka dengan menggunakan produk kredit multiguna merupakan pilihan yang sangat tepat, karena jenis pinjaman ini memiliki batas pinjaman yang sangat tinggi yaitu mencapai 5 milyar rupiah. Namun satu hal yang perlu diingat, bahwa untuk mengajukan pinjaman yang besar maka anda juga harus memiliki agunan atau jaminan yang memiliki nilai yang sesuai dengan jumlah pinjaman yang anda ajukan. Anda bisa mengajukan agunan berupa tanah atau bangunan rumah tinggal yang anda miliki karena kedua jenis agunan ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi dari tahun ke tahunnya. Jenis agunan berupa property ini juga sering digunakan oleh para peminjam untuk mendapatkan pinjaman dengan nilai yang cukup besar.

  1. Besaran suku bunga yang diberikan cukup rendah

Besaran suku bunga yang diberikan oleh kredit multiguna biasanya lebih rendah jika dibandingkan dengan suku bunga yang diberikan oleh produk pinjaman lain, seperti kredit tanpa agunan. Dengan begitu anda pun tidak akan merasa terbebani dengan besaran bunga yang harus anda bayarkan saat periode pengembalian pinjaman nanti. Apalagi jika pinjaman pokok yang anda ajukan memiliki nilai yang cukup besar.

Demikianlah keunggulan-keunggulan kredit multiguna yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda dalam memilih jenis produk pinjaman bank yang sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Jika anda memiliki property, seperti tanah atau bangunan rumah tinggal yang bisa dijadikan sebagai jaminan maka anda tak perlu ragu untuk segera mengajukan pinjaman ini. Pastikan nilai agunan yang anda miliki sepadan dengan jumlah pinjaman yang akan anda ajukan, hal tersebut sangat perlu di fikirkan masak-masak agar pinjaman yang anda ajukan tersebut segera disetujui oleh pihak bank. Semoga bermanfaat untuk Anda.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.