Home Daily 5 Langkah Sukses dalam Merencanakan Kekayaan

5 Langkah Sukses dalam Merencanakan Kekayaan

ā€¢

5 Langkah Sukses dalam Merencanakan Kekayaan – Kamu tahu tidak, apa yang membuat kamu bisa kaya dalam hal finansial? Atau apakah kamu tahu bagaimana untuk menjadi seseorang yang sukses dan banyak uang?

Kebanyakan orang beranggapan bahwa untuk menjadi kaya dan sukses membutuhkan otak yang pintar dan penuh wawasan. Kamu harus pintar matematika, kamu harus pintar menghitung, dan kamu harus memiliki wawasan luas tentang investasi, serta segala hal yang dihubung-hubungkan dengan ‘uang’.

Padahal itu semua tidak harus kamu miliki, kamu tidak harus pintar algoritma apalagi berhitung, toh dunia ini sudah beralih ke digital.

Alih-alih memiliki pengetahuan luas, kamu juga perlu memiliki kesadaran finansial dan pemahaman tentang tujuan finansial kamu sendiri, seperti lima langkah sukses dalam merencanakan kekayaan berikut ini!


5 Langkah Sukses dalam Merencanakan Kekayaan

1
Memeriksa Kondisi Keuangan Internal dan Eksternal

5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ā€™15 Komaā€™ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan-menabung- 5 Cara Cerdas Mengatur Finansial untuk Freelancer

Uang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan. Semuanya tergantung dari bagaimana kamu memanfaatkannya, baik dalam membelanjakan atau menghemat uang yang kamu miliki tersebut.

Langkah awal yang sukses untuk merencanakan kekayaan yaitu memeriksa situasi keuangan kamu dari sisi internal maupun eksternal. Kesadaran finansial yang tajam sangat dibutuhkan untuk hal ini.

Dari sisi internal, mulai kenali diri kamu, perspektif kamu, serta hubungan kamu dengan ‘uang’. Pahami perasaan pribadi kamu tentang uang, baru setelahnya kamu mampu menyadari situasi keuangan eksternalnya.

Pertanyaan-pertanyaan seperti di bawah ini bisa menambah kesadaran kamu tentang uang:

  • Apa manfaat uang dalam kehidupan kamu?
  • Bagaimana cara kamu menggunakan uang untuk memenuhi segala kebutuhan?
  • Bagaimana cara kamu membuat keputusan yang melibatkan keuangan?
  • Bagaimana situasi dan kondisi keuangan kamu saat ini? Positif atau malah negatif? Apa alasannya?

Siapkan alat tulis hitung kamu, serta perlengkapan digital yang kamu miliki. Kemudian buat laporan aset dan utang pribadi kamu, meliputi total pemasukan yang kamu dapat dan total biaya yang kamu keluarkan untuk segala kebutuhan.

Dari situlah kamu akan mengetahui bagaimana situasi keuangan kamu yang sebenarnya. Laporan tersebut akan menunjukkan hasil dari total pendapatan dikurangi beban biaya/utang, yang berarti kunci kekayaan kamu sudah hampir berada dalam genggaman.


2
Menentukan Tujuan Kekayaan

Tetap Fokus Pada Resolusi

Setelah memeriksa kondisi keuangan, langkah sukses selanjutnya dalam merencanakan kekayaan yaitu menentukan tujuan.

Penyesuaian situasi keuangan terhadap nilai-nilai yang ada pada diri kamu dapat membantu mengidentifikasi dan menentukan tujuan kamu.

Jika kamu tidak terlalu mempedulikan masa depan dan bersikap pasrah, tujuan kamu mungkin sebatas kecukupan biaya untuk bisa memenuhi kebutuhan pokok selama kamu hidup.

Namun, lain halnya jika kamu sangat mempedulikan nasib di masa mendatang. Kamu tentu memiliki tujuan finansial khusus, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Seperti membiayai adik-adik untuk pendidikan yang lebih tinggi atau pergi ke luar negeri dengan biaya sendiri bersama keluarga.

