Home Daily Belajar Nilai Kebaikan dari Leila Janah, Pebisnis dengan Jiwa...

Belajar Nilai Kebaikan dari Leila Janah, Pebisnis dengan Jiwa Sosial Tinggi

ā€¢

Belajar Nilai Sebuah Kebaikan Dari Leila Janah, Pebisnis dengan Jiwa Sosial Tinggi – Pada 24 Januari 2020, dunia teknologi khususnya di Amerika Serikat tengah dihadapi oleh kabar duka.

Pendiri dan CEO Samasource, Leila Janah meninggal dunia dalam usia 37 tahun. Adapun Leila meninggal dikarenakan kompilasi dari sarkoma epiteloid yaitu suatu bentuk kanker.

Leila Janah adalah contoh sosok pemimpin wanita yang cukup menonjol di Silicon Valley. Janah mendirikan Samasource pada tahun 2008, bergerak di bidang bisnis validasi dan penyediaan data, misalnya untuk kecerdasan buatan.

Selain menjadi pebisnis yang sukses, Janah juga dikenal sebagai entrepreneur yang dikenal memiliki jiwa sosial tinggi.

Maka dari itu, yuk simak 3 pelajaran nilai kebaikan dari sosok Leila Janah yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.

Baca juga: Kobe Bryant, Sang Atlet, Investor dan Pebisnis yang HandalĀ 


Belajar Nilai Kebaikan dari Leila Janah, Pebisnis dengan Jiwa Sosial Tinggi

1
Memliki Jiwa Sosial yang Tinggi Sejak Muda

leila janah-4
sumber: theceomagazine.com

Sampai saat ini Leila Janah memang terkenal sebagai CEO perusahaan teknologi terkenal di dunia. Namun untuk mencapai posisi saat ini, Janah telah melewati masa-masa yang cukup sulit. Terlebih lagi di masa kecilnya.

Bisa dibilang bahwa finansial keluarga Janah pada waktu itu cukup sulit. Maka dari itu, sejak remaja Janah sudah bekerja keras menjadi pengajar les dan menjadi pengasuh anak di sela-sela waktu belajarnya.

Pada usia 17 tahun, Janah mendapat beasiswa dari American Field Service dan berhasil meyakinkan AFS untuk menjadikannya sebagai tenaga pengajar bahasa inggris di Ghana.

Di sana, ia mengajar murid-murid muda dari desa Akuapem dan dari mereka banyak yang buta.

Janah pun melanjutkan studinya di Harvard University dan lulus pada 2005 dengan gelar di Studi Pembangunan Afrika.

Di antara masa kuliahnya itu, Janah melakukan kerja lapangan di Mozambik, Senegal dan Rwanda.

Janah juga sering konsultasi serta menulis makalah untuk Kelompok Penelitian Pengembangan Bank Dunia dan organisasi Ashoka tentang hak-hak sosial dan ekonomi.


2
Memberdayakan Tenaga Kerja dari Kenya, Uganda dan India

leila janah-2
sumber: nytimes.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Janah mendirikan Samasource pada tahun 2008.

Janah mendirikan Samasource di Kenya berawal dari ide untuk mendirikan organisasi non-profit yang bisa mempekerjakan karyawan dari negara negara-negara yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Ide tersebut pun terbukti dengan jumlah tenaga kerja Samasource, yang mana terdapat lebih dari 2.900 karyawan yang berasal dari Kenya, Uganda dan India.

Para karyawan tersebut dilatih untuk menciptakan data bagi suatu perusahaan di seluruh dunia yang perlu menguji berbagai produk kecerdasan buatan, termasuk mobil self-driving dan perangkat keras pintar.

Terbukti beberapa perusahaan besar yang telah memberikan kepercayaannya kepada Samersource, seperti Microsoft, Google, Walmart dan lainnya.

