Kiat Menghemat Uang di Musim Libur Natal dan Tahun Baru – Musim liburan adalah saat yang sangat sibuk, dan jika Anda tidak hati-hati, Anda juga akan mengeluarkan anggaran yang besar saat masa liburan. Anggaran untuk sekedar makan malam, memberikan hadiah, atau anggaran lainnya akan menjadi sesuatu yang wajib dilakukan khususnya saat libur natal dan tahun baru. Namun, sesungguhnya ada banyak cara untuk menghemat uang dan memotong biaya tersebut jika Anda mengetahuinya. Sebelum Anda mengalami masalah keuangan karena kehabisan uang saat liburan, yuk baca tips dan trik berikut:

Kiat Menghemat Uang di Musim Libur Natal dan Tahun Baru

1. Buat Anggaran dan Patuhi

Cobalah untuk membuat batasan berapa banyak yang akan Anda belanjakan untuk setiap orang yang ada dalam daftar Anda akan membantu Anda tetap fokus untuk memaksimalkan anggaran liburan kali ini. Contoh: untuk teman dekat sediakan budget Rp 200ribu, sedangkan Rp 100ribu untuk teman yang tidak terlalu dekat. Dalam praktiknya, batasan tersebut cenderung lebih mirip pedoman yang dapat membantu Anda menetapkan anggaran dasar.

 

2. Mulai Belanja Secepatnya

Jika Anda bisa memulai sebelum Desember benar-benar dimulai, Anda bisa mendapatkan beberapa penawaran menakjubkan saat Harbolnas. Mulailah untuk memperhatikan segala hal yang ada disekitar Anda sebelum liburan benar-benar usai, maka Anda akan menemukan banyak sekali penawaran-penawaran menarik yang ditawarkan.

 

3. Otomatiskan tabungan anda

Jika Anda memiliki rekening tabungan yang menawarkan simpanan otomatis, prioritaskan hal ini! Dengan memiliki tabungan yang secara otomatis menarik uang Anda, maka tingkat di mana uang masuk dapat membantu Anda menghemat anggaran liburan tanpa memikirkannya.

Uang tabungan wajib yang akan ditarik secara otomatis tentunya tidak akan mungkin Anda ambil kan? Dengan hal ini, maka mau tak mau Anda akan bijak dalam menggunakan anggaran liburan yang ada.

 

4. Batalkan beberapa langganan

Meskipun momen liburan adalah hari yang sempurna untuk meringkuk di sofa dan menonton film, cobalah beristirahat sebulan dari beberapa layanan langganan Anda dapat membantu memberi ruang bernafas lebih sedikit untuk hadiah dan acara. Contoh: jika Anda tidak menggunakan kuota internet di smartphone, maka jangan mendaftar di bulan ini. Atau jika tidak diperlukan langganan tv bulan ini, maka putuslah itu untuk sementara.

Pilih satu layanan yang benar-benar tidak akan Anda gunakan saat liburan, dan gunakan biaya langganan untuk liburan Anda, baik untuk membeli tiket pesawat, atau sekedar makan bersama teman dan keluarga.

 

5. Periksa dompet Anda

Meluangkan waktu untuk menggali harta karun yang ada di dompet Anda bisa menjadi hal yang mengejutkan Anda.

Pertama: kartu hadiah. Punya Rp 50ribu tersisa di Starbucks? Kejutkan anggota keluarga dengan secangkir kopi yang enak. Rp 15ribu tersisa di kartu Flazz? Belilah salah satu hiasan pohon natal.

Jika Anda mendapat poin reward atau cash back yang ada di kartu kredit Anda, liburan bisa menjadi saat yang tepat untuk membelanjakannya. Melakukan audit diri di dompet Anda dapat  sangat membantu dalam menemukan uang yang tidak Anda ketahui.

 

6. Belanja Bersama dengan Teman

Pernahkah Anda memperhatikan teknik toko untuk menarik pembelian besar sekitar masa liburan? “Beli 1 Rp 100ribu, beli 2 diskon 50%!” Ini membantu mereka memberi arahan kepada konsumen untuk berbelanja lebih banyak. Anda bisa memanfaatkan ini dengan bekerja sama dengan seorang teman untuk mendapatkan penawaran tersebut. Dengan cara ini, Anda tetap akan mendapatkan penawaran menarik yang ditawarkan tanpa harus mengeluarkan uang yang berlebih kan?

 

7. Beli (atau buat) beberapa hadiah “cepat” murah

Keluar dan mencari pernak-pernik untuk semua orang di kantor Anda bisa memakan waktu lama, dan ini akan menghabiskan anggaran liburan Anda juga.

Sebagai gantinya, melakukan satu kali perjalanan untuk membeli beberapa hadiah murah yang sama sekaligus dapat membantu Anda memastikan bahwa Anda tetap dapat memberikan hadiah tanpa harus mengeluarkan anggaran berlebih.

Misalnya, Anda bisa membungkus paket biji kakao, permen, dan marshmallow mini, lalu memberikannya sebagai kado instan. Untuk membuatnya lebih menarik, pergilah ke toko barang bekas dan beli beberapa cangkir untuk disertakan juga.

 

8. Mengubah pesta liburan Anda menjadi pot lucks

Jika Anda menyelenggarakan pesta makan malam, mintalah para tamu untuk membantu dalam membawa hidangan yang bisa menambah variasi makanan, dan juga menghemat uang Anda.

Mintalah tamu Anda membawa makanan panas ke dalam panci, atau biarkan mereka muncul lebih awal dengan makanan yang siap dimasak. Makanan pembuka dan makanan penutup sangat bagus untuk ini, dan menu yang dibuat dari pilihan itu sering kali lebih menyenangkan daripada makan malam duduk di restoran.

Nah, itulah tadi 8 kiat menghemat uang saat musim libur natal dan tahun baru. Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga saat liburan tentunya tidak harus membuat Anda menjadi kesusahan dalam masalah keuangan kan? Dengan melakukan 8 kiat di atas, maka musim libur natal dan tahun baru kali ini akan membuat Anda bahagia sepenuhnya. Dengan anggaran yang ketat, Anda bisa menabungkan uang THR dengan lebih bijak kan? Contohnya saja, Anda dapat menginvestasikannya melalui peer-to-peer lending untuk membuatnya menjadi lebih berkembang dengan bungan investasi yang didapat.

 

Saat ini, KoinWorks hadir sebagai salah satu platform penyedia layanan peer-to-peer lending yang telah resmi terdaftar di OJK.

Di sini, Anda dapat berinvestasi dengan nominal yang terbilang cukup kecil, yaitu hanya dengan Rp 100 ribu, untuk memiliki pendapatan pasif dengan bunga efektif mulai dari 18% per tahun. Hanya dengan menginvestasikan uang THR dan tabungan, Anda dapat menjadi lebih kaya dari saat ini. Yuk mulai berinvestasi!




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?