[Media Coverage] KoinWorks, Bantu Perempuan Raih Impian Kembangkan Bisnis – Setiap 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Dengan segala peran yang melekat dalam dirinya, setiap perempuan berhak punya impian dan meraihnya.

Baik sebagai ibu, istri, dan womenpreneur. Fenomena yang menguat belakangan ini dengan merebaknya dunia digital adalah perempuan terjun ke online business. Seperti kisah Anna Amanda, 26 yang merintis bisnis rumahan dengan produk cokelat sejak 2008.

Anna Amanda KoinWorks

Hingga pada 2013 mengembangkan sayap dengan membuat @chocolatefountainjkt. Tiga tahun kemudian, Anna ingin meningkatkan volume bisnis dengan menambah aset mesin-mesin cokelat baru. Namun, dana yang dia miliki kurang.

Baca Juga: 

Kisah Anna Amanda: Bekerja Sekaligus Kuliah Tak Membuatnya Berhenti Berbisnis

Secara kebetulan, September 2016 dia menemukan informasi mengenai KoinWorks, penyedia layanan peer to peer lending. Dia mendapatkan pengalaman yang berbeda dibandikan dengan jika meminjam ke lembaga keuangan konvensional.

Setelah melalui proses asesmen, tahap selanjutnya adalah menanti investor hingga memenuhi jumlah pinjaman dalam batas waktu 7-10 hari. ‚ÄĚSistemnya keren banget. Pengalaman¬†deg-degan¬†menunggu dana terkumpul dari investor juga seru,‚ÄĚ ujarnya.

tia rukmana koinworks dane and dine herstory

Hal senada diungkapkan Tia Rukmana, co-founder Dane and Dine. Bisnis dengan produk sneakers ini sudah berjalan sejak 2012. Ingin menambah modal untuk memperluas varian produk, Tia bergabung dengan KoinWorks.

Baca Juga: 

Dane and Dine: Lewat Produksi Sepatu, Pengusaha Muda Indonesia Merajai Penjualan Online

Dia mengambil pinjaman sebesar Rp 100 juta dengan tenor 2 tahun. ‚ÄĚNilai pinjaman lebih besar dibandingkan plafon kredit usaha yang sebelumnya. Prosesnya juga mudah, hanya¬†apply¬†data via¬†online,‚ÄĚ tuturnya. Kisah penuh semangat mereka ditampilkan dalam video di acara Get to Know Her Story, Rabu (8/3) di Bistronomy, Jakarta Selatan.

‚ÄĚPengguna KoinWorks adalah orang-orang yang berani bermimpi besar, punya kematangan mental dalam mengajukan pinjaman, akses pendanaan yang terjangkau melalui KoinWorks diharapkan mampu mendekatkannya dengan impiannya,‚ÄĚ ujar Bendicto Haryono, Co-Founder &¬† CEO KoinWorks.

Jonathan Bryan, head of marketing menuturkan, sebagai platform yang menghubungkan antara peminjam dan pemberi pinjaman, asesmen (penilaian) amat dijaga. Calon peminjam harus memenuhi kualifikasi awal, yaitu sudah menjalankan bisnis selama minimal satu tahun.

Atau, enam bulan bersama para mitra KoinWorks. Sejak¬†open public¬†pada Agustus 2016 lebih dari 6.000 investor telah bergabung. ‚ÄĚKami sudah mencairkan lebih dari 150 pinjaman,‚ÄĚ terang Jonathan.

Pinjaman yang diberikan berupa¬†productive loans. ‚ÄĚDiharapkan bisa meningkatkan bisnis mereka serta memberikan kehidupan yang lebih baik,‚ÄĚ ucapnya. Dia menjelaskan, nilai pinjaman mulai Rp 10 juta hingga maksimal Rp 500 juta dalam jangka waktu 6-24 bulan.

Jonathan melihat, jumlah peminjam laki-laki dan perempuan cukup berimbang. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan yang menjadi¬†entrepreneur¬†makin besar jumlahnya. ‚ÄĚItu bagus, dan kami ingin mensupport tambahan modal untuk pengembangan bisnisnya,‚ÄĚ lanjut dia.

KoinWorks juga memberikan¬†workshop¬†kepada para¬†borrower. Antara lain¬†marketing, bisnis, dan¬†finance. ‚ÄĚSemua itu bermanfaat untuk membangun bisnis mereka,‚ÄĚ ujarnya.


Media: Jawa Pos

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.