Kiat Menghemat Uang di Musim Libur Natal dan Tahun Baru

Kiat Menghemat Uang di Musim Libur Natal dan Tahun Baru – Musim liburan adalah saat yang sangat sibuk, dan jika tidak hati-hati, kamu juga akan mengeluarkan anggaran yang besar saat masa liburan.

Anggaran untuk sekadar makan malam, memberikan hadiah, atau anggaran lainnya akan menjadi sesuatu yang wajib dilakukan khususnya saat libur natal dan tahun baru.

Namun, sesungguhnya ada banyak cara untuk menghemat uang dan memotong biaya tersebut jika Anda mengetahuinya. Sebelum kamu mengalami masalah keuangan karena kehabisan uang saat liburan, yuk baca tips dan trik berikut.


Kiat Menghemat Uang di Musim Libur Natal dan Tahun Baru

Buat Anggaran dan Patuhi

Cobalah untuk membuat batasan berapa banyak yang akan kamu belanjakan untuk setiap orang yang ada dalam daftar kamu akan membantu tetap fokus untuk memaksimalkan anggaran liburan kali ini.

Contoh: untuk teman dekat sediakan budget Rp 200ribu, sedangkan Rp 100ribu untuk teman yang tidak terlalu dekat. Dalam praktiknya, batasan tersebut cenderung lebih mirip pedoman yang dapat membantu kamu menetapkan anggaran dasar.


Mulai Belanja Secepatnya

Jika kamu bisa memulai sebelum tahun baru benar-benar dimulai, kamu bisa mendapatkan beberapa penawaran menakjubkan saat Harbolnas.

Mulailah untuk memperhatikan segala hal yang ada disekitar kamu sebelum liburan benar-benar usai, maka kamu akan menemukan banyak sekali penawaran-penawaran menarik yang ditawarkan.


Otomatiskan Tabungan Kamu

Jika kamu memiliki rekening tabungan yang menawarkan simpanan otomatis, prioritaskan hal ini! Dengan memiliki tabungan yang secara otomatis menarik uangmu, maka tingkat di mana uang masuk dapat membantu kamu menghemat anggaran liburan tanpa memikirkannya.

Uang tabungan wajib yang akan ditarik secara otomatis tentunya tidak akan mungkin kamu ambil kan? Dengan hal ini, maka mau tak mau kamu akan bijak dalam menggunakan anggaran liburan yang ada.


Batalkan Beberapa Langganan

Meskipun momen liburan adalah hari yang sempurna untuk meringkuk di sofa dan menonton film, cobalah beristirahat sebulan dari beberapa layanan langganan kamu dapat membantu memberi ruang bernafas lebih sedikit untuk hadiah dan acara.

Baca Juga: 6 Cara Menghasilkan Uang Saat Sedang Liburan

Contoh: jika kamu tidak menggunakan layanan internet wifi atau TV kabel, maka kamu bisa menghubungi perusahaan terkait untuk memutuskan sementara, saat ini ada lho layanan internet rumah yang memiliki fitur memberhentikan layanan ketika tidak dipakai karena pemiliknya sedang tidak di rumah.

Pilih satu layanan yang benar-benar tidak akan kamu gunakan saat liburan, dan gunakan biaya langganan tersebut untuk menambah dana liburan, baik untuk membeli tiket pesawat, atau sekedar makan bersama teman dan keluarga.


Periksa Dompet Kamu

Meluangkan waktu untuk menggali harta karun yang ada di dompet kamu bisa menjadi hal yang mengejutkan.

Pertama: kartu hadiah. Punya Rp 50ribu tersisa di Starbucks? Kejutkan anggota keluarga dengan secangkir kopi yang enak. Rp 15ribu tersisa di kartu Flazz? Belilah salah satu hiasan pohon natal.

Jika Anda mendapat poin reward atau cashback yang ada di kartu kredit kamu, liburan bisa menjadi saat yang tepat untuk membelanjakannya.

Melakukan audit diri di dompet kamu dapat sangat membantu dalam menemukan uang yang tidak kamu ketahui.


Belanja Bersama dengan Teman

Pernahkah Anda memperhatikan teknik toko untuk menarik pembelian besar sekitar masa liburan? “Beli 1 Rp 100ribu, beli 2 diskon 50%!” Ini membantu mereka memberi arahan kepada konsumen untuk berbelanja lebih banyak.

Kamu bisa memanfaatkan ini dengan bekerja sama dengan seorang teman untuk mendapatkan penawaran tersebut. Dengan cara ini, kamu tetap akan mendapatkan penawaran menarik yang ditawarkan tanpa harus mengeluarkan uang yang berlebih kan?


Beli (atau buat) Beberapa Hadiah “Cepat” Murah

Keluar dan mencari pernak-pernik untuk semua orang di kantor kamu bisa memakan waktu lama, dan ini akan menghabiskan anggaran liburan kamu juga.

Sebagai gantinya, melakukan satu kali perjalanan untuk membeli beberapa hadiah murah yang sama sekaligus dapat membantu kamu memastikan bahwa kamu tetap dapat memberikan hadiah tanpa harus mengeluarkan anggaran berlebih.

Misalnya, Anda bisa membungkus paket biji kakao, permen, dan marshmallow mini, lalu memberikannya sebagai kado instan. Untuk membuatnya lebih menarik, pergilah ke toko barang bekas dan beli beberapa cangkir untuk disertakan juga.


Mengubah Pesta Liburan Menjadi Potlucks

Jika kamu menyelenggarakan pesta makan malam, mintalah para tamu untuk membantu dalam membawa hidangan yang bisa menambah variasi makanan, dan juga menghemat uang kamu.

Mintalah tamu kamu membawa makanan panas ke dalam panci, atau biarkan mereka muncul lebih awal dengan makanan yang siap dimasak.

Makanan pembuka dan makanan penutup sangat bagus untuk ini, dan menu yang dibuat dari pilihan itu sering kali lebih menyenangkan daripada makan malam duduk di restoran.

Nah, itulah tadi 8 kiat menghemat uang saat musim libur natal dan tahun baru. Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga saat liburan tentunya tidak harus membuat kamu menjadi kesusahan dalam masalah keuangan kan?

Dengan melakukan 8 kiat menghemat uang di musim libur natal dan tahun baru di atas, maka musim libur natal dan tahun baru kali ini akan membuat kamu bahagia sepenuhnya, ‘kan?.

Dengan anggaran yang ketat, kamu bisa menabungkan uang dengan lebih bijak kan? Contohnya saja, kamu dapat menginvestasikannya melalui KoinWorks, Super Financial App untuk membuatnya menjadi lebih berkembang dengan bungan investasi yang didapat.


Saat ini, KoinWorks hadir sebagai Super App Financial.

KoinWorks Super Financial App adalah suatu platform yang memungkinkan kamu mengakses finansial seperti mendanai dan meminjam dana di satu aplikasi.

Kamu bisa memanfaatkan produk KoinP2P dan KoinRobo dari KoinWorks sebagai investasi alternatif dengan imbal hasil hingga 21,32% per tahun hanya dengan modal awal Rp100.000

Jangan khawatir, dana kamu aman karena dana proteksi. Selain itu, KoinWorks saat ini juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk mulai mendanai!


Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.