Home Daily Melunasi Utang Dengan 4 Langkah Mudah: Apa Itu Metode...

Melunasi Utang Dengan 4 Langkah Mudah: Apa Itu Metode Debt Snowball?

ā€¢

Lunasi Utang Dengan 4 Langkah Mudah: Apa Itu Metode Debt Snowball? – Segala bentuk utang seperti kredit pinjaman, cicilan KPR, bahkan tagihan rutin yang diangsur setiap bulan seakan sudah menjadi makanan sehari-hari yang tak pernah usai.

Kamu mungkin sudah mencoba berbagai jenis cara demi mempermudah hidup kamu, termasuk cara cepat melunasi utang dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Kali ini, pasti kamu merasa beruntung. KoinWorks ingin memberitahu kamu tentang bagaimana caranya melunasi utang hanya dengan 4 langkah mudah melalui metode Debt Snowball.

Mari ketahui dulu, apa itu metode Debt Snowball?

Metode ini dipopulerkan oleh, seorang perencana keuangan asal Amerika, Dave Ramsey. Sebuah penelitian dari Harvard Business Review menemukan bahwa metode Snowball cukup efektif untuk membantu kamu agar terbebas dari utang dan cicilan.

Seperti namanya,Ā SnowballĀ berarti bola salju. Untuk membuat bola salju raksasa, maka kamu harus memulai dengan membuat bola salju berukuran kecil dan menggulungnya perlahan hingga menjadi bola salju yang lebih besar.

Cara kerja metode Snowball ini bisa kamu terapkan untuk cara melunasi utang, lho. Mulailah fokus untuk membayar utang kamu yang jumlahnya kecil terlebih dahulu. Semakin kamu terus bergerak maju, maka utang kamu yang berjumlah besar semakin mudah untuk dilunasi.

Yuk, perhatikanĀ step by stepĀ berikut ini sambil mencoba dan menghitung di buku catatan kamu!


Lunasi Utang Dengan 4 Langkah Mudah: Apa Itu Metode Debt Snowball?

1
Buat Daftar Utang yang Kamu Miliki

Melunasi Utang Dengan 4 Langkah Mudah: Apa Itu Metode Debt Snowball?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar utang atau cicilan yang harus kamu bayarkan, buatlah dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini.

Utang Besar Utang Cicilan (per bulan)
KPR Rp500.000.000 Rp5.000.000
KTA Rp20.000.000 Rp1.000.000
Kartu Kredit Rp10.000.000 Rp450.000

Seperti yang tertera pada tabel, kamu memiliki tiga jenis tanggungan utang, yaitu cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA), serta cicilan Kartu Kredit. Masing-masing utang tersebut memiliki jumlah total dan jumlah cicilan per bulan yang berbeda-beda.

Tuliskan dengan rinci dan dengan jumlah yang nyata, bukan hanya perkiraan. Perincian dalam bentuk tabel, akan memudahkan kamu dalam mengklasifikasikannya.


2
Urutkan Semua Utang dari yang Terendah Hingga Tertinggi

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan - mitos anggaran keuangan - jenis investasi jangka panjang

Langkah kedua dalam metodeĀ Debt SnowballĀ yaitu mengurutkan susunan daftar utang dari yang memiliki jumlah terendah sampai ke utang yang memiliki jumlah tertinggi.

Jika mengikuti daftar utang yang ada pada langkah pertama, maka susunannya menjadi:

Utang Besar Utang Cicilan (per bulan)
Kartu Kredit Rp10.000.000 Rp450.000
KTA Rp20.000.000 Rp1.000.000
KPR Rp500.000.000 Rp5.000.000

Maka, kamu dapat melihat, cicilan Kartu Kredit ada di urutan nomor 1 karena nominalnya yang rendah yaitu sebesar Rp450.000/bulan. Diikuti dengan KTA di urutan kedua, dan KPR di urutan terakhir karena memiliki nominal yang paling tinggi.


3
Bayar Ekstra untuk Utang Terendah

akibat-bayar-kartu kredit-skor-credit scoring - bijak menggunakan kartu kredit

Maksud dari pembayaran ekstra adalah kamu membayar lebih dari cicilan minimum yang diwajibkan. Perlakuan ini difokuskan untuk utang dengan nominal terendah, yaitu Kartu Kredit.

Utang Besar Utang Cicilan (per bulan)
Kartu Kredit Rp10.000.000 Rp450.000

Dengan metodeĀ Debt Snowball, kamu harus melunasi utang Kartu Kredit (utang terendah) terlebih dahulu. Cara mempercepatnya adalah dengan membayar utang tersebut di atas cicilan minimum.

Jika cicilan minimum Kartu Kredit kamu adalah sebesar Rp450.000 (lihat tabel), maka kamu bisa membayarnya sebesar Rp650.000 atau Rp750.000 setiap bulannya.

Sementara utang-utang lainnya tetap kamu bayar sejumlah cicilan minimum; KTA sejumlah Rp1.000.000 dan KPR sejumlah Rp5.000.000.

Selain memangkas daftar utang dengan cepat, metode ini akan membuat kamu jauh lebih termotivasi untuk melunasi dua utang lainnya.


4
Ulangi 3 Langkah di Atas Sampai Satu Persatu Utang Kamu Lunas

Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 - bebas secara finansial - financial freedom - 7 Kebiasaan yang Menunjukkan Bahwa Anda Belum Matang Secara Finansial

Last but not least, ulangi langkah-langkah di atas sampai utang Kartu Kredit, KTA, dan KPR kamu lunas. Ingatlah untuk memulai dari utang yang nominalnya paling rendah terlebih dahulu.

Jika utang terendah (Kartu Kredit) kamu sudah lunas, kamu bisa beralih melakukan pembayaran ekstra untuk cicilan KTA. Lalu, jika cicilan KTA sudah lunas, kamu bisa fokus pada cicilan KPR yang nominalnya paling besar.

Walaupun metode Debt SnowballĀ dianggap sebagai metode pelunasan utang yang tepat dan efektif, penggunaannya juga memiliki celah untuk gagal.

Misalnya saja, kamu memiliki utang yang nominalnya cukup besar dengan bunga yang besar pula, tapi kamu fokus melunasi utang-utang yang kecil (menggunakan metodeĀ Debt Snowball).

Nah, utang tersebut menjadi lebih lama dilunasi sehingga bunganya semakin membengkak. Kalau begini, artinya kamu harus mencari metode lain untuk melunasinya. Inilah yang harus kamu pertimbangkan sebelum mulai menggunakan metode pelunasan utang Snowball.

Namun, jika semua utang yang kamu miliki berbunga sama (atau tidak terlalu berbeda) antara satu dengan yang lain, metode ini akan menjadi metode terbaik yang harus kamu coba.

Kelebihannya, metode Debt Snowball ini sangat cocok bagi kamu yang berorientasi pada hasil, bahkan metode ini dapat mempengaruhi kamu secara psikologis, lho!

Sebab, berkurangnya beban utang sedikit demi sedikit akan membuat seseorang menjadi lebih tenang. Sehingga akan timbul semangat baru berupa motivasi dan rasa percaya diri untuk melunasi sisa utang kamu yang lainnya.

Berlaku juga sebaliknya, apabila kamu berusaha keras melunasi utang yang nominalnya paling tinggi terlebih dahulu, kamu akan lebih mudah berkecil hati dan memiliki keinginan untuk menyerah. Ditambah lagi, pelunasan utang tersebut bisa memakan waktu bertahun-tahun lamanya.

Hmm, saking fokusnya mengatur pengeluaran untuk membayar utang, kamu sampai lupa tuh untuk menabung!

Di saat seperti ini, tabungan investasi adalah yang kamu butuhkan. KoinWorks bisa kamu jadikan alternatif investasi jangka pendek maupun jangka panjang, lho.

Selain mendapat imbal hasil mencapai 21,32% per tahun, kamu juga berkesempatan mendanai banyak pebisnis, mahasiswa, hingga wanita di seluruh Indonesia yang tengah membutuhkan dana tambahan.

Tunggu apalagi? Yuk, perbaiki diri dan menjadi #BetterMe bersama KoinWorks di tahun ini!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app