Dilansir dari website Samasource, dengan hadirnya Samasource, mereka telah membantu lebih dari 50.000 masyarakat untuk mengangkat diri mereka dari kemiskian.


3
Fokus Pada Kesejahteraan Sosial

leila janah-3
Sumber: theceomagazine.com

Selain melatih dan menyalurkan jasa pekerjaan karyawannya, Samasource juga menyediakan sejumlah program untuk memastikan para pekerjanya maju dalam karir mereka dan keterampilan hidup.

Program-program ini mencakup pendidikan kesehatan dan kesejahteraan, pengembangan keterampilan profesional serta program beasiswa untuk membantu melanjutkan biaya pendidikan.

Selain Samasource, Janah juga mendirikan Samaschool yang berbasis di San Francisco. Adapun Samaschool adalah sebuah organisasi non-profit yang didedikasikan untuk membantu pekerja berpenghasilan rendah.

Di Samaschool, mereka belajar keterampilan yang bisa memberikan dampak perubahan pada ekonomi.

Samaschool telah bermitra dengan organisasi non-profit lainnya, seperti Goodwill untuk memungkinkan mereka mendapatkan sumber daya kurikulum tambahan sebagai bagian dari program.

pada tahun 2015, Janah mendirikan LXMI merek perawatan kulit yang berfokus pada bahan organik dan diperdagangkan secara adil melalui pengadaan koperasi wanita berpenghasilan rendah di Afrika Timur.


Berikut tadi adalah rekam jejak mendiang Leila Janah dalam upaya nya meningkatkan kesejahteraan sosial.

Menurut pandangan Janah, masyarakat miskin di negara-negara Afrika tidak hanya membutuhkan bantuan filantropi, mereka juga dapat menjadi sumber daya bagi perusahaan yang membutuhkan pekerjaan jarak jauh, terutama input data untuk pelatihan Kecerdasan Buatan.

Atas usahanya membantu negara-negara miskin di dunia, pada November 2019, Samasource mengumumkan mereka telah mengumpulkan pendanaan Seri A senilai 14,8 juta USD.

Saat ini upaya non-profit Samasource didukung oleh kelompok-kelompok filantropis seperti The Rockefeller Foundation dan Ford Foundation.

Oleh karena itu, tidak salah jika Leila Janah patut untuk disebut sebagai sosok wanita yang bisa memberikan inspirasi besar bagi masyarakat global.

Untuk bisa menjadi inspiratif seperti mendiang Janah, tentunya kamu juga bisa. Kamu bisa meningkatkan kesejahteraan, seperti mendukung potensi usaha wanita Indonesia, memajukan UMKM nasional dan lainnya.

Kamu bisa melakukan hal tersebut melalui salah satu bentukĀ socially responsible lending yang bisa kamu jadikan pilihan untuk meningkatkan aset sembari menyalurkan dampak sosial melalui fitur-fiturnya, yaitu KoinRobo.

KoinRobo menggunakan teknologiĀ machine learningĀ sehingga kamu bisa membuat portofolio yang cerdas dan pendanaan kamu akan terdiversifikasi secara otomatis.

Di KoinRobo, kamu bisa memilih 4 aspek sosial mana yang akan kamu danai, yaitu:

Female-LedĀ : Membantu para wanita di Indonesia mengembangkan bisnis yang mereka bangun sendiri.

Made in IndonesiaĀ : Mendukung dan mendorong bisnis karya anak bangsa untuk membangun perekonomian dalam negeri.

Top Up LoanĀ : Memberikan dukungan kepada mereka yang sedang berusaha untuk terus mengembangkan usahanya.

Best PerformingĀ : Memberikan apresiasi kepada mereka yang turut memaksimalkan pendanaanmu.

Dengan begini, kamu bisa membantu mereka yang sedang berusaha untuk mewujudkan impiannya tetapi tetap mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Yuk, mulai sekarang untuk berikan dampak positif pada sekitarmu.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.