3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Investasi Pilihan Anak Muda

investasi sbr005 - 3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Investasi Pilihan Anak Muda-cara-milenial-kaya-menabung-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - 10 Hal Yang Harus Dilakukan Milenial untuk Keuangan Mereka Tahun Ini-Kiat Mencapai Kebebasan Finansial untuk Generasi Milenial

3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Investasi Pilihan Anak Muda – Selain investasi Peer-to-Peer Lending, nyatanya banyak anak muda yang membeli SBR005 sebagai alternatif pilihan investasi mereka.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia pun mengatakan bahwa dari 17.000 investor yang melakukan penawaran SBR005, 50,6%-nya merupakan generasi millennial yang berusia 19-39 tahun.

Meski demikian, untuk jumlah dana yang diinvestasikan, baby boomers-lah yang menyalurkan dana paling banyak.

Nah, ada 3 keuntungan membeli SBR005 yang perlu Anda ketahui. Apa saja?

3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Investasi Pilihan Anak Muda

Memiliki Kupon Mengambang

handphone jalan pergi sendiri

Bila dibandingkan dengan ORI atau reksadana, ada pergerakan tingkat bunga yang mampu mengubah harga. Dalam artian, dua instrumen investasi tersebut memiliki risiko pasar.

Sementara itu, seperti ditulis pada laman Kompas.com, Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko Kemenkeu, Loto Srinita Ginting mengatakan bahwa SBR005 memiliki kupon mengambang yang mana kupon minimal akan mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate.

Dengan demikian, besaran kupon SBR nantinya akan disesuaikan dengan 7 Day Reverse Repo Rate yang berubah setiap 3 bulan sekali.

Kupon minimal SBR005 adalah 8,15%. Nilainya tidak akan menurun di bawah 8,15%, malah akan meningkat.

“Jadi, risiko SBR yang tersisa adalah risiko likuiditas karena tidak dapat diperdagangkan sewaktu waktu,” kata Loto kepada Kompas.com.

Oleh karena itu, Kementerian Keuangan pun mengambil solusi berupa early redemption, sebab SBR ini tidak bisa diperdagangkan sewaktu-waktu.


Pencairan Kupon

uang - rupiah - 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

SBR memiliki tenor dua sampai tiga tahun. Nah, keuntungan membeli SBR005 lainnya adalah Anda bisa mencairkan hingga 50 persen nilai kupon apabila Anda telah memilikinya selama minimum 12 bulan.

Kemudian, ada pula periode di mana para investor bisa mencairkannya sebelum jatuh tempo. Nilai kuponnya pun maksimal 50% dari yang telah dibeli.

Ketentuan tersebut berlaku untuk investor yang memiliki setidaknya 2 kupon atau yang nilainya Rp2 juta.

Sebagai contoh, Anda melakukan pembelian minimal Rp2 juta, maka yang bisa dicairkan adalah Rp1 juta.


Risiko Kecil

kapasitas risiko investasi - investasi yang low-risk

Tidak ada satu pun investasi yang bebas risiko. Begitu pula ketika Anda membeli SBR005 inin. Akan tetapi, risiko yang dimiliki SBR sangatlah kecil. Mengapa bisa demikian?

Sebab, SBR dihamin oleh undang-undang. Kemudian, negara pun berkewajiban untuk membayar dananya.

Itulah kenapa, dibandingkan dengan instrumen investasi yang lainnya, SBR005 yang dibuka oleh pemerintah ini sudah pasti lebih aman.

Nah, apakah Anda tertarik untuk merasakan sendiri keuntungan membeli SBR005 ini?

Selain SBR005, ada lho, jenis investasi lain yang bisa Anda coba, mulai dari reksadana, saham, obligasi, properti, emas, tanah, lukisan, hingga P2P Lending. Lebih lanjut soal instrumen investasi, bisa dibaca pada halaman ini, ya.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.