5 Jenis Kopi Lokal Ini Sukses Dikenal dan Diminati Sampai Kancah Internasional – Bukan keindahan alamnya saja yang terkenal, Indonesia juga terkenal akan hasil pertanian yang berkualitas. Seperti, kakao, teh, karet, minyak sawit, rempah-rempah, hingga kopi.

Hampir seluruh hasil pertanian Indonesia menjadi daya tarik negara asing. Itulah mengapa, sudah banyak produk lokal yang diekspor ke luar negeri. Salah satunya adalah kopi.

Anda pasti sudah tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik dengan produksi lebih dari 600 ribu ton pertahunnya.

Ada berbagai jenis kopi lokal yang dihasilkan oleh berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing daerah tersebut memiliki cita rasa kopi yang khas dan unik, hingga dapat membuat siapapun pecinta kopi merasa jatuh cinta.

Berikut ini ada beberapa jenis kopi lokal yang sukses dikenal sampai kancah Internasional. Simak selengkapnya, yuk!


5 Jenis Kopi Lokal Ini Sukses Dikenal dan Diminati Sampai Kancah Internasional

1Kopi Arabika Toraja

Kopi Arabika Toraja

Kopi lokal asal Sulawesi Selatan ini sudah diekspor sampai ke Jepang, bahkan Amerika. Kebanyakan kopi yang ditanam di daerah Sulawesi cenderung terasa seperti hutan atau tanah dengan kandungan asam yang rendah.

Kopi jenis ini memiliki karakteristik yang unik. Sensasi rasa pahit tidak akan Anda temukan setelah meminum habis kopi ini. Rasa pahit hanya akan timbul saat Anda meneguknya.

Inilah alasan mengapa cita rasa Kopi Arabika Toraja diminati oleh warga lokal maupun warga mancanegara.


2Kopi Arabika Kintamani

Kopi Arabika Kintamani

Bali juga memiliki hasil kopi yang memiliki cita rasa unik dan menarik, yaitu Kopi Arabika Kintamani.

Saat Anda meneguknya, Anda akan merasakan aroma bunga dan asam citrus dengan tingkat kekentalan dan keasaman yang pas, tidak kurang dan tidak lebih.

Kopi ini sudah diekspor ke beberapa negara, seperti Arab, Jepang, dan juga Eropa. Bahkan sudah menjadi salah satu kopi asal Indonesia yang terkenal dan sangat disukai oleh negara-negara tersebut.


3Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi asal Nusa Tenggara Timur ini telah diekspor ke banyak negara di dunia, salah satunya adalah Amerika.

Karakteristik rasa kopi lokal Arabika jenis ini memiliki rasa yang tidak kalah unik. Anda akan merasakan rasa coklat dan vanili yang dominan saat meneguknya. Namun, after taste-nya akan terasa seperti rasa kacang.

Bagi Anda yang menyukai kopi kental dengan tingkat keasaman yang rendah, wajib mencoba kopi lokal dari Flores ini.


4Kopi Arabika Gayo

Kopi Arabika Gayo

Kopi lokal Arabika Gayo cukup banyak peminatnya, baik di Indonesia maupun di mancanegara. Warga negara asing di berbagai belahan dunia juga sudah mengakui kenikmatannya, mulai dari Amerika hingga Eropa.

Arabika Gayo sudah diakui sebagai kopi kelas premium di negara Eropa dan mendapatkan score tinggi dari Specialty Coffee Association of America.

Alasannya karena kopi asal Aceh, Sumatra, ini memiliki tingkat kekentalan dan tingkat keasaman yang lebih rendah (cenderung pas) dibandingkan kopi Arabika lainnya. Anda juga akan sedikit menemukan rasa rempah saat meminumnya.

Unik bukan?


5Kopi Luwak

Kopi Luwak

Mungkin Anda tidak mengira bahwa kopi luwak juga masuk ke dalam jenis kopi lokal yang berhasil sukses sampai kancah Internasional.

Kopi ini diproduksi di wilayah Jawa dan Sumatra. Proses pembuatannya yang cukup aneh membuat cita rasa kopi luwak menjadi lebih khas dan nikmat.

Singkatnya, kopi yang sudah panen akan dimakan oleh luwak (hewan sejenis musang). Kemudian, hewan tersebut mengeluarkan kotoran berupa biji kopi utuh yang tidak dapat ia cerna.

Biji kopi itulah yang kemudian dijual dan dipasarkan, hingga diekspor ke luar negeri. Walaupun caranya terbilang aneh dan menjijikan, kopi luwak menjadi salah satu kopi termahal di dunia, lho!


Nah, itulah beberapa dari banyak jenis kopi lokal yang sukses dikenal sampai kancah Internasional. Bagi Anda pecinta kopi, sudah pasti sering mencicipi berbagai jenis kopi lokal di atas.

Namun, belum lengkap rasanya jika Anda belum mengunjungi salah satu kedai kopi yang juga menyajikan varian kopi khas Indonesia ini.

Ingat Suasana Kopi yang berhasil melanjutkan bisnisnya berkat #PengaruhBaik dari KoinWorks?

Baca juga: Panji Maulana Tawarkan Pengalaman ‘Ngopi’ Berbeda Lewat Suasana Kopi

Setelah membuka kedai Suasana Kopi di Jalan Kemang Utara No.14, Panji Maulana mulai melakukan ekspansi untuk bisnisnya yaitu dengan membuka cabang ke-2 yang juga berlokasi di Jakarta.

Walaupun masih terbilang baru, Panji Maulana tetap berusaha keras untuk mengembangkan usahanya dengan pinjaman dana di KoinBisnis.

Ingin seperti Panji? Yuk, bergabung bersama KoinWorks sebagai peminjam!

Anda bisa meminjam dana di KoinWorks untuk ekspansi bisnis Anda mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar, dengan bunga flat yang terjangkau yaitu sebesar 0.75% – 1.67% setiap bulannya.

Tunggu apalagi? Rasakan #PengaruhBaik dari KoinWorks untuk kesuksesan bisnis Anda!



Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.