4 Langkah Membantu Pasangan Berhenti Boros, Yuk Bantu Si Dia! – Ada banyak sekali penelitian yang menemukan bahwa masih ada pasangan yang menyembunyikan pembelian, rekening perbankan, sampai kartu kredit mereka.

Hal yang menjadi permasalahan selanjutnya adalah ada juga pasangan dengan kebiasaan yang berlawanan. Satu orang suka menabung dan yang lain suka memboroskan uang.

Mungkin inilah saat yang tepat untuk mengubah kebiasaan pasangan. Berikut ini 4 langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengubah kebiasaan buruk pasangan.

4 Langkah Membantu Pasangan Berhenti Boros, Yuk Bantu Si Dia!

1Lakukan Diskusi Tentang Uang Secara Rutin

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah - Jawan 5 Pertanyaan Ini untuk Menilai Kecocokan dengan Pasangan

Anda dan pasangan harus terbuka dan berbicara tentang permasalahan keuangan rumah tangga. Sampaikan kepada pasangan bahwa kebiasaan menghabiskan uang yang ia lakukan akan memiliki konsekuensi di masa depan.

Cara seperti ini juga bermanfaat untuk menghindari perselisihan tentang uang di masa depan.


2Miliki Rekening Khusus untuk Belanja

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah 9 - 9 Tips Membicarakan Uang dengan Pasangan

Solusi selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat rekening terpisah untuk belanja dan bersenang-senang. Rekening tersebut bisa digunakan oleh pasangan Anda yang memiliki kebiasaan menghabiskan uang secara berlebihan.

Baca juga: 4 Jenis Orang Berdasarkan Cara Mengelola Anggaran Keuangan

Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah pasangan menggunakan uang untuk membayar tagihan bulanan, cicilan kendaraan, sampai untuk investasi.

Itu artinya saat uang di dalam rekening tersebut habis, pasangan harus mau menunggu sampai hari gajian selanjutnya untuk bisa menghabiskan lagi.


3Sisihkan Lebih Banyak untuk Investasi

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah 4 - aturan penting soal uang - 4 Diskusi tentang Keuangan yang Wajib Dilakukan Setiap Pasangan - 5 Alasan Penting Pendidikan Keuangan Adalah Investasi Terbaik

Anda juga bisa mengirimkan lebih banyak uang yang dihasilkan ke dalam rekening pensiun, tabungan, atau investasi.

Pasangan Anda tentu saja tidak akan sempat untuk memboroskan uang, jika sudah ada di dalam rekening terpisah.

KoinWorks bisa menjadi salah satu produk investasi untuk dipilih. Saat berinvestasi di KoinWorks, maka Anda berkesempatan untuk mendapatkan imbal hasil lebih dari 18% per tahun.

Menariknya lagi adalah modal awal untuk mulai berinvestasi bisa dilakukan dengan modal yang sangat terbatas yaitu Rp100.000 saja.


4Biarkan Pasangan Mengambil Kendali Selama 1 Bulan

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah-menikah tanpa bantuan orang tua

Ini adalah langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu dengan cara membiarkan pasangan membayar tagihan dan mengelola anggaran setidaknya selama 1 bulan.

Dengan cara seperti ini pasangan Anda akan mengetahui bahwa membuang-buang uang untuk pembelian yang tidak perlu adalah permasalahan.

Baca juga: 3 Insting Manusia yang Ternyata Bisa Membahayakan Investasi Mereka

Menerapkan 4 tips di atas sebenarnya cukup ampuh untuk mengatasi pasangan yang berlebihan saat menghabiskan uang.

Namun jika tidak berhasil juga, maka Anda bisa membawa pasangan untuk melakukan konseling dan berdiskusi dengan para ahli.

Berikan pengertian kepada pasangan Anda bahwa lebih baik berinvestasi dan mempersiapkan masa depan daripada hanya menghabiskan uang untuk keperluan saat ini saja.

Sampaikan kepada mereka bahwa kebutuhan di masa depan tidak akan bisa terpenuhi tanpa adanya persiapan dari sekarang.

Baca juga: 5 Sikap Konservatif yang Bisa Merugikan Keuangan di Masa Depan

Anda dan pasangan pasti menginginkan untuk memiliki rumah sendiri, membeli mobil, berlibur ke luar negeri, atau yang lain sebagainya. Mimpi tersebut tidak akan bisa tercapai jika semua penghasilan dihabiskan sekarang.

Ajak pasangan Anda untuk berinvestasi di KoinWorks yang bisa dimulai dengan modal Rp 100.000. Berinvestasi di KoinWorks juga lebih aman karena para investor akan mendapatkan fasilitas dana proteksi yang nilainya mencapai 100% tergantung tingkat resiko yang dipilih.

Semoga pembahasan di atas bermanfaat untuk Anda semua!

Kesimpulannya adalah mulailah dengan mengajak pasangan berdiskusi masalah keuangan secara rutin, memiliki rekening khusus untuk belanja, menempatkan lebih banyak dana ke dalam produk investasi, dan membiarkan mereka mengambil kendali selama 1 bulan.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.