Home Daily 7 Negara Terjangkau untuk Kuliah S2 Murah di Eropa

7 Negara Terjangkau untuk Kuliah S2 Murah di Eropa

7 Negara Terjangkau untuk Kuliah S2 Murah di Eropa “Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina”, begitulah pepatah yang sejak lama kita kenal bersama. Namun, dengan berjalannya waktu, tidak hanya di Cina saja kita bisa mengambil pendidikan di luar negeri, tetapi banyak juga negara lain sudah bisa dijangkau.

Maka dari itu, sekarang ini setelah lulus sarjana di Indonesia, memiliki pendidikan lebih tinggi seperti gelar master atau doktor di luar negeri menjadi sebuah pencapaian besar, sekaligus pengalaman yang bisa mengubah jalan hidupmu.

Sebenarnya bukan berarti sistem pendidikan di Indonesia tidak baik, tetapi dengan kuliah di luar negeri, selain menimbulkan prestise juga bisa membuka lebih lebar jalur karir yang ada.

Kenapa? karena biasanya perusahaan besar berasa dari luar negeri dengan top manajemen yang punya latar belakang pendidikan luar negeri. Selain itu, kamu juga bisa memiliki cangkupan jaringan pertemanan antar globa yang lebih luas.

Sayangnya, seringkali hal besar ini memiliki biaya yang besar. Tapi, mari sejenak berpikir, bagaimana jika faktor biaya tinggi mampu diminimalisir?

Kalau kamu benar-benar ingin, kamu bisa lho kuliah S2 di Eropa dengan biaya terjangkau di negara-negara ini.

Apa saja? Yuk, simak!


Cari Tahu 7 Negara untuk Kuliah S2 Murah di Eropa

1
Menghadiri Kelas di Beberapa Universitas Tertua, Italia

kuliah S2 murah di eropa

Kamu bisa kuliah di Eropa dengan harga terjangkau di Negara Italia.

Secara umum, Italia adalah negara yang terjangkau untuk tinggal ataupun liburan. Tak heran, kalau banyak sekali pelajar international baru dan turis berdatangan setiap tahunnya.

Ketika memutuskan kuliah di sini, siap-siap karena bisa saja kamu akan berkuliah di universitas tertua di dunia seperti Universitas Bologna dan Universitas Padua.

Banyak pelajar di sini mengambil kelas Master menarik dengan biaya kuliah terjangkau dan living  cost yang murah.

Baca Juga: 5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak Berhenti Belajar

Rata-rata biaya kuliah di universitas negeri di sini adalah 0 – 2,000 EUR/ tahun akademik.

Selain itu, biaya hidup yang mungkin kamu bisa keluarkan kalau tinggal di kota besar adalah sebesar 900 – 1,500 EUR/bulan.

Tapi, kalau kamu memilih untuk tinggal di kota pelajar seperti Pisa, Padua dan Turin, rata-rata pengeluaran perbulan adalah 600 – 1,000 EUR.

Biaya di atas sudah termasuk akomodasi, makan, transportasi publik, jalan-jalan dan uang entertainment.


2
Bersosialisasi dan Nikmati Hangatnya Sinar Matahari di Spanyol 

kuliah S2 murah di eropa - spanyol

Kalau ditanya di mana tempat kuliah S2 murah di Eropa yang menarik banyak pelajar international jawabannya adalah Spanyol.

Hal ini bisa disebabkan karena negara ini memiliki iklim Mediterania yang dikenal hangat dan ringan, ramahnya penduduk lokal, biaya hidup murah, lalu tentu saja kamu bisa berkesempatan mempelajari bahasa Spanyol, bahasa terseksi sedunia.

Dengan lebih dari 70 universitas pilihan untuk kuliah S2 murah di Eropa, ternyata di negara ini ada Salamanca University, salah satu universitas tertua dunia.

Adapun, rata-rata biaya berkuliah di universitas negeri untuk siswa international adalah 300 – 3,500 EUR/tahun akademik, dengan biaya hidup rata-rata 600 – 1,000 EUR/ bulan.

Biaya di atas sudah termasuk seluruh pengeluaran kamu setiap bulan seperti makanan, tagihan, aktivitas sosial dan transportasi.


3
Di Jerman Kamu Bisa Dapat Pendidikan yang Berkualitas

kuliah S2 murah di eropa - jerman

Jerman merupakan salah satu destinasi studio populer untuk kuliah S2 murah di Eropa. Selain itu, beberapa universitas di Jerman dikenal memiliki pendidikan kelas dunia dan peluang penelitian hebat untuk para calon Magister.

Terdapat sekitar 300 universitas, di mana 10-nya masuk peringkat universitas terkemuka di dunia, dan juga ada lebih dari 900 pilihan untuk mengambil master international.

Memang, sebagian kota di Jerman memiliki biaya hidup lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara di Eropa. Namun tetap saja, biaya kuliah di negara ini sangat terjangkau.

Rata-rata kamu perlu mengeluarkan kocek sebesar 1,500 EUR/tahun akademik di universitas negeri dengan biaya administrasi 100 – 350 EUR/semester.

