3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Mahasiswa Saat Akan Membayar Biaya Pendidikan – Pendidikan di perguruan tinggi adalah salah satu bekal yang perlu Anda miliki untuk bersaing di dunia kerja saat ini.

Tanpa adanya pendidikan yang baik akan sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan memberikan gaji yang menarik. Hal inilah yang menjadi alasan banyak orang rela menghabiskan uang hanya untuk mengikuti pendidikan tinggi.

Baca Juga: 5 Cara Untuk Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan, Jadilah Pribadi Tangguh!

Hal yang menjadi masalah adalah banyak mahasiswa mengambil tindakan yang keliru saat akan membayar biaya pendidikan mereka. Apa saja kesalahan tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Mahasiswa Saat Akan Membayar Biaya Pendidikan

Tidak Berburu Beasiswa

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Mahasiswa Saat Akan Membayar Biaya Pendidikan

Jika Anda memiliki nilai yang bagus di kampus mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan.

Ada banyak sekali organisasi dan perusahaan yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi. Anda bisa menemukan peluang tersebut di kampus atau mencarinya secara manual di Google.

Baca Juga: 5 Langkah Untuk Meningkatkan Efektivitas Tenaga Penjualan

Dengan mendapatkan beasiswa, itu artinya biaya kebutuhan yang Anda perlukan di kampus akan tertutupi dan tidak perlu membebani orang tua lagi.


Tidak Mengelola Anggaran Keuangan Dengan Baik

3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sejak Dini - 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Mahasiswa Saat Akan Membayar Biaya Pendidikan

Kesalahan selanjutnya yang banyak dilakukan oleh para mahasiswa adalah boros dan tidak bisa mengelola anggaran dengan baik. Mengelola anggaran sangat diperlukan, khususnya bagi mahasiswa yang tinggal berjauhan dengan orang tua.

Baca Juga: 4 Kiat Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Pastikan Anda memenuhi berbagai kebutuhan yang penting terlebih dahulu, sebelum mendahulukan keinginan. Misalnya saja untuk membayar sewa rumah, membeli makanan, transportasi, buku kuliah, biaya mengerjakan tugas, dan lain sebagainya.

Hentikan berbagai kebiasaan yang bisa memboroskan keuangan Anda, misalnya saja berlibur terlalu sering dan membeli berbagai barang mewah yang bisa ditunda terlebih dahulu.


Terlalu Letih Bekerja

7 Alasan Mengapa Banyak Orang Gagal, Jadilah Seorang Pemenang! - 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Mahasiswa Saat Akan Membayar Biaya Pendidikan

Sebagai seorang mahasiswa, Anda memiliki kesempatan untuk bekerja paruh waktu di banyak tempat untuk mendapatkan uang tambahan. Bisa dengan menjadi ojek online, sopir paruh waktu, atau pelayan di restoran.

Hal yang menjadi kesalahan adalah banyak mahasiswa yang bekerja berlebihan dan akhirnya terlalu letih untuk mengikuti pelajaran di perkuliahan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengatasi Kesulitan Saat Berkomunikasi

Pekerjaan yang pada awalnya untuk memenuhi kebutuhan menjadi mengganggu pendidikan Anda.

Daripada Anda bekerja untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan atau membayar biaya pendidikan, gunakan cara alternatif yang jauh lebih memudahkan.

Saat ini biaya perkuliahan bisa ditanggung oleh pihak ketiga dengan cara mengambil pinjaman dana. Bukankah pinjaman memiliki bunga yang tinggi? Tidak semua pinjaman menawarkan suku bunga yang memberatkan.

Baca Juga: 5 Cara Produktif dalam Mengoptimalkan 24 Jam Sehari!

KoinPintar merupakan salah satu produk pinjaman dana khusus pendidikan yang menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan saja.

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan lebih lama sampai dengan 12 bulan ke depan. Itu artinya, Anda tidak perlu membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Sangat memudahkan sekali bukan?

Bagi Anda yang ingin mengikuti kursus atau pendidikan non-formal, KoinPintar juga memfasilitasi pinjaman dana untuk memudahkan Anda mengikuti pendidikan.

Hal ini dapat terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir membayar biaya pendidikan yang mahal.

Baca Juga: 5 Cara Mencapai Tujuan Terbesar dalam Hidup

Itulah 3 kesalahan umum yang sering dilakukan para mahasiwa saat mereka sedang mencari biaya untuk membayar perkuliahan. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang telah kami sampaikan di atas.

Segera temukan beasiswa dari berbagai institusi, jika Anda memiliki persayaratan dan prestasi yang baik di kampus.

Jangan lupa untuk mengelola anggaran dengan baik agar uang yang dimiliki tidak mudah habis untuk keinginan saja. Batasi waktu kerja paruh waktu agar tubuh tidak letih saat akan mengikuti perkuliahan.

Semoga pembahasan di atas memberikan manfaat untuk Anda!

 


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.