3 Insting Manusia yang Ternyata Bisa Membahayakan Investasi Mereka – Sampai saat ini manusia masih memiliki insting yang dibawa sejak nenek moyang mereka untuk bertahan hidup.

Insting tersebut didapatkan secara naluriah agar mereka terbebas dari apapun yang mengancam keselamatan diri sendiri dan keluarga.

Baca Juga: 4 Tipe Pengguna Kartu Kredit Berdasarkan Cara Menghabiskan Uang

Permasalahannya adalah ada beberapa insting bertahan hidup yang ternyata bisa mengurangi hasil investasi, jika Anda terapkan mentah-mentah.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.


3 Insting Manusia yang Ternyata Bisa Membahayakan Investasi Mereka

1Segera Melakukan Konsumsi

Segera memakan sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Jika ditunda, maka makanan tersebut akan rusak dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Sekarang naluri bertahan hidup seperti ini masih diterapkan oleh manusia. Dimana banyak manusia yang hanya berfokus pada kelangsungan hidup jangka pendek dan menghabiskan banyak uang di saat sekarang.

Baca Juga: Terapkan 5 Cara Berikut untuk Mengelola Keuangan dengan Mudah

Akibatnya mereka tidak memiliki banyak uang untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Oleh karena itu, Anda harus meninggalkan kebiasan ini dan mulai menabung serta berinvestasi untuk kebutuhan di masa depan.

Langkah penting yang perlu Anda lakukan adalah mengkonsumsi lebih sedikit daripada yang bisa dihasilkan dan menyisihkan sebagian uang untuk masa depan.


2Mendukung Suara Mayoritas

bisnis-sukses-tips-bersama temann-

Manusia yang hidup secara sosial dan berkelompok menjadikan mereka bekerja sama dan berusaha untuk mendukung suara yang sama dengan kelompok mereka.

Naluri seperti ini menjadikan keputusan pribadi yang akan diambil akan dipengaruhi oleh suara kelompok yang mungkin saja bergerak ke arah yang berlawanan.

Baca Juga: 4 Jenis Pembelian yang Bisa Menurun dengan Cepat

Naluri seperti di atas sebenarnya cocok diterapkan saat Anda ingin memilih restoran terbaik berdasarkan ulasan pengguna sebelumnya, memesan kamar hotel berdasarkan rekomendasi, dan lain sebagainya.

Masalahnya adalah proses pemikiran seperti di atas akan sangat mempengaruhi hasil investasi di kemudian hari.

Sehingga Anda lebih memilih produk investasi berdasarkan kinerja di masa lalu dan segera menjual portofolio investasi saat semua orang menjualnya.

Sebagai seorang investasi yang cerdas, Anda harus bisa mengetahui kapan perlu mengabaikan kerumunan orang dan membuat keputusan berdasarkan pendekatan investasi yang Anda miliki.


3Tidak Mau Mengambil Risiko

Jangan takut risiko berkomunikasi di kantor

Menjadi orang yang pertama memasarkan produk atau teknologi memungkinkan Anda untuk mendapatkan kekayaan yang jauh lebih besar.

Contohnya saat Anda menjadi investor awal di perusahaan start up yang menjadi sangat sukses dan bisa memberikan hasil investasi yang tinggi karena harga sahamnya yang melambung tinggi.

Menghindai resiko sebenarnya sangatlah berbahaya dan jauh lebih beresiko.

Baca Juga: 5 Masalah Keuangan yang Perlu Diwaspadai Pengantin Baru

Contohnya saja saat Anda menyimpan semua uang yang dimiliki ke dalam rekening tabungan saja dan tidak mendapatkan imbal hasil yang cukup untuk mengalahkan laju inflasi.

Terlalu takut untuk berinvestasi membuat daya beli Anda akan menurun seiring dengan waktu.

Oleh karena itu, Anda harus mulai membiasakan diri berinvestasi dengan tujuan mengembangkan dana yang dimiliki.

Jika takut dengan resiko, Anda bisa mulai berinvestasi pada produk yang lebih aman. KoinWorks bisa menjadi pilihan portofolio investasi yang sangat menguntungkan karena mampu menawarkan imbal hasil lebih dari 21,32% per tahun.

Baca Juga: Gunakan Patokan Jangka Waktu Agar Bisa Berinvestasi Dengan Cerdas

Hal yang paling menarik dari KoinWorks adalah modal awal untuk mulai berinvestasi hanya sekitar Rp100.000.

Penjelasan di atas memaparkan bahwa tidak selamanya insting bertahan hidup manusia perlu dilakukan secara mentah-mentah.

Ada beberapa contoh yang menjelaskan bahwa insting bertahan hidup bisa merusak hasil investasi Anda di masa depan.

Kami berharap pembahasan di atas membuat para investor jauh lebih tangguh untuk mengambil keputusan dan berani untuk mengambil resiko untuk masa depan yang lebih baik.

Semoga bermanfaat!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 250.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.