5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi OnlineMacet lagi… macet lagi…. Jangan sampai waktu berharga Anda terbuang sia-sia hanya demi mengarungi padatnya Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Kini, akses transportasi kian mudah dan terjangkau. Selain menaikki Bus TransJakarta, Anda pun bisa menikmati layanan taksi atau ojeg online.

Baca juga: 8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

Namun, tak dimungkiri, tarif transportasi online terkadang cukup menguras dompet. Demi mengejar waktu, membayar harga lebih mahal seakan tak jadi masalah.

Nah, bagi Anda yang sering memanfaatkan layanan transportasi online, ada 5 tips hemat supaya isi dompet tidak terkuras habis-habisan.

5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

1. Gunakan beberapa aplikasi transportasi online

5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

Terkadang, perusahaan yang satu dengan yang lain menetapkan harga yang berbeda untuk rute yang sama.

Oleh karenanya, Anda perlu mengunduh beberapa aplikasi transportasi online sehingga Anda bisa membandingkan harganya. Pilihlah yang tarifnya paling murah supaya bisa lebih hemat.

Baca juga: Jangan Boros! Ini Dia 7 Ide Berhemat Saat Kencan

Di sisi lain, jika Anda menggunakan taksi online, ajaklah teman untuk patungan supaya lebih hemat.


2. Manfaatkan kode promo

5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

Di setiap aplikasi transportasi online yang dimilikki, cobalah untuk rajin mengecek notifikasi. Siapa tahu, ada kode promo tertentu yang bisa Anda gunakan. Biasanya, kode promo tersebut akan memberikan potongan harga untuk perjalanan yang akan dilakukan.

Baca juga: 8 Tips Hemat Ala Seorang Perencana Keuangan

Jadi, Anda hanya perlu menyalin kode tersebut, lalu masukkan ke kolom kode promo. Tarif pun akan terpotong otomatis. Sayangnya, kode promo digunakan secara terbatas sesuai periode tertentu saja.

Maka, pintar-pintarlah memanfaatkan kode promo. Misalnya, gunakan kode tersebut untuk rute perjalanan yang lebih jauh dari biasanya atau digunakan saat jam-jam sibuk di mana tarif menjadi lebih mahal.


3. Tukarkan poin dengan tumpangan gratis

5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

Sistem poin menjadi salah satu cara perusahaan untuk memberikan reward bagi para penggunanya.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini, Maka Uang Anda Tidak Akan Terbuang Dengan Percuma

Nantinya, setiap kali menggunakan jasa angkutan online, Anda bisa mendapatkan poin yang mana bisa ditukarkan dengan potongan harga, atau bahkan tumpangan gratis dengan ojeg atau taksi. Pastinya bisa bikin Anda lebih berhemat, kan?


4. Bayarlah dengan saldo aplikasi

5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

Lupakan uang tunai dan beralihlah ke hal-hal yang lebih praktis. Gunakan saja saldo aplikasi untuk membayar layanan transportasi online. Biasanya, dengan menggunakan saldo aplikasi, tarif yang ditetapkan lebih murah karena adanya potongan.

Baca juga: Agar Tidak Boros, Ini 4 Tips Berburu Buku di Big Bad Wolf Jakarta 2018

Tawaran menarik lainnya, adapula pengemudi yang menjual saldo aplikasi dengan harga lebih murah, bahkan memberikan saldo gratis bagi para pengguna layanan. Wah, untung sekali, ya!


5. Hindari jam-jam sibuk

5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

Di jam-jam sibuk seperti saat berangkat atau pulang kantor, tarif transportasi online biasanya cukup menguras dompet. Bahkan, hingga dua kali lipat dari harga normal.

Guna mengatasinya, cobalah untuk berangkat lebih pagi saat ke kantor. Lalu saat pulang kantor, Anda bisa menunggu 30 menit hingga 1 jam lebih lama guna menghindari jam-jam macet.

Baca juga: Yuk, Intip Strategi Mengatur Keuangan Tahun 2018 Berdasarkan Zodiak!

Biasanya, saat cuaca sedang buruk, seperti hujan, harga transportasi online juga naik. Nah, jika Anda tidak diburu waktu, lebih baik sabar menunggu hingga hujan reda supaya tarifnya kembali normal.

Bagaimana, sudah pernah mengaplikasikan 7 tips hemat naik transportasi online di atas? Nah, saat Anda berhasil menghemat pengeluaran untuk transportasi, jangan lupa alokasikan uang tersebut untuk diinvestasikan.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Investasi yang Akan Didapatkan Bila Rutin Berinvestasi

Jika Anda adalah seorang pemula, coba saja dulu untuk menginvestasikan uang minimal Rp100 ribu di platform investasi online peer to peer lending.  Namun, berhati-hatilah ketika memilih platform P2P Lending. Pastikan sudah terdaftar di OJK seperti KoinWorks, ya!

Dengan berinvestasi, Anda bisa mencapat tujuan keuangan di masa depan. Siapa tahu, di masa mendatang, Anda tidak perlu naik transportasi online lagi, malahan sudah punya motor atau mobil sendiri.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.