3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Pengalokasian Dana Pilihan Anak Muda – Selain pengalokasian dana Peer-to-Peer Lending, nyatanya banyak anak muda yang membeli SBR005 sebagai alternatif pilihan pengalokasian dana mereka.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia pun mengatakan bahwa dari 17.000 investor yang melakukan penawaran SBR005, 50,6%-nya merupakan generasi millennial yang berusia 19-39 tahun.

Meski demikian, untuk jumlah dana yang dipengalokasian danakan, baby boomers-lah yang menyalurkan dana paling banyak.

Nah, ada 3 keuntungan membeli SBR005 yang perlu Anda ketahui. Apa saja?

3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Pengalokasian Dana Pilihan Anak Muda

1Memiliki Kupon Mengambang

handphone jalan pergi sendiri - cara mengatur keuangan - akun instagram saham- 4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula - tren bisnis

Bila dibandingkan dengan ORI atau reksadana, ada pergerakan tingkat bunga yang mampu mengubah harga. Dalam artian, dua instrumen pengalokasian dana tersebut memiliki risiko pasar.

Sementara itu, seperti ditulis pada laman Kompas.com, Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko Kemenkeu, Loto Srinita Ginting mengatakan bahwa SBR005 memiliki kupon mengambang yang mana kupon minimal akan mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate.

Dengan demikian, besaran kupon SBR nantinya akan disesuaikan dengan 7 Day Reverse Repo Rate yang berubah setiap 3 bulan sekali.

Kupon minimal SBR005 adalah 8,15%. Nilainya tidak akan menurun di bawah 8,15%, malah akan meningkat.

“Jadi, risiko SBR yang tersisa adalah risiko likuiditas karena tidak dapat diperdagangkan sewaktu waktu,” kata Loto kepada Kompas.com.

Oleh karena itu, Kementerian Keuangan pun mengambil solusi berupa early redemption, sebab SBR ini tidak bisa diperdagangkan sewaktu-waktu.


2Pencairan Kupon

uang - rupiah - 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

SBR memiliki tenor dua sampai tiga tahun. Nah, keuntungan membeli SBR005 lainnya adalah Anda bisa mencairkan hingga 50 persen nilai kupon apabila Anda telah memilikinya selama minimum 12 bulan.

Kemudian, ada pula periode di mana para investor bisa mencairkannya sebelum jatuh tempo. Nilai kuponnya pun maksimal 50% dari yang telah dibeli.

Ketentuan tersebut berlaku untuk investor yang memiliki setidaknya 2 kupon atau yang nilainya Rp2 juta.

Sebagai contoh, Anda melakukan pembelian minimal Rp2 juta, maka yang bisa dicairkan adalah Rp1 juta.


3Risiko Kecil

Bagaimana Caranya Menciptakan Portofolio Pengalokasian Dana yang Low-Risk, High Return?

Tidak ada satu pun pengalokasian dana yang bebas risiko. Begitu pula ketika Anda membeli SBR005 inin. Akan tetapi, risiko yang dimiliki SBR sangatlah kecil. Mengapa bisa demikian?

Sebab, SBR dihamin oleh undang-undang. Kemudian, negara pun berkewajiban untuk membayar dananya.

Itulah kenapa, dibandingkan dengan instrumen pengalokasian dana yang lainnya, SBR005 yang dibuka oleh pemerintah ini sudah pasti lebih aman.

Nah, apakah Anda tertarik untuk merasakan sendiri keuntungan membeli SBR005 ini?

Selain SBR005, ada lho, jenis pengalokasian dana lain yang bisa Anda coba, mulai dari reksadana, saham, obligasi, properti, emas, tanah, lukisan, hingga P2P Lending. Lebih lanjut soal instrumen pengalokasian dana, bisa dibaca pada halaman ini, ya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.