3 Keuntungan Menjadi Cashless Society, Sudah Merasakannya? – Pesatnya perkembangan teknologi membawa pengaruh yang begitu besar bagi masyarakat Indonesia. Terutama dalam hal masyarakat tanpa tunai.

Untuk diketahui, masyarakat zaman sekarang sudah mulai membiasakan diri untuk bertransaksi non-tunai atau melakukan pembayaran secara digital. Bisa dibilang, ini merupakan cashless society. Pernah mendengar atau merasakannya?

Apa Itu Cashless Society?

akibat-bayar-kartu kredit-skor - masyarakat tanpa tunai

Cashless society adalah suatu masyarakat yang tidak lagi memanfaatkan uang tunai ketika hendak menlakukan transaksi keuangan. Sebagai pengganti uang tunai, masyarakat tersbeut bisa menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau bahkan lewat gadget.

Munculnnya fenomena masyarakat tanpa tunai ini bukan terjadi begitu saja. Kumparan.com pada artikelnya yang berjudul “Perkembangan ‘Cashless Society’ di Indonesia” menulis, pemerintah rupanya memiliki agenda untuk mencapai Masyarakat Digital pada 2020 mendatang. Hal tersebut akan dilakukan melalui program Go Digital Vision 2020.

Salah satu contoh cashless society ini adalah ketika hendak membayar uang tol, para pengendara sudah diwajibkan untuk menggunakan uang elektronik.

Contoh lain, ketika Anda ingin membeli makanan, rasanya sudah tidak zaman menggunakan uang tunai karena orang-orang berbondong-bondong untuk menggunakan uang elektronik. Tinggal pindai QR Code, konfirmasi pembayaran, dan tunggu notifikasi berhasil.

Ya, rupanya, fenomena ini bukan cuma terjadi di Indonesia, melainkan di negara-negara lain seperti Swedia, Inggris, Prancis, juga Kanada.

Baca juga: Percaya atau Tidak, 5 Jenis Pengeluaran Receh Ini Bisa Bikin Bangkrut! 

Di sisi lain, Visa, pada 2016 lalu, merilis sebuah studi mengenai kebiasaan konsumen dalam melakukan pembayaran. Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa masyarakat Indonesia ternyata memang lebih suka menggunakan kartu elektronik untuk membayar sesuatu.

Untuk Anda yang kini masih lebih suka menggunakan uang tunai, coba baca 3 keuntungan menjadi cashless society. Siapa tahu bisa membantu transaksi keuangan Anda!

3 Keuntungan Menjadi Masyarakat Tanpa Tunai

1Lebih aman dan efisien

3 Keuntungan Menjadi Cashless Society, Sudah Merasakannya - 2

Berikut ini adalah beberapa contoh drama yang akan Anda hadapi ketika menggunakan uang tunai.

  1. Mau bayar tapi harus ambil dompet dulu di atas.
  2. Ketika ingin membayar barang yang harganya murah, Anda tidak punya pecahan uang kecil.
  3. Penjual tidak punya kembalian. Ia harus mencari pecahan uang ke teman-teman penjual di sebelahnya.

Bagaimana? Pernah merasakannya? Nah, salah satu keuntungan menjadi cashless society adalah Anda bisa terhindari dari drama uang tunai di atas. Dengan hadirnya teknologi pembayaran tersebut, segala sesuatunya tampak lebih efisien, juga aman.

Baca juga: Gaji Bulanan Belum Cukup? Simak 5 Kerja Sampingan untuk Karyawan Ini

Jika ingin membayar, hanya perlu menggunakan gadget atau kartu saja. Tak perlu lagi repot dengan uang tunai yang dimiliki.


2Lebih mudah mengontrol transaksi yang dilakukan

3 Keuntungan Menjadi Cashless Society, Sudah Merasakannya - ide bisnis - sistem cashless

Salah satu langkah awal untuk menjadi merdeka secara finansial adalah dengan membuat rencana anggaran. Setelah itu mencatat arus kas atau arus keluar-masuk keuangan Anda.

Namun nyatanya, mencatat keuangan tidak semudah yang dibayangkan. Apabila Anda tidak disiplin dalam menjalaninya, bagaimana bisa memantau arus keuangan sehari-hari?

Baca juga: Menghasilkan Uang Sambil Tidur? Bukan Mimpi, Kok!

Nah, ini dia keuntungan mejadi cashless society selanjutnya yang bisa Anda lakukan. Dengan melakukan transaksi tanpa tunai, transaksi Anda akan tercatat dengan rapi dan Anda pun bisa melacak semua pemasukan dan pengeluaran dengan mudah.

Setiap transaksi pun biasanya juga dibekali informasi detail, mulai dari jumlah transaksi, tempat, waktu, nama tenant, atau tujuan pembayaran. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih mudah mengontrol transaksi apapun dalam satu genggaman saja!


3Banyak promo menarik yang jangan sampai dilewatkan

3 Keuntungan Menjadi Cashless Society, Sudah Merasakannya

Nyatanya, transaksi tanpa tunai per hari kian banyak lantaran penawan menarik dan promo-promo seru semakin digencarkan.

Misalnya, ketika hendak membeli minuman kekinian, Anda bisa mendapatkan cashback hingga 50%. Kemudian, ketika naik transportasi online, Anda bisa mendapatkan diskon jika menggunakan saldo elektronik yang disediakan. Mudah, kan?

Namun, Anda tetap harus berhati-hati, ya. Jangan sampai promo-promo tersebut malah membuat Anda jadi konsumtif dan boros.

Lebih baik, Anda menentukan budget untuk dialokasikan ke saldo elektronik Anda. Masih ingat metode 50:30:20?

Ya, alokasikan 50% gaji Anda untuk kebutuhan sehari-hari, yang mana sekitar Rp20% Anda transfer ke saldo elektronik. Kemudian, 30% digunakan untuk kebutuhan sekunder. Sementara itu, 20% sisanya ditabung atau diinvestasikan.

Untuk investasi sendiri, sudah pernah coba Peer-to-Peer Lending (P2P)? Ini merupakan platform yang mempertemukan Pendana dan Peminjam dalam sebuah platform online, yang mana masing-masing pihak saling berusaha memenuhi kebutuhan finansial satu sama lain.

Di KoinWorks, Anda bisa mulai melakukan pendanaan untuk berbagai pinjaman produktif, mulai dari Rp100.000 saja dan berlaku kelipatannya. KoinWorks juga sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan.

Bagaimana dengan keuntungannya? Mulai dari 18%, lho! Selain itu, KoinWorksjuga memiliki Dana Proteksi yang dialokasikan khusus demi meminimalisir kerugian akibat gagal bayar.

Tertarik untuk mencoba KoinWorksKlik link berikut ini untuk mendaftar. Selamat mencoba dan selamat menjadi masyarakat tanpa tunai, ya!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.