Manfaat yang Bisa Didapat Dari Kredit Tanpa Agunan

·
2 menit
Sumber Modal yang Tepat Untuk Bisnis Kamu: Dana Pribadi atau Investor?- katering makanan sehat

Kredit Tanpa Agunan atau juga bisa kita sebut sebagai pinjaman pribadi tanpa agunan merupakan salah satu produk perbankan yang memberi fasilitas pinjaman tanpa mewajibkan debitur untuk mempersiapkan asset berharga sebagai jaminan. Dalam hal ini, nasabah atau debitur tidak diwajibkan untuk menyerahkan jaminan atau agunan ketika menginginkan kredit tersebut. Sebagai bahan pertimbangan yang digunakan oleh bank untuk memberikan atau menolak pinjaman kepada nasabah hanyalah riwayat kredit yang dimiliki oleh nasabah tersebut. Kredit atau pinjaman ini sangatlah fleksibel karena nasabah diijinkan untuk menggunakan dana yang mereka dapat untuk keperluan apapun, baik itu yang bersifat bisnis maupun konsumtif.

Secara garis besar, ada beberapa manfaat yang bisa didapat oleh nasabah dari pinjaman pribadi tanpa agunan, yaitu:

  • Sebagai Modal Usaha

Karena nasabah tidak diwajibkan untuk menyerahkan asset sebagai jaminan, maka banyak pengusaha, baik mikro maupun pengusaha besar yang memanfaatkan keberadaan kredit tanpa agunan untuk modal usaha. Banyak di antara mereka yang merupakan pengusaha baru yang berniat untuk membuka suatu usaha.

Satu hal yang menjadi syarat utama untuk bisa mendapatkan dana dari pinjaman KTA adalah menjaga kedisiplinan dalam membayar angsuran karena hal tersebut akan menjamin kepercayaan pihak bank sekaligus membantu apabila di masa depan akan mengajukan kredit lagi.

  • Membiayai Renovasi Rumah

Bukan hanya bisa digunakan untuk keperluan usaha atau bisnis, pinjaman pribadi tanpa agunan juga bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang berencana untuk merenovasi rumah. Dana yang didapat bisa dipakai untuk membeli berbagai perabot rumah tangga yang baru, membiayai proyek renovasi dan lain sebagainya.

Namun, meski kredit tanpa agunan bisa digunakan untuk keperluan semacam itu, ada baiknya Anda tetap memperhatikan besaran pinjaman karena hal tersebut sedikit banyak akan membebani keuangan Anda setiap bulan. Jadi, pastikan bahwa nominal kredit yang Anda ajukan memang mampu untuk Anda lunasi.

  • Digunakan Sebagai Dana Darurat

Ini juga merupakan salah satu kelebihan atau manfaat yang bisa Anda dapat dari kredit tanpa agunan. Berbeda dengan jenis pinjaman yang lain, kredit tanpa agunan membutuhkan proses verifikasi serta pencairan yang lebih cepat.

Beberapa bank bahkan dapat menyelesaikan semua proses hanya dalam hitungan jam, meski tidak sedikit pula yang harus menunggu hingga 3 sampai 5 hari kerja. Meski begitu, secara keseluruhan kredit tanpa agunan masih terbilang jauh lebih cepat sehingga sangat cocok apabila digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat darurat atau mendesak.

  • Liburan Hingga Membiayai Pendidikan

Jika Anda berniat untuk melakukan liburan namun terbentur masalah keterbatasan dana, maka pinjaman pribadi tanpa agunan adalah solusi yang paling tepat. Demikian pula dengan pendidikan. Kredit tanpa agunan memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk menggunakan dana yang mereka dapatkan untuk membayar biaya pendidikan. Hal ini tentunya sangat membantu karena berarti nasabah tidak perlu lagi repot mencari sumber dana alternatif yang lain.

  • Membiayai Pernikahan

Pernahkah terbayangkan berapa besar biaya menikah di Indonesia? Saking mahalnya biaya pernikahan, hingga banyak orang yang takut untuk menikah. Padahal, kredit tanpa agunan memberikan opsi pembiayaan yang mudah.

Meski menawarkan beragam manfaat dan sangat fleksibel, Anda sebagai calon nasabah sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu opsi untuk menggunakan keberadaan pinjaman pribadi tanpa agunan. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, yaitu karena produk kredit atau pinjaman ini pada umumnya memberikan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kredit yang lain yang mewajibkan nasabah untuk menyerahkan jaminan. Bunga tinggi tersebut sebagai bagian dari resiko yang harus ditanggung pihak bank jika suatu saat nanti ternyata nasabah gagal melunasi pinjaman yang mereka terima.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan kredit tanpa agunan, pastikan terlebih dahulu berapa besaran kredit yang akan Anda ambil kemudian hitung secara cermat berapa cicilan per bulan yang mesti Anda bayar. Pastikan bahwa besaran cicilan tidak lebih dari 30% dari pendapatan Anda setiap bulan agar nantinya tidak merepotkan Anda. Selain itu, ajukan kredit tanpa agunan ke bank yang memang memiliki reputasi baik.

Jonathan
Head of Marketing at KoinWorks
0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​