Semua dari Anda yang memiliki jiwa wirausaha, tentunya sudah tidak asing mendengar kata waralaba. Bisnis ini sudah menjamur dari tahun-tahun yang lalu dan hingga kini bahkan diprediksi sampai nanti akan terus laris manis. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh bisnis waralaba jika dibandingkan yang lain. Tentu, walau disini disajikan kelebihan waralaba, ada baiknya Anda juga mencari lebih jauh informasi tentang kekurangan bisnis waralaba. Tapi, jika Anda ingin memulai bisnis secara instant, memang perlu melihat kelebihan-kelebihannya.

Kelebihan Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba bisa berupa makanan dan minuman. Ada banyak jenis waralaba yang bisa dipilih. Anda bisa menemukan salah satunya yang sesuai dengan passion Anda. Perhatikan beberapa keuntungan dari bisnis ini seperti yang tertera dibawah.

Cepat punya usaha

Tidak semua orang yang memiliki jiwa usaha mau memulai proses dari yang paling dasar. Memang, proses dari nol itu penting tapi memulai benar-benar dari nol tentunya membutuhkan waktu yang sangat lama. Bisnis waralaba, memberikan peluang untuk bisa memiliki bisnis secara cepat. Anda hanya perlu untuk datang ke kantor dimana jenis merek waralaba yang Anda inginkan untuk dibeli atau kerjasama. Setelah itu, Anda bayar fee atau biaya franchise-nya dan Anda sudah punya bisnis yang bisa Anda mulai besok.

Modal kecil

Modal memang menjadi masalah utama dari mereka yang sudah memiliki jiwa usaha namun terpaksa harus berhenti atau mengurungkan mimpinya menjadi pengusaha lantaran kendala biaya. Bisnis waralaba menawarkan harga yang lebih murah. Bahkan, ada juga jenis waralaba yang harganya tidak lebih dari Rp 3 juta. Dengan harga sebesar itu, Anda sudah memiliki semua peralatan dan perlengkapan untuk memulai usaha. Well, tergantung dari jenis waralaba yang Anda inginkan tapi pada umumnya lebih murah daripada memulai sendiri.

Sudah terkenal

Hal menarik lain yang akan membuat Anda berpikir untuk berbisnis model waralaba adalah karena brand atau merek dari bisnis waralaba yang sudah terkenal. Tentu, Anda tidak perlu repot-repot pasang iklan dimana-mana. Sudah banyak orang yang mengenal bisnis waralaba tertentu bahkan tidak hanya di perkotaan saja tetapi juga di perkampungan. Ketika orang sudah mengenali nama atau merek waralaba yang Anda beli, maka mereka tidak akan sungkan untuk membeli bisnis Anda. Ini tentu lebih menguntungkan.

Pilihan tepat untuk bisnis pemula

Untuk bisnis pemula, memang waralaba adalah pilihan tepat. Pasalnya, Anda, sebagai pebisnis tidak akan sendirian untuk memulai bisnis tersebut. Anda sudah dimodali dengan semua peralatan dan perlengkapan. Training pun, jika ada akan bisa dengan mudah dilakukan dan diimplementasikan. Oleh sebab itu, tidak akan menjadi masalah ketika Anda tidak memiliki pengalaman yang cukup luas terhadap bisnis tersebut. Ini tentu akan memudahkan Anda untuk memulai bisnis.

Tidak perlu iklan, pasar banyak

Salah satu cara untuk mendapatkan banyak pelanggan adalah dengan iklan. Namun, iklan ternyata membutuhkan biaya lebih. Bahkan untuk jenis iklan sederhana seperti menyebar brosur, akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bisnis waralaba, umumnya akan diiklankan oleh pemilik tunggal atau asli dari merek bisnis waralaba tersebut. Sehingga, Anda tidak perlu mengiklankan produk Anda. Biarlah si pemilik waralaba yang mengiklankan. Selain itu, jika sudah menjamur, tanpa iklanpun nama dari merek waralaba tersebut akan tersebar dengan mudah seiring banyaknya pengusaha franchise dari nama mereknya.

Keuntungan maksimal

Memang ini tergantung dari sistem dan prosedur waralaba yang Anda ikuti. Ada jenis waralaba yang akan memberikan keuntungan besar namun dipatok untuk disetorkan ke pusat waralaba dan staff dari waralaba tersebut akan ikut mengontrol dan memantau bisnis Anda. Sehingga, Anda tidak akan terlihat seperti seorang bos. Ada juga waralaba yang semuanya tergantung dari jerih payah Anda sendiri. Maksudnya, keuntungan dan kerugian akan ditanggung Anda sepenuhnya. Jadi, tanpa potongan apapun.

Masih banyak alasan-alasan lain yang akan membuat Anda tertarik dengan bisnis waralaba dari mulai tampilannya, manajemennya dan lain-lain. Jika Anda perhatikan kelebihan-kelebihan ini dan dibandingkan dengan bisnis lain, tentu Anda akan tertarik untuk mencoba peruntungan di bisnis waralaba ini. Jadi, membeli waralaba adalah cara cepat untuk bisa memiliki dan memulai usaha.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.