Masih Belum Berinvestasi? Ini 3 Manfaat Investasi yang Anda Lewatkan – Kita sering disarankan untuk mulai berinvestasi sedini mungkin. Pentingnya berinvestasi bukan serta-merta untuk kebutuhan sekarang namun juga untuk kebutuhan di masa mendatang. Investasi mengandung terlalu banyak manfaat untuk keuangan, terlebih lagi untuk keuangan jangka panjang.

Baca Juga: Investasi Jangka Pendek Apa yang Cocok Untuk Anda?

Bagi Anda yang sudah mulai terpikir untuk mempersiapkan keuangan dari sekarang untuk berbagai kebutuhan mendatang seperti mempersiapkan biaya pernikahan, mempersiapkan biaya pendidikan anak hingga mempersiapkan dana pensiun, maka investasi tidak boleh Anda lewatkan.

Bila Anda melewatkan investasi dari sekarang berarti Anda melewatkan banyak hal yang menguntungkan. Beberapa di antaranya adalah 3 hal penting berikut yang Anda lewatkan apabila tidak berinvestasi dari sekarang:

3 Manfaat Investasi yang Terlewat Bila Anda Tidak Berinvestasi

1. Kesempatan Untuk Menambah Nilai Uang

bunga investasi di koinworks tinggi

Salah manfaat investasi yang Anda lewatkan bila tidak berinvestasi adalah melewatkan kesempatan untuk membuat nilai uang Anda bertambah. Ya, berinvestasi mampu menambah nilai uang yang ada sekarang ini.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Menciptakan Portofolio Investasi yang Low-Risk, High Return?

Sebaliknya, bila uang yang Anda punya saat ini hanya didiamkan dalam tabungan, maka nilai uang Anda akan terus tergerus seturut waktu karena adanya inflasi maupun biaya administrasi yang dikenakan.

Bila Anda berinvestasi, Anda berkesempatan untuk menjadikan uang Anda lebih bermanfaat sekaligus menguntungkan dalam jangka panjang. Apalagi bila Anda rutin berinvestasi, paling tidak sebulan sekali. Maka dari sekarang, sisihkanlah pendapatan bulanan Anda khusus untuk diinvestasikan.

2. Manfaat Signifikan dari Efek Compounding

Apa Itu Efek Compounding Dalam Investasi

Lagi, kita sering disarankan untuk berinvestasi sedini mungkin bukan hanya agar menambah nilai uang dalam jangka panjang, tetapi memaksimalkan keuntungan dengan memanfaatkan efek compounding.

Baca Juga: Permudah Diversifikasi Portofolio Investasi Anda dengan 5 Langkah Penting Berikut

Belum tahu apa itu efek compounding? Sederhananya, efek compounding bisa dikatakan sebagai bunga bergulung. Bila Anda berinvestasi dan mendapatkan pengembalian yang di dalamnya terdapat pokok berikut bunganya, dan apabila diinvestasikan kembali, maka bunga yang tadi Anda dapatkan kembali menghasilkan bunga.

Bagaimana efek compounding mampu mempengaruhi keuntungan investasi Anda? Buktikan sendiri dengan kalkulator di bawah ini:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Ketahui lebih lanjut mengenai efek compounding di artikel ini. Dengan berinvestasi sedini mungkin dari sekarang, itu artinya efek compounding akan semakin bermanfaat pada dana investasi Anda dan rencana keuangan Anda pun bisa lebih mudah tercapai.

3. Sumber Penghasilan yang Sangat Ampuh Nilainya

arus kas bisnis keuangan - investasi

Bila Anda tidak berinvestasi maka sama saja Anda melewatkan sumber penghasilan yang nilainya sangat signifikan terhadap keuangan di masa mendatang.

Terkait keuangan, kita selalu disarankan untuk menciptakan sumber penghasilan lain yang menjadi pendongkrak kehidupan finansial kita.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Investasi Itu Perlu Dilakukan Sekarang Juga

Bila Anda selama ini hanya mengandalkan penghasilan yang didapat dari gaji bulanan, misalnya, belum tentu semua kebutuhan Anda bisa tertutupi dengannya.

Apalagi, sudah pasti Anda tidak akan bekerja sebagai karyawan selamanya. Itulah pentingnya menciptakan sumber penghasilan baru yang mampu menjadi penopang segala kebutuhan finansial kita.

Baca Juga: Punya Duit Rp 100.000? Ini yang Bisa Dilakukan Agar Duit Anda Semakin Produktif

Investasi merupakan satu dari sekian banyak hal yang bisa kita ambil untuk menciptakan sumber penghasilan tambahan. Bila perlu, sandingkan juga dengan bisnis sampingan yang berpotensi menjadi passive income Anda.

Jadi, sampai pada tahap ini Anda pasti sudah memahami bagaimana pentingnya investasi dalam menunjang keuangan dan membantu mewujudkan rencana keuangan apabila dilakukan secara rutin.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

Anda sudah memahami apa saja keuntungan yang Anda lewatkan apabila Anda tidak berinvestasi, kenapa Anda harus melewatkannya?

Mulailah Berinvestasi!

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 7

Mulailah berinvestasi sekarang demi keuangan yang lebih baik untuk masa mendatang. Anda bisa memilih beragam jenis investasi yang populer di Indonesia dengan nominal yang kecil terlebih dahulu sembari memahami fundamentalnya.

Atau Anda bisa mencoba berinvestasi di KoinWorks yang bisa dimulai dengan nominal Rp 100.000. Bila Anda rajin berinvestasi paling tidak sebulan sekali, yakinlah bahwa rencana keuangan Anda bisa lebih mudah dan cepat terpenuhi.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.