Alangkah lebih baik lagi, jika kamu memiliki tujuan berjangka panjang. Misalnya, berbisnisĀ franchiseĀ atau melakukan pendanaan diĀ platform pendanaan onlineĀ Peer-to-Peer Lending yang sudah berizin resmi OJK seperti KoinWorks.

Atau kamu memiliki tujuan lain yang lebih sesuai?


3
Mengidentifikasi Tujuan yang Spesifik

5 Langkah Sukses dalam Merencanakan Kekayaan - tujuan yang spesifik

Sudah memiliki tujuan finansial? Mari jabarkan tujuan kamu secara lebih spesifik!

Yuk, identifikasi tujuan kamu dengan menambahkan jumlah dan juga waktu pencapaian (tenggat waktu) secara lebih rinci dan jelas. Lho, untuk apa?

Semakin rinci penjabaran tujuan kamu, maka semakin mudah bagi kamu untuk mencapainya. Agar semakin mudah, kamu bisa menuliskan dan menjabarkannya dalam bentuk pernyataan konkret yang dapat membantu memperkuat tujuan kamu.

Contoh:

  • Aku ingin menyisihkan Rp5.000.000 per bulan untuk cicilan rumah dalam jangka waktu 10 tahun.
  • Aku ingin memiliki dana pensiun sebesar Rp600 juta saat aku berusia 70 tahun (saat ini 18 tahun), maka aku harus mengumpulkan Rp1.000.000 per bulan sampai 52 tahun ke depan.
  • Aku ingin menikah di usia 28 tahun (saat ini 23 tahun) dan membutuhkan biaya Rp200 juta, sehingga aku harus mengumpulkan dana minimal Rp3.400.000 per bulan bersama pasangan.

Kira-kira beberapa contoh narasi di atas bisa kamu jadikan acuan dalam membuat identifikasi tujuan secara lebih spesifik.

Kamu bisa menyimpan target-target kamu tersebut di atas catatan kecil yang ditempel (sticky notes) atau di dalam buku catatan yang biasa kamu gunakan untuk mencatat hal-hal penting dalam hidup kamu.

Tujuannya? Supaya kamu lebih termotivasi untuk mewujudkan tujuan finansial demi tercapainya perencanaan kekayaan yang kamu inginkan.


4
Bergerak Maju dengan Niat Sepenuh Hati

5 Langkah Sukses dalam Merencanakan Kekayaan - bergerak maju

Tidak mau kanĀ stuckĀ di situ-situ saja?

Jika kamu tidak ada keinginan untuk maju, maka kamu tidak akan bergerak maju selangkah pun. Bangun semangat dan niat kamu sepenuh hati agar timbul kepercayaan dalam diri kamu untuk membuat keputusan tentang keuangan.

Misalnya, kamu telah memiliki keinginan bulat untuk pergi liburan setiap akhir tahun, di mana kamu akan menghabiskan dana minimal Rp5.000.000 untuk sekali liburan.

Baca juga: Ikuti Tips Ini Supaya Kamu Bisa Pergi Liburan Setiap Tahun!

Dengan begitu, kamu harus meyakinkan diri kamu agar berhemat dan menabung lebih banyak. Sehingga keinginan kamu untuk berbelanja konsumtif sirna seketika setelah kamu teringat kembali akan tujuan dan niat awal kamu.


5
Bekerja Sama dengan Konsultan Finansial

Menghindari Inflasi Gaya Hidup - Benci Matematika? Lakukan 3 Langkah Penganggaran Sederhana Berikut Ini - merdeka finansial

Jika kamu tidak yakin bisa melakukan langkah sukses merencanakan kekayaan ini sendirian, kamu boleh kok menggunakan jasa konsultan keuangan.

Seorang konsultan keuangan akan membantu kamu dalam memastikan keberhasilan perjalanan keuangan pribadi kamu. Mereka akan membimbing kamu dengan berbagai cara yang efektif untuk mencapai kebebasan finansial yang kamu harapkan.

Ini sebabnya, pekerjaan sebagai konsultan keuangan dituntut untuk berwawasan luas terutama di bidang investasi dan keuangan, bahkan perhitungan dan algoritma yang super rumit.

Nah, demikianlah 5 langkah sukses dalam merencanakan kekayaan dan kebebasan finansial kamu di masa mendatang.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.