4 Tips Memajukan Bisnis ala Film Black Panther – Sudahkah Anda menonton film Black Panther? Film ini mulai ditayangkan di gedung-gedung bioskop Indonesia sejak 14 Februari lalu.

Film yang disutradarai oleh Ryan Coogler ini bercerita soal Raja T’Challa yang kembali ke Wakanda setelah sang ayah, T’Chaka tewas. Sayang, kembalinya T’Challa ditentang sebuah kelompok.

Baca juga: 10 Buku untuk Pebisnis Online yang Perlu Anda Baca

Salah satunya ialah Erik Killmonger yang ingin merebut tahta T’Challa dan menguasai Wakanda. T’Challa alias Black Panther pun harus berjuang keras melawan musuh dan menyelamatkan rakyatnya.

Ya, siapa sangka, film Marvel ini rupanya tak hanya mengajarkan penontonnya soal filosofi dalam kehidupan. Bila diperhatikan, ada berbagai nilai yang bisa dipetik dan diaplikasikan ke bisnis Anda, seperti 4 hal berikut ini.

4 Tips Memajukan Bisnis ala Film Black Panther

1. Anda perlu berkomitmen dalam menjalankan tanggung jawab

merencanakan masa depan - merancang masa depan

Terlepas dari segala kondisi yang harus dihadapi setelah kematian sang ayah, T’Challa rela memimpin bangsanya di Kerajaan Wakanda supaya tidak terseret arus perang. Ia berkomitmen untuk menjalankan tanggung jawabnya sebagai Black Panther, juga sebagai raja.

Baca juga: Wajib Gabung! 3 Komunitas Pengusaha Pilihan Tempatnya Belajar Bisnis

Hal yang bisa dipelajari:

Ketika Anda menghadapi berbagai hal dalam bisnis, pastikan bahwa Anda tetap berfokus pada hal-hal utama yang lebih penting. Anda juga harus berkomitmen pada apa yang Anda gemari.

Dengan terus berfokus pada hal tersebut, Anda pasti bisa menjalani bisnis dengan lebih terarah.


2. Ubah kegagalan jadi kesuksesan

rahasia keuangan orang terkaya

Kegagalan adalah pengingat yang senantiasa menyadarkan Anda soal keberadaan Anda dan apa yang Anda miliki. T’Challa mewarisi takhta dari ayahnya, bukan dengan keadaan yang ia duga.

Baca juga: 7 Cara Memperkuat Branding Bisnis Anda pada Tahun 2018

Namun, ia tidak menjadikan kematian sang ayah sebagai alasan dirinya untuk memimpin Wakanda. ia sadar bahwa dirinya punya tanggung jawab yang harus ia bawa.

Hal yang bisa dipelajari:

Ada kalanya ketika bisnis tidak berjalan sesuai rencana dan profit yang Anda targetkan tidak dapat diraih. Manfaatkanlah kekurangan atau kondisi tak mengenakkan tersebut untuk belajar lebih soal bisnis.

Contoh, di tahun ketiga bisnis, Anda butuh pinjaman modal usaha. Awalnya, Anda segan meminjam, tapi ternyata lama-kelamaan, bisnis Anda malah makin tak dapat untung.

Baca juga: 5 Kesalahan Bisnis yang Harus Dihindari Para Pebisnis UKM

Guna mencegah kebangkrutan, Anda memutuskan untuk meminjam di platform investasi online P2P Lending, seperti KoinWorks yang sudah terdaftar dan diawasi OJK, karena menurut Anda, layanan ini menawarkan keamanan dan kenyamanan.

Belum lagi, layanan ini bisa memberikan pinjaman modal mulai dari Rp10 juta – Rp 2 miliar, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.


3. Jangan lupa orang-orang yang sudah membantu Anda memajukan bisnis

mengadakan webinar

Dalam Black Panther, dilukiskan bahwa Wakanda adalah salah satu bangsa dengan teknologi canggih di dunia. Masyarakat membangun Wakanda secara mandiri tanpa bantuan sumber daya dari luar.

Mereka menjaga sumber daya mereka yang berharga, yang bernama vibranium. T’Challa berkomitmen untuk memastikan bahwa nilai-nilai yang ia dapatkan semasa kecil tetap sama ketika ia dewasa.

Baca juga: 7 Langkah Menguasai Teknik Persuasi terhadap Konsumen dan Investor

Ia tahu betapa penting apa yang sudah dikerjakan sang ayah, juga rakyatnya yang sudah bekerja keras demi menjaga sumber daya di sana.

Hal yang bisa dipelajari:

Jika Anda sudah sukses saat ini, jangan pernah jadi kacang yang lupa kulit. Ingatlah selalu akan orang-orang yang sudah membawa Anda ke level ini. Bagaimana Anda bekerja keras demi mendapatkan kenyamanan saat ini.

Baca juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Jangan lupa, berterima kasihlah kepada mereka yang sudah bekerja bersama Anda selama ini. Pelanggan, karyawan, relasi, produk yang Anda jual, semuanya adalah alasan mengapa Anda memulai bisnis.


4. Jangan takut melewati batas zona nyaman

Masalah Keuangan Profesional Muda

Menghadapi berbagai tantangan setiap harinya akan mendorong Anda untuk keluar dari zona nyaman.

Seperti T’Challa, di satu sisi ia adalah seorang raja yang harus mengakhiri negaranya dari pengasingan panjang. Kemudian pada sisi yang bersebelahan, ia adalah Black Panther, seorang pahlawan berkekuatan super dengan tugasnya yang lain.

Baca juga: 7 Ilmu Marketing yang Dapat Anda Pelajari Dari Apple

Hal yang bisa dipelajari:

Akan ada saat di mana sesuatu yang janggal membuat Anda takut. Namun, jika Anda tidak mengambil risiko tersebut, mencoba menghadapinya, dan keluar dari zona nyaman, Anda tidak akan tahu seberapa kapabilitas Anda dalam menjalankan bisnis.


Sumber gambar: www.eventbrite.com

Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.