KoinWorks Dongkrak Perekonomian Indonesia Berkat Perannya Bantu UKM Digital – Tahukah Anda bahwa digital commerce memiliki pengaruh besar bagi majunya perekonomian Indonesia?

Pasalnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia kini ialah sebesar 61,41%, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Lalu, menurut data Kemkominfo 2018 sebanyak 9,61 juta unit UMKM sudah memanfaatkan platform online.

Data tersebut yang kemudian menjadi dasar mengapa Pemerintah bisa memproyeksikan nilai transaksi e-commerce pada 2020 bisa mencapai US$ 130 milyar, angka yang cukup fantastis.

Melihat fenomena tersebut, maka pada Senin, 18 Desember 2019 lalu, KoinWorks menggelar press release yang berlokasi di coffeshop milik salah satu borrower, tepatnya di Suasana Kopi, Puri Denpasar Hotel, Jakarta.

Pada gelaran acara tersebut, KoinWorks sebagai platform pembiayaan UKM terbesar di Indonesia menyampaikan keinginannya untuk merangkul lebih banyak lagi para pelaku usaha (UKM) digital dengan memberikan akses pembiayaan mudah melalui KoinBisnis, produk KoinWorks yang menawarkan pinjaman produktif bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya.

suasana kopi-buttonscarves-koinworks-berita-news-perekonomian-indonesia-ukm-digital

Jonathan Bryan, selaku Chief Marketing Officer KoinWorks mengatakan “Kami sangat optimis dengan keberadaan kami sebagai platform fintech lending untuk dapat turut berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia lewat dukungan nyata yang kami berikan pada pasar digital commerce di Indonesia. Kami selalu berupaya untuk membuka akses kepada pelaku UKM digital yang sebelumnya menemukan kesulitan dalam mendapatkan akses pembiayaan. Di KoinWorks, setidaknya 90% dari peminjam kami ialah pelaku UKM yang bergerak secara digital.”

Selama ini, KoinWorks telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan e-commerce, POS, HRIS, serta logistik yang bergerak secara digital demi terciptanya data network dan ekosistem digital yang baik.

Melalui data network tersebut, KoinWorks telah membuka akses sebebas-bebasnya kepada para social commerce atau digital commerce untuk memudahkan mereka mendapatkan pembiayaan hingga Rp2 miliar dengan tenor hingga 24 bulan.

Pada acara ini, KoinWorks juga mengutarakan bahwa ratusan ribu borrower telah percaya bahwa KoinWorks merupakan platform yang aman bagi mereka, hal ini didukung oleh status KoinWorks sebagai salah satu fintech yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

suasana kopi-buttonscarves-koinworks-berita-news-perekonomian-indonesia-ukm-digital

Termasuk Panji Aditya, pemilik Suasana Kopi yang awalanya kedai kopi ini di wilayah Kemang, Jakarta. Panji yang bercita-cita memiliki cafe sejak SMA ini mencoba layanan keuangan berbasis teknologi di KoinWorks untuk memenuhi kebutuhan pengembangan usahanya karena dinilai lebih mudah dalam prosesnya.

Panji mengungkapkan bahwa pembiayaan dari KoinWorks telah membantunya memperbaiki ruangan di Suasana Kopi agar pembeli lebih nyaman saat berkunjung ke tempatnya, selain itu Panji juga telah berhasil mengekspansi usahanya di Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta, yang saat ini dipakai sebagai tempat bertemu dengan para teman-teman media.

Selain Panji, borrower lainnya, Linda Anggreaningsih selaku Founder & Creative Director Buttonscarves juga ikut mengungkapkan perasaan senangnya setelah Ia merasakan sendiri. Wanita yang fokus di bisnis fashion hijabnya ini sudah memanfaatkan akses pembiayaan tersebut untuk membeli mesin digital print pribadi, bahkan keinginannya untuk berkespansi ke Malaysia dan Singapura sudah berhasil Ia wujudkan.

KoinWorks berharap dengan adanya kemudahan dalam akses pembiayaan kepada para UKM digital ini, mereka bisa semakin yakin untuk mengembangkan usahanya dan dapat membantu majunya roda perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.