5 Manfaat Terbebas dari Utang yang Bikin Kondisi Finansial Anda Membaik – Beban utang yang harus dibayarkan setiap bulan tidak hanya mengganggu kondisi finansial keluarga saja, tetapi juga akan sangat berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang.

Stres dan depresi sangat mudah menghampiri orang-orang yang terlilit utang. Dikarenakan oleh akibat inilah berutang menjadi hal yang perlu Anda singkirkan mulai saat ini.

Untuk memotivasi Anda keluar dan terbebas dari utang, pada pembahasan kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan beberapa manfaat yang akan didapatkan saat terbebas dari utang.

Apa saja? Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

5 Manfaat Terbebas dari Utang yang Bikin Kondisi Finansial Anda Membaik

1Anda Bisa Terhindar Dari Bunga

pinjaman bunga rendah
Freepik

Tahukah Anda bahwa rata-rata bunga kartu kredit mencapai 2 – 3% dalam sebulan dan artinya jika diakumulasikan dalam setahun beban bunga yang harus Anda bayarkan mencapai 24 -36%.

Anda yang tidak bisa mengendalikan hasrat belanja dan mudah tergiur dengan berbagai tawaran akan sangat mudah terjerat dengan sistem bunga berbunga seperti ini.

Baca juga: 7 Teknik Boros yang Ternyata Lebih Ampuh Menghemat Uang, Kok Bisa?

Hal yang tidak Anda sadari adalah beban utang akan terus menumpuk di kemudian hari, begitu juga dengan beban bunga yang juga terus meningkat.

Dengan terbebas dari utang, maka hal di atas bisa Anda cegah dan hindari untuk terjadi. Jangan mau terjebak pada gaya hidup berutang yang akan menguras anggaran Anda di masa depan.


2Bisa Menghemat Lebih Banyak

Siapa bilang kalau punya gaji UMR tidak bisa nabung dan investasi - Tips Hemat Selama Bulan Ramadhan - Tips Menabung Untuk Anak Muda

Dengan terhapusnya beban utang yang harus Anda bayarkan setiap bulan, artinya akan ada lebih banyak dana yang bisa disimpan. Anda juga memiliki lebih banyak pilihan yang bisa dilakukan dari adanya penghematan tersebut.

Anda memiliki kesempatan untuk menabung untuk dana darurat dan juga untuk berinvestasi. Salah satu jenis investasi yang sangat kami sarankan adalah KoinWorks. Melalui KoinWorks, Anda bisa memulai investasi dengan modal uang yang sangat rendah yaitu minimal Rp100.000 saja.

Dengan modal yang rendah diharapkan semua lapisan masyarakat di Indonesia tertarik untuk berinvestasi dan menyisihkan sebagian pendapatannya untuk masa depan.

Hal yang tidak kalah menarik adalah tingkat imbal hasil investasi yang sangat kompetitif mulai dari 18% dalam setahun. Dengan demikina, Anda bisa membuat kondisi finansial Anda membaik.


3Memiliki Kesempatan Untuk Meningkatkan Nilai Kekayaan

[INFOGRAFIK] 6 Cara Cepat Jadi Miliarder - investasi untuk freelancer

Bebas utang membuat Anda memiliki kesempatan untuk menyimpan lebih banyak uang setiap bulannya. Uang tersebut bisa Anda alokasikan ke berbagai instrumen investasi yang mampu terus bertumbuh di masa depan.

Investasi yang Anda lakukan ke berbagai instrumen inilah yang nantinya akan membawa hasil berupa peningkatan nilai kekayaan di masa depan. Ya, ternyata, membuat kondisi finansial Anda membaik tidak sesulit yang dipikirkan, ya.


4Membuka Kesempatan Untuk Mengubah Gaya Hidup

5 Manfaat Terbebas dari Utang - 5 Cara Menghentikan Kebiasaan Berbelanja Secara Impulsif

Harus diakui bahwa utang jangka panjang akan sangat membatasi pilihan yang bisa Anda ambil dalam hidup.

Anda tidak bisa membawa keluarga untuk berjalan-jalan, kesulitan untuk mencari sarana pendidikan anak, sulitnya mendapatkan akses ke sarana kesehatan, dan berbagai kesulitan yang lainnya.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Agar Generasi Millennial Berhasil Mengelola Gaji Bulanan

Saat terbebas dari utang, Anda tidak perlu lagi dibebani dengan berbagai pembayaran bulanan dan beban bunga yang ada.

Anda bisa mengalihkan fokus pengeluaran ke berbagai hal lain yang bermanfaat untuk masa depan keluarga. Mulai dari mempersiapkan dana pendidikan anak, mempersiapkan DP rumah, menganggarkan biaya liburan, dan lain sebagainya.


5Mengurangi Rasa Khawatir dan Terbebas dari Stres

akibat-kartu kredit-utang

Orang yang berutang akan sangat terbebani dengan beban bunga, biaya keterlambatan, resiko agunan yang hilang, perasaan malu, dan lain sebagainya.

Beban pikiran dan perasaan khawatir inilah yang membuat banyak orang yang berutang sangat rentan terkena stres dan depresi.

Stres dan depresi selanjutnya akan berpengaruh terhadap kualitas kehidupan dan hubungan Anda dengan keluarga. Dampak buruk  inilah yang membuat utang harus segera Anda hilangkan dari gaya hidup saat ini.

Jika saat ini Anda terjebak dengan beban utang yang membelit, maka mulai saat ini fokuskan diri Anda untuk berkomitmen menghapuskan utang yang ada. Lakukan hal ini secara perlahan dan konsisten sampai utang yang dimiliki lunas.

Apabila utang Anda sudah lunas, mulailah pikirkan untuk berinvestasi ke berbagai instrumen investasi yang tersedia.

Tujuannya adalah untuk mempersiapkan masa depan keuangan Anda dan keluarga menjadi lebih baik. Dengan berinvestasi, Anda bisa mulai mempersiapkan dana pendidikan untuk anak, biaya untuk liburan keluarga, dan yang lainnya.

Tidak perlu dengan modal besar untuk memulai investasi, saat ini Anda hanya perlu menyisihkan uang minimal Rp100.000 saja. KoinWorks menjadi salah satu platform yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi dengan modal yang rendah

Baca juga: 7 Pengeluaran Kecil yang Menguras Anggaran Bulanan, Lakukan Evaluasi Segera

Melalui KoinWorks, Anda juga bisa turut membantu pelaku UMKM untuk berkembang. Hal ini bisa terjadi karena KoinWorks akan mempertemukan Anda selaku pemberi pinjaman atau investor dengan para pelaku UMKM yang membutuhkan modal. Konsep inilah yang dinamakan dengan investasi peer to peer lending dan ditawarkan oleh KoinWorks.

Ya, 5 manfaat yang sudah kami sampaikan di atas bertujuan untuk memotivasi Anda terlepas dari jeratan utang yang membelit. Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.