Ternyata Banyak, Lho, Keuntungan yang Kamu Dapat dari Memiliki Pekerjaan Sampingan!

Simulasi kesehatan otak

Ternyata Banyak, Lho, Keuntungan yang Kamu Dapat dari Memiliki Pekerjaan Sampingan! – Kebanyakan dari kamu yang membaca artikel ini pasti memiliki pekerjaan lain di luar dari pekerjaan kamu sebagai pegawai swasta atau pegawai negeri.

Hmm, mungkin kamu lebih mengenalnya dengan sebutan ‘pekerjaan sampingan’. Di mana pekerjaan sampingan ini termasuk freelance (lepas) maupun part time (paruh waktu).

Biasanya, bidang yang diambil untuk pekerjaan sampingan masih berhubungan dengan hobi atau kesukaan yang tidak bisa dituangkan di tempat kerja formal, seperti wirausaha online, fotografi, hingga MC yang jam terbangnya tidak menentu.

Alasannya juga bermacam-macam, mulai dari hanya iseng-iseng menyalurkan bakat dan minat, sampai benar-benar untuk mencari uang tambahan.

Tapi jangan khawatir, selain menebalkan isi dompet, masih banyak keuntungan yang secara tidak sadar akan kamu dapatkan dari pekerjaan sampingan yang kamu lakukan.

Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!


Ternyata Banyak, Lho, Keuntungan yang Kamu Dapat dari Memiliki Pekerjaan Sampingan!

Semakin Cepat Menghasilkan Uang

Inilah Manfaat Inklusi Keuangan yang Perlu Anda Ketahui!
Photo by Michael Longmire on Unsplash

Keuntungan pertama ini memang benar adanya. Bagi kamu yang tengah mencari tambahan biaya untuk keperluan mendesak, pekerjaan sampingan adalah solusi yang tepat yang bisa kamu pilih.

Pekerjaan sampingan memungkinkan kamu meraih penghasilan secara cepat dalam hitungan minggu, bahkan hitungan hari. Berbeda dengan pekerjaan kantoran, yang mau tidak mau, kamu baru bisa menerima imbalannya dalam jangka waktu satu bulan ke depan.

Misalnya, pekerjaan sampingan kamu sebagai fotografer acara pernikahan. Biasanya pemilik acara akan membayar kamu di hari yang sama, lebih tepatnya setelah acara selesai.

Atau contoh lainnya, kamu memiliki usaha sampingan menjual produk fashion atau produk makanan di sela kesibukan kamu. Setiap harinya, kamu pasti akan mendapat pemasukan walaupun jumlahnya tidak bisa dipastikan.

Jika kamu berniat untuk memperbesar usaha sampingan kamu itu, bisa kok. Dengan pinjaman dana di KoinBisnis persembahan KoinWorks, kamu tidak perlu takut kekurangan modal.

Pinjaman dana KoinBisnis dimulai dari Rp10 juta – Rp2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau yaitu sebesar 0,75% – 1,67% per bulannya. Jadi, tunggu apalagi?

Oh iya, perlu diingat, bukan hanya modal, semangat kerja dan ketekunan yang tinggi juga sangat dibutuhkan dalam hal ini. Semakin kamu rajin, maka semakin banyak uang tambahan yang bisa kamu kumpulkan.


Sebagai Cadangan Kesibukan Setelah Resign di Tempat Kerja

Ternyata Banyak, Lho, Keuntungan yang Kamu Dapat dari Memiliki Pekerjaan Sampingan! - Fokus di Satu Pekerjaan

Banyak hal yang membuat seseorang tidak betah bertahan lama-lama di tempat kerja, hingga pada akhirnya memutuskan resign untuk mencari suasana baru.

Kamu perlu berpikir panjang sebelum kamu benar-benar berhenti kerja, salah satunya adalah “apa yang harus dilakukan saat menganggur?” atau “bagaimana caranya mendapat uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?”.

