Home Daily 5 Kutipan Warren Buffett Soal Investasi Ini Bisa Jadi...

5 Kutipan Warren Buffett Soal Investasi Ini Bisa Jadi Pedoman Investor Pemula, Nih!

5 Kutipan Warren Buffett Soal Investasi Ini Bisa Jadi Pedoman Investor Pemula, Nih! – Banyak yang bertanya, sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk memulai investasi? Jawabannya adalah sesegera mungkin saat kamu sudah memiliki pendapatan sendiri.

Tak masalah berapapun jumlahnya, memulai investasi sejak dini adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan.

Apabila kamu masih ragu untuk memulai investasi, mengapa tidak mencontek 5 kutipan Warren Buffett soal investasi berikut ini? Siapa tahu bisa jadi pedoman untuk kamu yang masih pemula.

Yuk, belajar langsung dari si investor ulung, Warren Buffett.


5 Kutipan Warren Buffett Soal Investasi

1
“Price is what you pay. Value is what you get.”

investasi perkembangan perekonomian indonesia - jenis jenis saham

Dengan kata lain, jangan melulu kepincut dengan keuntungan besar dalam waktu sekejap! Ketahuilah risiko apa yang akan didapat ketika berinvestasi.

Jangan lupa, fokuslah pada nilai-nilai dasar dari investasi yang kamu lakukan.

Apakah kamu berinvestasi hanya untuk memperoleh keuntungan besar? Atau, kamu ingin membantu lebih banyak UKM berkembang lewat pendanaanmu?

Bisa jadi, kamu ingin mencapai kebebasan finansial dengan berinvestasi?

The choice is yours.


2
“You don’t need to be a rocket scientist. Investing is not a game where the guy with the 160 IQ beats the guy with 130 IQ.”

4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

Ini dia kutipan Warren Buffett soal investasi selanjutnya. Ya, dalam berinvestasi, ini bukan soal siapa yang paling jago dalam menghasilkan keuntungan.

Investasi tentu punya tujuan tertentu dan sebagai investor, kamu wajib tahu apa tujuanmu berinvestasi.

Misalnya, kamu berinvestasi karena ingin mengumpulkan biaya pendidikan anak, biaya pernikahan, umroh, dan seterusnya.


3
“Risk comes from not knowing what you are doing.”

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - jenis saham

Nyatanya, banyak investor yang mencoba berinvestasi karena mereka ikut-ikutan tren. Alhasil, mereka berinvestasi untuk sesuatu yang sebenarnya belum mereka ketahui dengan dalam.

Tak heran, berita soal tertipu investasi online atau investasi bodong banyak beredar.

Sebagai investor yang bijak, ada baiknya kamu mempelajari dulu mengenai instrumen investasi yang hendak dicoba.

Katakanlah, kamu ingin mencoba salah satu alternatif yang mirip seperti investasi, yaitu Peer-to-Peer Lending. Maka, pelajari lebih dulu bagaimana cara kerjanya, bagaimana keuntungan yang dihasilkan, apakah platformnya sudah berizin OJK atau belum, dan sebagainya.

Seperti, saat kamu memilih KoinWorks. Kamu harus mengetahui dahulu bahwa ternyata hanya butuh Rp100.000 (minimal) untuk modal pendanaan di KoinWorks.

Selain itu, KoinWorks sendiri merupakan Super Financial App yang memungkinkan kamu untuk mendanai sekaligus meminjam dana dalam satu aplikasi.

Bagi produk pendanaan mereka saat ini memiliki KoinP2P dan KoinRobo. Keduanya merupakan produk Peer-to-Peer Lending, namun dengan tujuan yang berbeda.

KoinP2P memungkinkan kamu untuk melakukan pendanaan dengan imbal hasil dan grade yang bisa disesuaikan dengan preferensi.

Sementara KoinRobo cocok untuk kamu yang ingin mendanai sekaligus berkontribusi sosial, karena nantinya pendanaanmu akan disalurkan ke berbagai individu atau pelaku bisnis bernilai sosial dengan imbal hasil tetap.

Dengan jumlah segitu, kamu bisa mendapatkan imbal hasil mencapai 21.32% per tahunnya. Serta, akan ada berbagai keuntungan lainnya seperti dana proteksi hingga 100%, dan terjamin keamanannya karena sudah berizin dan diawasi secara resmi di OJK.


4
“Rule No. 1: Never lose money. Rule No. 2: Don’t forget rule No. 1”

4 Tips Membeli Secara Pintar yang Dilakukan Orang-Orang Kaya - 4 Konsep Zen yang Bisa Membantu Anda Meningkatkan Kondisi Keuangan

Dalam berinvestasi, ini merupakan salah satu prinsip yang dipegang oleh Warren Buffett. Dan tampaknya, ini juga bisa jadi peganganmu selanjutnya.

Jangan pernah kehilangan uang, erat kaitannya dengan keuntungan yang didapat ketika berinvestasi. Seperti yang diketahui, investasi pasti memiliki risiko, apapun instrumennya.

Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar memutar otak, bagaimana caranya agar uanmu tetap utuh, bahkan berlipat ganda. Misalnya, mendiversifikasikan dana ke berbagai jenis investasi.


5
“Do not save what is left after spending; instead spend what is left after saving.”

hemat uang

Kutipan Warren Buffett tentang investasi yang satu ini erat hubungannya dengan pengalokasian pendapatan bulanan.

Rumus yang beredar saat ini ialah metode 50:30:20, yang mana 50% gaji dialokasikan untuk kebutuhan utama, 30% untuk kebutuhan sekunder, dan 20% sisanya untuk ditabung dan diinvestasikan.

Nah, untuk porsi 20% itu, Warren Buffett menyarankan agar kamu menyimpan uang lebih dulu sebelum digunakan.

Sebab, kalau menunggu sisa uang dari gaji bulanan, bisa jadi porsinya kurang dari 20% atau kamu jadi tidak konsisten ketika menabung atau berinvestasi.

Nah, itulah dia 5 kutipan Warren Buffett soal investasi. Mana kutipan yang paling mengena untuk kamu?



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.