Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30? Mungkin! Ini yang Harus Dilakukan Mulai Sekarang – Anak muda zaman sekarang memiliki impian yang besar.

Impian tersebut bisa dengan mudah tercapai dengan banyaknya dukungan sumber daya yang apabila dimanfaatkan dengan baik akan sangat membantu mewujudkan setiap impian.

Baca Juga: Tips Keuangan Untuk Anak Millennial: Mempersiapkan Keuangan di Masa Depan

Salah satu impian terbesar yang dimiliki anak muda dewasa ini adalah mapan secara finansial, terutama sebelum memasuki umur 30-an tahun. Bukan tidak mungkin, bahkan sangat mungkin bila Anda dapat mulai mempersiapkannya dari sekarang.

Agar bisa mapan secara finansial sebelum berumur 30 tahun, strategi berikut bisa membantu Anda mempersiapkannya dari sekarang.

5 Hal yang Harus Dilakukan Sedari Muda Agar Bisa Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 Tahun

Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 - bebas secara finansial - financial freedom

1. Pelajari Skill Baru Setiap Kali Punya Kesempatan

Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 - mempelajari skill baru

Jangan cepat puas dengan keahlian yang miliki saat ini. Sebaliknya, eksplor skill lain yang berpotensi untuk menjadi kekuatan Anda dalam menghadapi persaingan di dunia pekerjaan yang tentu saja semakin ketat.

Bangun kapasitas diri dengan skill baru setiap kali punya kesempatan, apapun bentuknya asalkan bisa diterapkan di berbagai kondisi, karena skill tersebut nantinya bisa mengantarkan Anda pada kemapanan secara finansial.

Sedari muda Anda mempelajari hal-hal baru, semakin terampil Anda dalam jangka panjang apabila terus dilatih, tentu akan semakin ‘siap pakai’ Anda di setiap peluang. Jadi jangan ragu untuk berinvestasi pada diri sendiri bila tujuannya adalah untuk memantapkan potensi diri.

2. Cari dan Bangun Sumber Penghasilan Baru

uang - investasi - koinworks - agar uang tidak terbuang percuma

Bila Anda sudah memiliki skill dan pengalaman baru, Anda bisa menerapkannya untuk membangun sumber penghasilan baru.

Baca Juga: 5 Sumber Penghasilan Baru yang Potensial untuk Jangka Panjang

Bila sebelumnya Anda mempelajari pemrograman, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjual jasa programming kepada klien yang membutuhkan. Dari situlah Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji bulanan Anda.

Atau, Anda juga bisa memulai bisnis baru atau membeli bisnis franchise. Bila Anda membutuhkan modal tambahan, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman modal usaha di KoinWorks.

Baca Juga: 7 Strategi dan 10 Peluang Bisnis Franchise yang Wajib Anda Coba

Intinya, jangan pernah takut untuk mencari peluang baru yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Baca Juga: Gaji di Kantor Tidak Cukup? Pelajari 5 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Apalagi bila Anda mampu menciptakan passive income sedari muda yang terus berjalan dalam jangka panjang. Bukan tidak mungkin Anda bisa segera mapan secara finansial sebelum umur 30 tahun.

3. Utamakan Investasi Ketimbang Menabung

Cara Menggunakan Cross-Selling Dan Upselling Untuk Memaksimalkan Penjualan Online

Menabung itu memang bagus, namun sayang sekali bila Anda hanya menabung dan tidak memulai untuk berinvestasi sedini mungkin.

Menabung bisa menjadi jawaban untuk kebutuhan keuangan dalam waktu yang relatif pendek, namun untuk jangka panjang, menabung akan membuat nilai uang Anda terus tergerus oleh inflasi dan juga biaya administrasi.

Baca Juga: Biar Tidak Bingung, Apa Sebenarnya Pengaruh Peningkatan Inflasi Terhadap Uang Anda?

