5 Tips Membangun Brand Bisnis Anda Dengan Gratis Melalui Online – Saat ini sosial media memiliki hubungan yang sangat erat dengan masyarakat.

Menurut data yang diambil dari Kominfo, saat ini pengguna internet di media mencapai 63 juta orang, dimana 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses sosial media.

Baca Juga: Fenomena Fidget Spinner dan Teknik Viral Marketing

Bayangkan saja, dengan besarnya pengguna tentunya mampu memberikan pengaruh yang sangat luar biasa jika Anda berhasil membangun brand untuk bisnis Anda melalui sosial media.

Sesungguhnya, ada banyak alasan mengapa usaha kecil menengah membutuhkan kehadiran sosial media. Alasan paling praktisnya berkaitan dengan kredibilitas dan kemampuan untuk dapat lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

Hal ini dianggap sangat penting karena kebanyakan calon konsumen akan mencari tahu mengenai bisnis Anda melalui website maupun media sosial.

Baca Juga: 5 Hal yang Anda Wajib Tahu Dalam Mengembangkan Bisnis Online

Bahkan, terkadang jika bisnis Anda tidak memiliki akun sosial media dapat membuat pelanggan berpikir bahwa bisnis Anda bukanlah bisnis yang serius.

Kehadiran sosial media akan memudahkan calon konsumen untuk mencari tahu segala informasi tentang bisnis Anda. Dalam hal ini, pastikan informasi yang disertakan mampu menjelaskan secara detail dan menarik.

Perlu Anda ingat, bahwa segala informasi yang didapatkan oleh calon konsumen mampu mempengaruhi persepsi akan bisnis Anda.

Baca Juga: Ini Pentingnya Mengelola Arus Kas Bisnis Anda Dari Sekarang

Di sisi lain, Anda juga dapat mengetahui tipe-tipe audiens yang memang telah berkunjung ke akun Anda. Berapa usianya, bagaimana gaya hidup audiens, apa yang mereka cari dan butuhkan.

Semua hal itu dapat Anda dapatkan melalui analitikal yang dapat dilakukan melalui sosial meda. Dengan pertimbangan yang telah dijelaskan di atas, memiliki akun sosial media adalah suatu hal yang penting.

Menciptakan Kesuksesan

Pastikan akun sosial media yang Anda miliki tidaklah hanya menyiarkan informasi kepada calon konsumen. Melalui sosial media, Anda harus mampu mendengarkan kebutuhan audiens dan turut membangun hubungan dengan audiens secara dekat.

Dalam hal ini, beberapa cara mudah untuk menargetkan audiens adalah dengan memanfaatkan apa yang memang sudah populer, kemudian memberikan informasi dan saran yang disukai oleh para audiens.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengubah Engagement Konsumen Menjadi Purchasing Decision

Dikutip dari Business News Daily, berikut adalah 5 Tips Membangun Brand Bisnis Anda Dengan Gratis Melalui Online, khususnya melalui media sosial:

1. Cari Tahu Siapa Target Audiens Anda

Setiap jenis bisnis tentunya memiliki target audiensnya masing-masing.  Contohnya: jika Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang penjualan produk kecantikan, maka kemungkinan target audiens Anda adalah para wanita yang berusia 13-40 tahun.

Sedangkan, jika bisnis Anda bergerak di bidang penjualan gadget maka target audiens Anda adalah pria dan wanita berusia 17-40 tahun.

Baca Juga: Apa Itu Viral Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online Anda?

Cari tahu dengan jelas siapa target audiens Anda, karena target audiens yang berbeda akan membuat Anda memberi perlakukan yang berbeda pula.

2. Buatlah Konten yang Menarik, Bukan Hanya Sekedar Promosi

Brand yang memiliki konten sosial media yang menarik adalah orang-orang yang menyadari bahwa audiens yang ada di sosial media, bukan hanya untuk membeli barang.

Jangan hanya sekedar menyajikan konten berupa iklan produk atau jasa, akan tetapi berikan konten yang menarik minat audiens. Konten yang menarik biasanya berupa sesuatu yang dapat memberikan informasi maupun memberikan hiburan.

3. Temukan Keunikan dari Bisnis Anda

Memberikan konten yang bersifat informatif dan hiburan saja tidaklah cukup. Anda harus menemukan keunikan tersendiri yang dapat membedakan bisnis Anda dengan bisnis kompetitor sejenis yang ada.

Buatlah konten yang unik di mata audiens, konten-konten yang original dan tidak dapat ditemukan oleh audiens di tempat lain.

Baca Juga: Bagaimanakah Pinjaman P2P Lending Dapat Membuat UKM di Indonesia Lebih Berkembang

Keunikan yang Anda tawarkan melalui sosial media akan meninggalkan kesan tersendiri tentang brand bisnis Anda di mata audiens.

4. Selalu membuat konten yang relevan dengan cara melakukan penelitian terhadap trend yang ada

Anda dapat menciptakan banyak konten menarik dan unik yang original untuk pengembangan bisnis. Akan tetapi, pastikan konten yang diciptakan selalu relevan dengan trend yang beredar di saat itu.

Jangan hanya sekedar menciptakan sesuatu yang unik namun tidak relevan dengan trend yang ada di masyarakat. Untuk menemukan trend, tentunya Anda harus secara sering terus melakukan research.

Baca Juga: 3 Keadaan Dimana Pinjaman Bisnis Bisa Sangat Membantu Pebisnis Online

Hal ini dapat Anda lakukan dengan mencari hastag di sosial media, atau Anda juga dapat memanfaatkan Google Trends sebagai salah satu alat yang dapat membantu dalam mengamati tren.

5. Jangan Jadi Membosankan!

Hal terakhir dan terpenting dalam membuat konten yang menarik adalah dengan memastikan konten yang dibuat tidak bersifat membosankan. Jangan pernah menyuruh calon konsumen untuk melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Cross-Selling Dan Upselling Untuk Memaksimalkan Penjualan Online

Arahkan, dan gunakan pendekatan yang lembut dengan cara memberikan informasi-informasi yang mampu mempersuasif secara tidak langsung.

Contohnya: jika Anda ingin mengajak konsumen untuk membeli makanan organik yang Anda jual, maka Anda dapat membuat konten yang memberikan informasi fungsi dari makanan organik, apa gunanya bagi kesehatan, dan sebagainya. Konten-konten tersebut akan secara tidak langsung mempersuasi calon konsumen.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Bisnis Online Menjadi Lebih Digital di Era Teknologi

Nah, setelah Anda mampu mengembangkan brand bisnis maka Anda harus mulai bersiap untuk mendapatkan omset yang lebih besar dari biasanya. Pastikan bahwa Anda telah memiliki kesiapan dalam hal ini.

Perlu diingat juga bahwa peningkatan omset biasanya akan berakibat pada peningkatan modal yang diperlukan untuk membeli bahan baku.

Jika Anda membutuhkan modal usaha dalam hal ini, saat ini peer-to-peer lending dapat menjadi jawaban yang tepat untuk itu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

KoinWorks sebagai salah satu platform lending yang ada dan sudah terdaftar di OJK, mampu memberikan pinjaman dengan bunga hanya 0,75% – 1,67%. Pinjaman juga mampu mencapai hingga Rp 500 juta loh! Sangat memudahkan bukan?


Ajukan Pinjaman


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.