Ini 5 Manfaat Investasi yang Akan Didapatkan Bila Rutin Berinvestasi

manfaat investasi bila rutin berinvestasi - peer to peer lending - p2p lending - koinworks - mitos seputar investasi - menginvestasikan Rp10 juta

Ini 5 Manfaat Investasi yang Akan Didapatkan Bila Rutin Berinvestasi – Investasi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh investor di mana uang yang dialokasikan diharapkan bisa bertumbuh.

Dengan tujuan menghasilkan keuntungan berupa peningkatan nilai sepanjang waktu lewat berbagai instrumen investasi pilihan.

Meski setiap instrumen investasi yang dipilih menawarkan cara kerja, risiko, dan keuntungan yang berbeda-beda, namun fundamentalnya tetap sama, yakni mengalokasikan uang dengan harapan uang tersebut bisa bertambah nilainya dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Cara Berinvestasi Sesuai Dengan Risk Tolerance

Selain itu, risiko juga menentukan keuntungan, meskipun investor akan sangat mungkin menciptakan portofolio investasi yang low risk, high return.

Dengan berinvestasi, investor akan mendapatkan penghasilan tambahan dari uang yang diinvestasikan. Jadi uang yang diinvestasikanlah yang akan bekerja untuk mereka dalam mendapatkan uang tambahan ketimbang sang investor sendiri yang harus bersusah payah mencarinya.

Selain itu, bila Anda rutin berinvestasi paling tidak sekali dalam sebulan, maka manfaat investasi berikut bisa Anda rasakan dari waktu ke waktu.


Ini 5 Manfaat Investasi yang Akan Didapatkan Bila Rutin Berinvestasi

Mampu Menghindari Inflasi

manfaat investasi mampu menekan inflasi

Bukan rahasia lagi bila investasi bisa membuat Anda menghindari tekanan inflasi yang tiap tahun terjadi.

Dalam rangka membuat uang Anda bertumbuh sepanjang waktu, uang tersebut harus meraup tingkat suku bunga yang cukup setelah dipotong pajak yang tentunya lebih tinggi dari tingkat inflasi.

Baca Juga: Permudah Diversifikasi Portofolio Investasi Anda dengan 5 Langkah Penting Berikut

Sekarang ini rata-rata tingkat suku bunga tabungan terbilang rendah dan sulit. Jadi, sangat layak bagi Anda untuk mempertimbangkan investasi yang mampu menghindarkan Anda dari tekanan inflasi.


Mempersiapkan Biaya Pernikahan

tips mempersiapkan biaya pernikahan - cara mempersiapkan biaya pernikahan

Khusus bagi Anda yang saat ini masih lajang dan mulai berencana untuk mempersunting pasangan, Anda harus menyadari bahwa biaya pernikahan sekarang ini tidaklah murah. Ratusan juta harus digelontorkan di hari H nanti.

Bila Anda menabung dari sekarang untuk 5 tahun ke depan, misalnya, Anda bisa saja kehilangan 15% nilai uang Anda dan malah membuatnya semakin sulit terkumpul.

Sebaliknya, dengan berinvestasi sedini mungkin dari sekarang Anda bisa memanfaatkan efek compounding demi mendorong nilai uang Anda ke depannya.

Uang Anda pun perlahan akan tumbuh, dan bila keuntungan yang didapat diinvestasikan kembali, Anda bisa membuat bunga keuntungan kembali menghasilkan bunga keuntungan sehingga keuntungan investasi Anda pun semakin meningkat.


Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Investasi

Meski mungkin masih lama bagi Anda, namun hal ini tidak boleh luput dari perencanaan finansial Anda dari sekarang. Apalagi, biaya pendidikan tidak pernah murah. Sekarang saja harganya sudah sangat mahal, bagaimana bila nanti di masa depan?

Maka dari itu, cobalah berinvestasi untuk membantu Anda mempersiapkan biaya pendidikan anak sedini mungkin dari sekarang.

Perlahan tapi pasti bila Anda rutin berinvestasi, manfaat investasi akan sangat terasa dalam perjuangan Anda mempersiapkan biaya pernikahan anak di masa mendatang.


Mempersiapkan Dana Pensiun

mempersiapkan dana pensiun-koinworks

Kita tidak akan bisa bekerja seumur hidup. Tentu ada kalanya kita harus pensiun khususnya di usia yang dianggap sudah kurang produktif. Orang-orang banyak yang belum merencanakan pensiunnya hendak melakukan apa.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Tapi yang jelas, bila Anda sudah mempersiapkan dana pensiun dari awal, itu artinya Anda bisa menikmati hari tua tanpa adanya gangguan finansial, bukan?

Oleh karena itu, Anda masih memiliki banyak waktu untuk mulai mendanai dan memanfaatkan efek compounding dalam perjuangan Anda mempersiapkan dana pensiun.


Mencapai Financial Freedom

tips mencapai financial freedom

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang bebas secara finansial, dalam artian, keadaan di mana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhannya untuk hidup tanpa harus aktif bekerja sangat keras untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dasar seperti makan atau pun membeli pakaian.

Baca juga: 5 Tips Mencapai Financial Freedom

Bagi seseorang yang sudah mencapai financial freedom, aset yang mereka miliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya.

Dengan financial freedom pula, seseorang bisa melakukan apapun yang ia kehendaki atau pun butuhkan dari segi keuangan.

Tidak ada orang yang tidak ingin mencapai financial freedom dari hidupnya. Salah satu hal yang mendekatkan Anda pada tahap hidup yang satu ini adalah dengan berinvestasi.

Manfaat investasi ini sangat mungkin bisa Anda rasakan bila Anda rutin berinvestasi dari sekarang.


Jadi, kenapa tidak mulai mendanai sedini mungkin dari sekarang? Masih ragu dengan kehebatan investasi?

Anda bahkan bisa menghitung pertumbuhan uang Anda dari waktu ke waktu, terutama dengan adanya efek compounding, bila Anda rutin berinvestasi dari sekarang.

Dengan rutin berinvestasi, manfaat investasi itu sendiri akan sangat terasa dalam kehidupan finansial Anda.

Seperti KoinWorks yang mampu memberikan #PengaruhBaik bagi Anda dan segala kebutuhan finansial Anda. Bahkan tidak hanya menerima, Anda juga dapat memberi #PengaruhBaik bagi para pemilik UKM di seluruh Indonesia.

KoinWorks merupakan perusahaan fintech peer-to-peer lending yang terjamin aman karena sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keuntungan lainnya, Anda akan mendapat imbal hasil sebesar 21.32% per tahunnya dengan dana proteksi hingga 100% (tergantung grade) untuk meng-cover bila terjadi gagal bayar.

Jangan pernah meragukan kehebatan investasi dan jadikanlah investasi sebagai bagian dari rutinitas Anda.

Rajinlah mengalokasikan uang Anda untuk diinvestasikan karena investasi mampu memberikan keuntungan yang mungkin belum pernah Anda bayangkan.

Selamat berinvestasi!


Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.