Sebaliknya, berinvestasi akan menambah nilai uang Anda dari waktu ke waktu dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi. Jangan ragu untuk mulai berinvestasi sekarang juga.

Justru apabila Anda berinvestasi sedari dini untuk jangka panjang, Anda bisa memanfaatkan efek compounding sehingga pertambahan nilai uang Anda pun bisa lebih signifikan.

Baca Juga: Supaya Bisa Investasi Sedari Muda, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Contoh kecilnya, coba hitung potensi pertambahan nilai uang Anda di masa depan dengan menggunakan kalkulator efek compounding berikut:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Future Value:
Bunga Keuntungan:

Pilihlah jenis investasi yang cocok dengan mental, kondisi keuangan, potensi keuntungan dan tingkat risk tolerance yang sesuai dengan karakter Anda. Baca artikel berikut untuk memudahkan Anda dalam memilih jenis investasi yang cocok.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Setelah memilih, mulailah menyisihkan sebagian porsi dari pendapatan bulanan Anda khusus untuk diinvestasikan, misalnya 10% dari pendapatan.

Bila Anda ingin belajar fundamental investasi dengan modal yang kecil, cobalah berinvestasi di P2P Lending KoinWorks.

Baca Juga: Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Mulai dari Rp 100.000 Anda sudah bisa menjadi investor sembari mempelajari seluk-beluk investasi dari segi fundamental, mitigasi risiko, dan perhitungan keuntungan.

4. Perbanyak Networking

Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 - networking - anak muda

Networking akan membantu Anda untuk mempelajari hal-hal baru dari orang-orang yang memang sudah ahli atau berpengalaman di bidangnya.

Baca Juga: Tips Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Kehidupan Sosial Anda

Networking yang baik akan membukakan peluang untuk hal-hal baru yang menguntungkan, baik itu dalam hal karir, bisnis, dan peluang lainnya yang pastinya akan membantu Anda untuk semakin dekat menjadi mapan secara finansial sebelum umur 30 tahun.

Seringlah menghadiri seminar atau event tertentu yang melibatkan orang-orang hebat di bidangnya. Jangan malu untuk memulai obrolan sembari mencuri pengetahuan dari mereka.

5. Berani Mengambil Risiko

berani mengambil risiko

Semuanya tujuan finansial Anda akan terganggu bila Anda masih takut mengambil risiko. Sebaliknya, beranilah mengambil beragam risiko mumpung Anda masih muda. Lakukan lebih banyak kesalahan karena dari situlah Anda bisa mendapatkan pelajaran dari pengalaman.

Baca Juga: Seperti Apa Sih Kebiasaan Kaum Millennial Dalam Mengatur Keuangan?

Seperti memulai bisnis, misalnya, ada saja risikonya. Risiko kegagalan yang ditunjukkan dengan kebangkrutan adalah sesuatu yang terus menghantui setiap orang ketika hendak memulai bisnis.

Namun, kita tidak akan pernah tahu apakah bisnis itu akan berhasil atau gagal bila kita tidak berani mengambil risiko.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan Anda? Begini Tipsnya

Sama halnya dengan berinvestasi. Kita tahu betul bahwa investasi akan memberikan keuntungan, namun karena tidak berani mengambil risiko kerugian, kita tidak akan pernah mencicipi keuntungan dari investasi.

Jadi selagi masih muda, agar semua peluang untuk menjadi mapan secara finansial sebelum umur 30 tahun, tetap terbuka dan bisa terus dimanfaatkan, jangan pernah untuk ragu mengambil risiko.

Baca Juga: Bermimpi Untuk Menjadi Miliarder? Ini 5 Kebiasaan yang Dilakukan Miliarder Supaya Cepat Kaya


Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, bukan tidak mungkin Anda mapan secara finansial sebelum umur 30 tahun. Yang pasti, jangan pernah ragu untuk mencoba hal-hal baru yang mampu memberikan dampak positif untuk keuangan Anda di masa depan.




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?