Ini 5 Manfaat Investasi yang Akan Didapatkan Bila Rutin Berinvestasi – Investasi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh investor di mana uang yang dialokasikan diharapkan bisa bertumbuh menghasilkan keuntungan berupa peningkatan nilai sepanjang waktu lewat berbagai instrumen investasi pilihan.

Meski setiap instrumen investasi yang dipilih menawarkan cara kerja, risiko, dan keuntungan yang berbeda-beda, namun fundamentalnya tetap sama, yakni mengalokasikan uang dengan harapan uang tersebut bisa bertambah nilainya dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Cara Berinvestasi Sesuai Dengan Risk Tolerance

Selain itu, risiko juga menentukan keuntungan, meskipun investor akan sangat mungkin menciptakan portofolio investasi yang low risk, high return.

Dengan berinvestasi, investor akan mendapatkan penghasilan tambahan dari uang yang diinvestasikan. Jadi uang yang diinvestasikanlah yang akan bekerja untuk mereka dalam mendapatkan uang tambahan ketimbang sang investor sendiri yang harus bersusah payah mencarinya.

Baca Juga: Permudah Diversifikasi Portofolio Investasi Anda dengan 5 Langkah Penting Berikut

Selain itu, bila Anda rutin berinvestasi paling tidak sekali dalam sebulan, maka manfaat investasi berikut bisa Anda rasakan dari waktu ke waktu:

5 Manfaat Investasi yang Akan Didapatkan Bila Rutin Berinvestasi

manfaat investasi bila rutin berinvestasi - peer to peer lending - p2p lending - koinworks

1. Mampu Menghindari Inflasi

manfaat investasi mampu menekan inflasi

Bukan rahasia lagi bila investasi bisa membuat Anda menghindari tekanan inflasi yang tiap tahun terjadi. Dalam rangka membuat uang Anda bertumbuh sepanjang waktu, uang tersebut harus meraup tingkat suku bunga yang cukup setelah dipotong pajak yang tentunya lebih tinggi dari tingkat inflasi.

Baca Juga: Permudah Diversifikasi Portofolio Investasi Anda dengan 5 Langkah Penting Berikut

Sekarang ini rata-rata tingkat suku bunga tabungan terbilang rendah dan sulit. Jadi, sangat layak bagi Anda untuk mempertimbangkan investasi yang mampu menghindarkan Anda dari tekanan inflasi.

2. Mempersiapkan Biaya Pernikahan

tips mempersiapkan biaya pernikahan - cara mempersiapkan biaya pernikahan

Khusus bagi Anda yang saat ini masih lajang dan mulai berencana untuk mempersunting pasangan, Anda harus menyadari bahwa biaya pernikahan sekarang ini tidaklah murah. Ratusan juta harus digelontorkan di Hari H nanti.

Bila Anda menabung dari sekarang untuk 5 tahun ke depan, misalnya, Anda bisa saja kehilangan 15% nilai uang Anda dan malah membuatnya semakin sulit terkumpul.

Sebaliknya, dengan berinvestasi sedini mungkin dari sekarang Anda bisa memanfaatkan efek compounding demi mendorong nilai uang Anda ke depannya.

Baca Juga: Apa Itu Efek Compounding Dalam Investasi dan Seperti Apa Manfaatnya?

Uang Anda pun perlahan akan tumbuh, dan bila keuntungan yang didapat diinvestasikan kembali, Anda bisa membuat bunga keuntungan kembali menghasilkan bunga keuntungan sehingga keuntungan investasi Anda pun semakin meningkat.

Baca Selengkapnya: Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

3. Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Investasi

Meski mungkin masih lama bagi Anda, namun hal ini tidak boleh luput dari perencanaan finansial Anda dari sekarang. Apalagi, biaya pendidikan tidak pernah murah. Sekarang saja harganya sudah sangat mahal, bagaimana bila nanti di masa depan?

Maka dari itu, cobalah berinvestasi untuk membantu Anda mempersiapkan biaya pendidikan anak sedini mungkin dari sekarang. Perlahan tapi pasti bila Anda rutin berinvestasi, manfaat investasi akan sangat terasa dalam perjuangan Anda mempersiapkan biaya pernikahan anak di masa mendatang.

Baca Selengkapnya: Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Investasi

4. Mempersiapkan Dana Pensiun

mempersiapkan dana pensiun-koinworks

Kita tidak akan bisa bekerja seumur hidup. Tentu ada kalanya kita harus pensiun khususnya di usia yang dianggap sudah kurang produktif. Orang-orang banyak yang belum merencanakan pensiunnya hendak melakukan apa.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Tapi yang jelas, bila Anda sudah mempersiapkan dana pensiun dari awal, itu artinya Anda bisa menikmati hari tua tanpa adanya gangguan finansial, bukan?

Oleh karena itu, Anda masih memiliki banyak waktu untuk mulai berinvestasi dan memanfaatkan efek compounding dalam perjuangan Anda mempersiapkan dana pensiun.

Baca Selengkapnya: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

5. Mencapai Financial Freedom

tips mencapai financial freedom

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang bebas secara finansial, dalam artian, keadaan di mana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhannya untuk hidup tanpa harus aktif  bekerja sangat keras untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dasar seperti makan atau pun membeli pakaian.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

Bagi seseorang yang sudah mencapai financial freedom, aset yang mereka miliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya. Dengan financial freedom pula, seseorang bisa melakukan apapun yang ia kehendaki atau pun butuhkan dari segi keuangan.

Tidak ada orang yang tidak ingin mencapai financial freedom dari hidupnya. Salah satu hal yang mendekatkan Anda pada tahap hidup yang satu ini adalah dengan berinvestasi. Manfaat investasi ini sangat mungkin bisa Anda rasakan bila Anda rutin berinvestasi dari sekarang.

Baca Selengkapnya: 5 Tips Mencapai Financial Freedom

manfaat investasi bila rutin berinvestasi - peer to peer lending - p2p lending - koinworks

Jadi, kenapa tidak mulai berinvestasi sedini mungkin dari sekarang? Masih ragu dengan kehebatan investasi?

Anda bahkan bisa menghitung pertumbuhan uang Anda dari waktu ke waktu, terutama dengan adanya efek compounding, bila Anda rutin berinvestasi dari sekarang. Coba gunakan kalkulator berikut:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Dengan rutin berinvestasi, manfaat investasi itu sendiri akan sangat terasa dalam kehidupan finansial Anda. Jangan pernah meragukan kehebatannya dan jadikanlah investasi sebagai bagian dari rutinitas Anda.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Rajinlah mengalokasikan uang Anda untuk diinvestasikan karena investasi mampu memberikan keuntungan yang mungkin belum pernah Anda bayangkan. Selamat berinvestasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.