7 Tanda Anda Belum Matang Secara Finansial – Orang dewasa yang sudah bekerja dan menghasilkan uang sendiri belum tentu sudah memiliki kematangan secara finansial.

Ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari menunjukkan bahwa seseorang belum mampu mengelola keuangan mereka dengan baik.

Jika Anda menemukan 7 tanda ini di dalam diri sendiri, maka mulailah memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih matang secara finansial.

7 Kebiasaan yang Menunjukkan Bahwa Anda Belum Matang Secara Finansial

1Melakukan Pembelian Secara Impulsif

7 Kebiasaan yang Menunjukkan Bahwa Anda Belum Matang Secara Finansial - 5 Mitos Gaya Hidup Hemat yang Tidak Perlu Anda Percaya

Tanda pertama Anda belum matang secara finansial adalah Anda melakukan pembelian secara impulsif.

Artinya, Anda mudah dimanipulasi oleh berbagai trik pemasaran atau memiliki masalah dengan pengendalian diri. Apapun alasan yang mendasari tindakan ini mengisyaratkan bahwa Anda belum dewasa dalam hal finansial.


2Suka Meminjam dengan Keluarga dan Teman

pinjaman-kredit-serah terima-modal-usaha

Terus meminjam uang dari keluarga dan teman menunjukkan bahwa Anda tidak bisa membuat anggaran dengan benar, tidak mampu mengelola keuangan, dan tidak merencanakan masa depan.

Tanda ini juga mengindikasikan bahwa Anda belum matang secara finansial. Jangan sampai kebiasaan ini membuat Anda dijauhi oleh banyak orang karena mereka merasa dirugikan atas tindakan tersebut.


3Berlebihan dalam Menggunakan Kartu Kredit

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai (3) - kartu kredit - merdeka finansial

Akan selalu ada orang yang menghabiskan batas kredit di atas jumlah yang telah ditentukan.

Baca juga: Cek Dulu, Ini 5 Tanda Anda adalah Wanita yang Mandiri Secara Finansial

Konsekuensi atas tindakan yang dilakukan membuat Anda harus menanggung biaya keterlambatan dan merasa tertekan dengan keadaan keuangan yang terlilit utang setiap saat.

Mau sampai kapan, sih, Anda belum matang secara finansial?


4Suka Membayar Biaya Keterlambatan

meneliti investasi-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan-5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan-menabung- 5 Cara Cerdas Mengatur Finansial untuk Freelancer

Biaya keterlambatan adalah beban yang harus dibayarkan saat Anda tidak bisa memenuhi pembayaran tepat waktu.

Biaya keterlambatan termasuk beban dan menunjukkan bahwa hubungan Anda dalam mengelola uang masih sangat buruk. Belum lagi jika semua biaya keterlambatan tersebut akan memangkas anggaran Anda setiap bulannya.


5Membiarkan Orangtua Membayar Tagihan

Pebisnis pemula - memulai bisnis kuliner

Jika orang tua masih membayarkan cicilan kendaraan, membeli ponsel pintar, atau masih membayarkan sewa tempat tinggal untuk Anda, maka bisa dipastikan Anda masih bayi dalam hal finansial dan masih sangat bergantung dengan orang tua.

Mulailah berencana untuk membayar semua kebutuhan dengan cara Anda sendiri dan tidak perlu merepotkan orang tua.


6Menghindari Tagihan Sewa Rumah

Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

Jika belum memiliki rumah sendiri dan masih harus menyewa dengan orang lain, itu artinya Anda memiliki kewajiban untuk membayar tagihan sewa setiap bulan.

Jika Anda selalu menghindar saat harus membayar sewa, ini termasuk tanda bahwa kondisi keuangan Anda belum direncanakan dengan baik.

Baca juga: 7 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Belum Siap Membeli Rumah, Jangan Dipaksakan

Mulailah mencari cara untuk pindah ke tempat yang lebih murah atau mencari cara agar bisa meningkatkan penghasilan Anda.


7Tidak Menabung dan Berinvestasi

nabung-hemat-uang-irit-atur-budget

Tanda Anda belum matang secara finansial selanjuntnya adalah Anda bleum menabung dan berinvestasi.

Padahal, jika Anda tidak pernah menyisihkan uang di dalam rekening tabungan atau investasi, ini adalah tanda yang menunjukkan bahwa Anda tidak mengetahui apa yang bisa terjadi di masa depan.

Anda membutuhkan bantalan keuangan yang penting digunakan saat terjadi masalah seperti PHK, pengeluaran rumah tangga yang tidak terduga, dan kondisi yang darurat lainya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu berinvestasi agar bisa mempersiapkan kebutuhan di masa depan dengan lebih baik, misalnya saja untuk membeli rumah, dana pendidikan anak, dan biaya yang lainnya.

Jika Anda takut dengan resiko yang bisa saja terjadi atas investasi, maka mulailah dengan produk yang rendah resiko dan bisa dimulai dengan dana yang terbatas. Sebagai langkah awal, Anda bisa mencoba untuk mulai berinvestasi di KoinWorks.

Melalui KoinWorks, Anda bisa berinvestasi menggunakan dana yang sangat minim yaitu mulai dari Rp100.000 saja.

Meskipun dana investasi tersebut sangat terbatas, tetapi tingkat pengembalian yang akan didapatkan mencapai 21.32% per tahunnya. Imbal hasil tersebut berada di atas bunga tabungan dan juga deposito.

Baca juga: Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30? Mungkin! Ini yang Harus Dilakukan Mulai Sekarang

Anda juga tidak perlu khawatir dengan resiko investasi yang bisa terjadi di masa depan, KoinWorks telah menyediakan fasilitas berupa dana proteksi sampai dengan 100% tergantung dengan tingkat resiko yang bersedia diambil.

Masih ragu untuk mempersiapkan masa depan?

Segera mengevaluasi diri dan mengidentifikasi apakah Anda memiliki salah satu tanda yang telah dijelaskan di atas. 7 kebiasaan tersebut menunjukkan bahwa Anda belum memiliki kematangan secara finansial dan perlu diperbaiki.

Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.