Sedangkan biaya hidup rata-rata di negara ini adalah 800 – 1,100 EUR/bulan, termasuk akomodasi, makanan, tagihan, asuransi kesehatan, aktivitas sosial dan transportasi umum.


4
Kuliah Sambil Lihat Menara Eiffel yang Ikonik di Perancis

kuliah S2 murah di eropa - perancis

Perancis adalah tempat kuliah S2 murah di Eropa  pilihan para siswa international yang suka dengan French Culture.

Dengan banyaknya institusi pendidikan di sini, ada lebih dari 40 kota di Perancis yang memiliki biaya kuliah S2 terjangkau.

Rata-rata biaya kuliah di Perancis adalah 170 – 650 EUR/tahun akademik, dengan rata-rata biaya hidup 700 – 950 EUR/bulan.

Pengeluaran di atas sudah termasuk dengan biaya tempat tinggal, jalan-jalan, entertainment dan transportasi.

Sebagai informasi, gelar PHd atau doktor untuk S3 dengan jurusan teknik dan kedokteran memiliki biaya lebih mahal, mulai dari 450 dan 600 EUR/tahun.


5
Pendidikan Terbaik dengan Biaya Hidup Terjangkau di Lituania

kuliah S2 mudah di eropa - lithuania

Rumah untuk lebih dari 15 institusi pendidikan tertinggi ini juga menyediakan sejumlah pengajar bahasa Inggris untuk program Master.

Lituania memang kurang dikenal sebagai negara bagian Eropa, tapi setiap tahunnya negara ini mendatangkan lebih dari 3,000 pelajar international.

Universitas di Lituania berfokus pada teori dan praktik yang memungkinkan siswa tidak hanya memiliki banyak ilmu tetapi juga terlibat langsung di lingkungan.

Rata-rata biaya pendidikan di universitas negeri Lituania adalah 1,150 – 5,000 EUR/tahun akademik, dengan biaya hidup rata-rata 200 – 380 EUR/bulan.

Biaya hidup di Lituania, diklaim paling rendah dari negara lain di Eropa. Namun, ibukota Vilnius adalah pengecualian karena di mana biaya hidup bisa mencapai 850 EUR/bulan.

Biaya di atas, sudah termasuk akomodasi, bahan makanan, aktivias sosial dan transportasi umum.


6
Hungaria, Negara di Timur Eropa yang Indah dan Terjangkau

kuliah S2 mudah di eropa - hungaria

Dijangkau dengan banyaknya pilihan studi, memiliki biaya hidup relatif murah dan kehidupan budaya yang kental dengan standar pendidikan akademis tinggi, itulah ciri khas dari Hungaria.

Menjadi salah satu tempat kuliah S2 murah di Eropa, universitas negeri di Hungaria memiliki rata-rata biaya kuliah sebesare 1,000 – 8,000 EUR/tahun akademik.

Jika dirata-ratakan, biaya hidup di sini juga terjangkau yaitu, 350 – 55- EUR/bulan, sudah termasuk tempat tinggal, makanan, jalan-jalan, hiburan dan aktivitas sosial.


7
Biaya Kuliah Rendah di Portugal, Negara dengan Pemandangan Luar Biasa

kuliah S2 mudah kuliah S2 mudah di eropa - portugaldi eropa - portugal

Tempat kuliah S2 murah di Eropa yang terakhir adalah Portugal. Negara yang dikenal sebagai tempat asal pesepak bola terkenal, Christiano Ronaldo ini juga memilki universitas berkualitas tinggi.\

Jika kamu memutuskan untuk berkuliah di negara ini, siap-siap akan menemukan banyak destinasi menarik  di sini.

Adapun rata-rata biaya kuliah di sini adalah 500 – 1,500 EUR/tahun akademik dengan rata-rata biaya hidup 500 – 700 EUR/bulan termasuk akomodasi, makanan dan biaya hiburan.


Jadi, dari daftar di atas, negara apa yang paling menarik perhatianmu?

Sebelum melanjutkan untuk kuliah S2 di luar negeri, biasanya ada syarat mutlak yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, salah satunya memiliki sertifikasi bahasa inggris untuk menunjukan kalau kamu mampu melakukannya.

Maka dari itu, yuk mulai ambil kelas bahasa inggris sekarang di institusi pilihanmu! Soal biaya, tenang, serahkan pada KoinPintar.

Kamu bisa ajukan pinjaman dana khusus pendidikan di KoinPintar, melalui KoinWorks, Super Financial App, dengan bunga rendah mulai dari 1,75% per bulan saja.

Selain itu, masa pembayaran pinjaman juga bisa kamu lakukan sampai dengan 12 bulan, lho.

KoinPintar memang ditujukan untuk membantu masyarakat mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa harus khawatir soal biaya yang mahal.

Percayalah kalau kamu bisa mencapai tujuanmu untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, jangan pernah berhenti untuk tingkatkan keterampilan dan tetap semangat karena #SiapapunBisa!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X