Kode OTP, Karakteristik dan Pentingnya Dalam Transaksi

Kode OTP

Kode OTP, Karakteristik dan Pentingnya Dalam Transaksi – Kemudahan di era digital dapat dirasakan dalam berbagai bidang, termasuk dalam hal bertransaksi.

Kemudahan dalam bertransaksi secara online, sebetulnya memberikan banyak keuntungan untuk produsen maupun konsumen.

Akan tetapi, system transaksi online juga rawan akan tindakan kriminal seperti penipuan atau pencurian uang.

Oleh karena itu, berbagai cara telah dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan hal tersebut terjadi dan salah satunya adalah dengan menggunakan kode OTP.


Apa itu OTP?

OTP (One-Time Password) adalah sebuah kode atau kata sandi yang dikirimkan melalui SMS atau email sebelum kamu melakukan transaksi atau login akun.

Kode OTP ini terdiri dari 4 hingga 6 digit angka atau huruf yang berlaku hanya selama 5 menit setelah kode tersebut dikirimkan.

Tujuan dari OTP ini sebagai bentuk keamanan autentikasi yang hanya bisa diakses oleh pemilik akun itu sendiri.

Namun karena masih banyak orang yang asing dengan istilah ini sehingga membuat kode OTP rawan untuk disalahgunakan.


Seberapa pentingkah peran kode OTP?

Peran dari kode OTP (One- Time Password) ini sangatlah penting dan begitu rahasia.

Pastikan kamu tidak memberikan kode tersebut ke orang lain, karena apabila dilakukan itu sama halnya kamu membuka kemungkinan untuk terjadi tindakan kriminal.

Pelaku kejahatan biasanya akan berpura – pura menjadi customer service yang akan menanyakan kode OTP.

Jika kamu lengah dan memberi tahu kode tersebut, maka keamanan perbankan atau aplikasi yang kamu miliki tidak lagi terjamin aman.

Jadi, untuk menghindari kejadian tersebut jangan sembarangan untuk memberitahukan kode OTP yang diterima ke orang lain.

Kamu bisa menghubungi instansi resmi terkait guna melakukan konfirmasi terlebih dahulu agar akunmu aman.

Keamanan dalam bertransaksi online ini memang perlu mendapat perhatian khusus.

Para pengelola atau pun penyedia jasa harus memikirkan sistem keamanan lain selain kode OTP agar konsumen lebih merasa aman dan nyaman jika ingin bertranskasi.


Karakteristik Kode OTP

Kamu sebagai konsumen pun harus mengetahui karakteristik OTP untuk mengindari kejadian yang tidak diinginkan. OTP memiliki 3 jenis karakteristik yang harus diketahui seperti:

Hanya boleh digunakan satu kali saja

OTP hanya boleh digunakan sekali saat akan menggunakan sistem transaksi apapun. Hal ini berguna untuk mencegah adanya penyadapan kata sandi yang bisa digunakan oleh siapa saja.

Hanya bisa digunakan dalam rentang waktu tertentu

Biasanya, OTP yang sudah dikeluarkan hanya bisa digunakan dalam rentang waktu tertentu. OTP yang ada pada token hanya bisa digunakan antara 3 hingga 6 menit. Setelah itu, OTP tidak bisa digunakan dan harus diminta lagi.

Konteksnya terbatas

OTP hanya bisa digunakan untuk kepentingan tertentu, contohnya OTP pada akun bank.

Kode OTP ini hanya bisa digunakan sekali dan pada transaksi yang itu saja sehingga hal ini juga mengurangi resiko terjadinya kecurangan.

Setelah mengetahui peran penting dari OTP (One-Time Password), diharapkan kamu lebih berhati – hati dalam bertransaksi online.

Jika terdapat hal yang mencurigakan terkait OTP ini, jangan panik dan segera hubungi instansi terkait guna mendapatkan konfirmasi demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan.


Keamanan memang merupakan hal yang paling utama dan selalu menjadi prioritas agar dapat terhindar dari sesuatu yang merugikan.

Sama halnya ketika kamu ingin berinvestasi, kamu harus memastikan bahwa kamu berinvestasi di tempat yang keamanannya terjamin.

KoinWorks merupakan perusahaan agregator keuangan yang berizin dan diawasi oleh OJK sehingga dijamin aman oleh negara.

KoinWorks melalui KoinP2P membuka peluang bagi kamu yang ingin berinvestasi dan juga turut serta dalam pembangunan UMKM di Indonesia.

Dengan menjadi pendana di KoinP2P kamu bisa membantu para pengusaha UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka, dan tentunya kamu juga akan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan dari hal tersebut.

KoinWorks juga melengkapi KoinP2P dengan dana proteksi yang akan mengurangi risiko kerugian pada pendanaanmu.

Yuk, daftar menjadi pendana sekarang!


Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.