Pertanyaan-pertanyaan di atas terdengar sangat sederhana, tapi kamu akan lebih mudah menjawabnya ketika kamu memiliki pekerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan bisa kamu andalkan saat kamu berada di posisi ‘tidak tahu harus bagaimana’ setelah resign dari pekerjaan lama. Walaupun penghasilannya tidak menentu, setidaknya kamu punya pegangan uang sampai kamu mendapat pekerjaan baru di tempat lain.

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir merasa bosan karena kamu bisa menjadikan pekerjaan sampingan tersebut sebagai kesibukan baru kamu di rumah.

Yuk, mulai cari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan minat kamu!


Memperbanyak Relasi di Berbagai Tempat

Ternyata Banyak, Lho, Keuntungan yang Kamu Dapat dari Memiliki Pekerjaan Sampingan! - Jalin Relasi Seluas Mungkin

Teman baru bisa kamu temui di mana saja, termasuk saat melakukan pekerjaan sampingan. Kamu akan mendapatkan banyak klien dari orang-orang di sekitar kamu, bahkan orang-orang asing yang sama sekali belum pernah kamu temui.

Inilah waktunya kamu memperluas relasi!

Saat berkenalan dengan orang baru sebagai klien kamu, cobalah untuk menjalin hubungan baik dengannya. Semakin baik hubungan kalian, maka semakin besar kesempatan kamu untuk mendapat banyak teman.

Dengan begitu, lingkaran pertemanan kamu akan semakin luas dan kamu pun akan lebih terkenal di masyarakat. Tunggu, bukan kamunya yang terkenal, tapi keahlian kamu.

Semua orang yang menjadi relasi kamu atau bahkan teman-teman dari relasi kamu, akan mengakui keahlian dan bakat yang kamu miliki. Tidak menutup kemungkinan, kamu juga akan dijadikan rekomendasi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka semua.


Menambah Pengalaman di Banyak Bidang

Ternyata Banyak, Lho, Keuntungan yang Kamu Dapat dari Memiliki Pekerjaan Sampingan!

Bagi kamu yang memiliki pekerjaan sampingan, selamat, kamu telah menambah satu pengalaman dalam hidup kamu!

Pekerjaan sampingan bukan hanya bisa menambah penghasilan, tapi juga bisa menambah pengalaman. Apalagi jika job desc-nya berbeda dengan yang kamu kerjakan sehari-hari di kantor.

Semakin banyak jenis pekerjaan yang kamu jalani, maka akan semakin bertambah pula pengalaman kamu. Selain itu, kamu juga akan dianggap mahir dalam banyak hal dan tidak takut dengan risiko.

Misalnya, posisi kamu di kantor sebagai Blog Content Writer. Namun, karena kamu memiliki keahlian berkomunikasi di depan orang banyak, maka kamu memutuskan untuk menjadi MC dan host acara-acara besar di luar kantor.

Sungguh pengalaman yang luar biasa bukan? Belum tentu orang lain bisa seperti kamu, lho.


Tambahan Daftar Pengalaman Kerja di CV

Ternyata Banyak, Lho, Keuntungan yang Kamu Dapat dari Memiliki Pekerjaan Sampingan!

Kamu pasti tahu, betapa sulitnya mencari kerja. Apalagi jika kamu belum memiliki pengalaman di bidang-bidang tertentu.

Nah, dengan memiliki pekerjaan sampingan yang bervariasi, kamu bisa menaikkan derajat kamu di hadapan orang lain, terutama di hadapan recruiter atau HRD.

Kamu bisa mencantumkan pekerjaan sampingan kamu di daftar pengalaman yang ada pada Curriculum Vitae (CV), seperti wedding photographer, video editor, animator design, dan semacamnya. Tapi, jangan sampai kamu memanipulasinya ya!

Kebanyakan, HRD melihat pengalaman dan dedikasi kamu dalam melakukan pekerjaan sebelum mereka memutuskan untuk merekrut kamu. Jadi, sebisa mungkin perbanyak pengalaman kerja kamu, minimal pekerjaan sampingan, sebelum melamar di perusahaan.

Bagaimana? Masih ragu melakukan pekerjaan sampingan karena sering direndahkan orang lain? Abaikan saja. Mungkin mereka belum tahu, ada banyak keuntungan yang didapat bila melakukan hal ini.


Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih