Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?-Menyiasati keuangan bari karyawan tentunya menjadi hal yang cukup rumit.

Terlebih lagi, jika Anda sebagai karyawan yang merantau di ibu kota, karena sudah pasti Anda harus menyisihkan sebagian besar penghasilan Anda untuk sewa tempat tinggal.

Maka dari itu, tidak jarang Anda akhirnya harus melakukan penghematan lagi guna terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari. Baik penghematan di anggaran gaya hidup dan lainnya.

Namun, sebenarnya Anda bisa lho memiliki anggaran yang lebih tanpa harus berhemat dengan menyiksa diri Anda sendiri. Anda bisa mensiasati hal tersebut dari anggaran konsumsi sehari-hari.

Eitss.. bukan berarti Anda tidak makan ya! Tidak dipungkiri lagi bahwa ada kalanya anggaran untuk konsumsi seringkali menjadi overbudget.

Hal tersebut karena jika Anda sering makan siang atau malam di pusat hiburan, sudah pasti Anda akan mengeluarkan anggaran yang lebih, yaitu sekitar Rp 30-100 ribu sekali makan.

Oleh karena itu, bagaimana cara yang tepat untuk bisa menghemat finansial Anda dari biaya konsumsi sehari-hari? Simak penjelasan berikut ini.


Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?

1Beli atau Ikut Katering

Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?

Jika Anda tidak sempat untuk memasak sehingga memutuskan untuk beli, ada baiknya  Anda tidak selalu pergi makan siang ke tempat hiburan, seperti food court di mall.

Karena, seperti yang telah dijelaskan sebelumya, hal tersebut bisa membuat anggaran konsumsi Anda semakin membengkak.

Jika Anda terbiasa melakukan kegiatan tersebut, tidak ada salahnya untuk coba mengubahnya.

Mulai biasakan diri Anda untuk makan di warteg terdekat tempat tinggal atau kantor Anda. Karena dengan begitu, per harinya Anda hanya mengeluarkan biaya 15-20 ribu.

Jika jadwal kegiatan Anda sangat padat, Anda bisa ikut katering yang nantinya akan diantar ke kantor atau tempat tinggal Anda.

Usahakan untuk mencari penyedia katering dengan harga yang sangat terjangkau atau tidak melebihi anggaran keuangan Anda.

Memang harganya akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan membeli sendiri di rumah makan terdekat.

Namun, layanan antar-jemput makanan yang disediakan oleh penyedia katering tersebut tentunya akan memudahkan Anda, bukan?


2Masak Sendiri

Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?-5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online-5 Cara untuk Menghibur Tamu Pesta dengan Anggaran yang Terbatas-Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Baru- tips menjaga kesehatan

Dengan membeli makanan memang akan menjadi lebih praktis dan tidak perlu capek menyiapkan segala bahan-bahannya.

Namun, dengan Anda memasak sendiri sudah pasti lebih baik dari segi keuangan maupun kesehatan.

Karena selain lebih murah, menu masakan rumah juga bisa disesuaikan dengan selera. Memang sih, kesibukan sehari-hari bisa membuat enggan memasak sendiri.

Tetapi, sebenarnya Anda cuma perlu meluangkan waktu sebentar untuk menyiapkan makanan yang menyehatkan. Tidak perlu jenis masakan yang susah-susah, yang penting bergizi dan murah.

Nah, sekarang kita coba hitung yuk, apakah benar dengan memasak sendiri, Anda bisa jauh lebih menghemat pengeluaran:

Anggaplah saat ini Anda sudah menyisihkan budget untuk konsumsi 2 juta per bulan. Namun, budget tersebut biasanya Anda gunakan untuk makan di luar.

Dengan begitu, coba mulai kurangi budget tersebut menjadi Rp 1 juta per bulan dan mulai dengan kebiasaan memasak di rumah.

Setelah itu cobalah Anda bikin daftar pengeluaran, seperti:

– Beras satu bulan: Rp 65 ribu (5kg)

– Sayur dan lauk pauk satu bulan : Rp 500 ribu

Anda bisa memasak sederhana dengan menu seperti sayur sop, bayam, tempe, tahu, ayam dan lain sebagainya. Menu tersebut pun bisa buat 3 kali makan Anda.

Dengan begitu, sisa budget konsumsi Anda akan semakin banyak. Karena Anda hanya mengeluarkan Rp 565 ribu perbulannya dan sisa uang tersebut bisa Anda alokasikan di kebutuhan lainnya.


Nah, berikut tadi adalah penjelasan untuk Anda yang ingin berhemat di anggaran konsumsi.

Membeli makanan atau memasak sendiri memang menjadi keputusan Anda. Tetapi, jika ada yang lebih baik supaya finansial Anda semakin sehat, kenapa tidak?

Karena, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anggaran konsumsi yang masih berlebih pun bisa Anda sisihkan untuk kebutuhan lainnya. Seperti, untuk tabungan dana darurat maupun investasi.

Selamat mencoba.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.