5 Cara Membiasakan Diri untuk Berinvestasi – Bila saat ini Anda sudah memiliki tabungan, bebas dari hutang, dan memiliki kondisi keuangan yang baik, maka sudah saatnya Anda mulai berinvestasi.

Meskipun Anda masih pemula soal berinvestasi dan masih ragu untuk memulai karena risikonya, penting diingat bahwa memulai berinvestasi lebih awal atau dari sekarang akan:

– Membentuk pemahaman dan kemampuan Anda dalam memilih instrumen investasi yang tepat, risiko, dan cara kerjanya.

– Mendapatkan keuntungan dari compounding effect karena memiliki waktu yang cukup.

Yang perlu Anda miliki saat ini untuk memulai sebenarnya adalah kesiapan dan tahu betul tujuan Anda untuk berinvestasi, bagaimana manfaatnya, hingga bagaimana cara yang tepat untuk memulainya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Mulai Berinvestasi Sekarang

Sebisa mungkin, cari tahu berapa nominal yang bisa Anda sisihkan untuk kemudian diinvestasikan, baik dalam seminggu, sebulan, atau bahkan setahun.

Intinya, begitu Anda memiliki uang yang menganggur, mana yang Anda pilih; membelanjakannya untuk bersenang-senang atau menginvestasikannya?

5 Cara Membiasakan Diri untuk Berinvestasi

1. Pahami Tujuan dan Manfaat Investasi Bagi Kondisi Finansial Anda

Investasi memiliki manfaat dan risiko bagi kondisi finansial Anda. Oleh karena itu, pertama-tama sebelum memulai, pahami terlebih dahulu bagaimana investasi akan mempengaruhi kondisi keuangan Anda.

Apa tujuan Anda untuk berinvestasi? Bila Anda sudah mempertimbangkannya, Anda kemudian harus memahami dampak investasi bagi kondisi finansial Anda.

Baca Juga: 4 Langkah Mewujudkan Impian dengan Berinvestasi

Misalnya begini, Anda saat ini memiliki dana yang menganggur, atau, dana sisa dari pendapatan setelah memenuhi segala kebutuhan.

Anda bisa saja mengumpulkannya sebagai dana darurat, atau menabung untuk membeli/menciptakan aset baru, atau justru diinvestasikan agar nilainya bertambah seturut waktu.

Pahami kondisi finansial Anda saat ini, apakah sudah memungkinkan untuk mulai berinvestasi? Karena apabila dana yang tersedia diinvestasikan, Anda tidak bisa langsung menariknya, menggunakannya kapan pun dibutuhkan.

Apa yang Anda targetkan sehingga Anda memutuskan untuk berinvestasi? Maka dari itu, pahami terlebih dahulu kondisi finansial, dampak investasi terhadap keuangan, dan apa tujuan Anda untuk berinvestasi.

2. Tentukan Berapa Nominal yang Bisa Anda Investasikan untuk Sekarang dan Nanti

Setelah Anda memahami hal di atas dengan baik, kemudian, tentukan berapa nominal yang bisa Anda sisihkan untuk kemudian diinvestasikan secara rutin, baik untuk sekarang maupun di masa mendatang.

Anda bisa menganalisa alur keuangan Anda, berapa pendapatan dan berapa estimasi pengeluaran Anda untuk bulan ini.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan

Setelah itu, bila ada selisih atau sisa dari pendapatan Anda, sisihkan terlebih dahulu untuk tabungan atau untuk dana darurat agar suatu saat bisa digunakan kapan pun dibutuhkan.

Nah, setelah itu Anda pasti sudah mendapatkan nominalnya. Rajinlah menganalisa keuangan Anda agar Anda bisa menentukan nominal yang bisa Anda investasikan secara rutin.

Baca Juga: Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Dan setelahnya, setiap kali Anda memiliki dana yang menganggur, Anda kemudian bisa menginvestasikan dana tersebut untuk meraup keuntungan yang berlebih.

3. Pilih Instrumen Investasi yang Tepat

Dengan nominal yang Anda dapatkan tadi, kemudian pilihlah investasi yang tepat yang cocok untuk nominal tersebut.

Baca Juga: Tips Investasi di Tahun 2017

Tapi, pastikan untuk memahami risiko, cara kerja, dan potensi keuntungan yang akan didapatkan terlebih dahulu sebelum benar-benar berinvestasi. Pelajari juga seluruh terminologinya jika mungkin.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks

Anda bisa mulai berinvestasi saham, reksa dana, investasi emas, bahkan P2P Lending. Saham sering direferensikan sebagai salah satu jenis instrumen investasi yang paling tepat.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kenapa Anda Harus Berinvestasi di KoinWorks

Di sisi lain, bila Anda memiliki nominal yang lebih rendah, cobalah untuk berinvestasi P2P Fintech Lending KoinWorks di mana Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal awal Rp 100.000 dan kelipatannya.

Potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan mulai dari 18% bunga efektif per tahun.


Investasi Sekarang


4. Atur Keuangan

Bila tadi kita sudah membahas tentang menentukan berapa nominal untuk diinvestasikan, sekarang, mari kita berbicara tentang cara mengatur keuangan agar Anda bisa tetap konsisten dalam menjaga nominal tersebut atau bahkan bisa bertambah lagi jumlahnya.

Baca Juga: 5 Tips Mencapai Financial Freedom

Bila di bulan ini nominal yang bisa Anda investasikan adalah Rp 2.000.000, maka mulai sekarang bijaklah mengatur keuangan Anda agar di bulan depan nominal tersebut bisa ditambah menjadi Rp 2.500.000 atau Rp 3.000.000 dan seterusnya.

Baca Juga: Dapatkan Passive Income dengan Investasi Online P2P Lending

Tentu, mengatur keuangan yang baik perlu pula dilakukan agar nominal investasi di bulan depan tidak lebih rendah dibanding bulan ini.

Baca Juga: Belum Pernah dan Ingin Mulai Berinvestasi? Ini 5 Tips Investasi untuk Pemula

Pertama, Anda harus mengklasifikasikan keperluan mana yang prioritas dan mana yang kurang penting. Setelah itu, alokasikan dana khusus untuk keperluan prioritas dari pendapatan Anda.

Misalnya, bila pendapatan Anda per bulan adalah sebesar Rp 8.000.000, maka Anda harus menyisihkan dana khusus untuk kepentingan sewa apartemen, belanja bulanan, transportasi, biaya listrik & internet, dan sebagainya.

Baca Juga:

Masalah Keuangan yang Sering Dihadapi Profesional Muda dan Solusi untuk Mengatasinya

Misalnya, untuk sewa apartemen Anda harus menyisihkan Rp 3.000.000, biaya belanja bulanan sebesar Rp 500.000, biaya listrik & internet sebesar Rp 500.000, dan transportasi sebesar RP 500.000.

Itu artinya kebutuhan pokok Anda yang harus dipenuhi adalah sebesar Rp 4.500.000, dan Anda masih memiliki Rp 3.500.000 dari sisa pendapatan Anda.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita dalam Mengatur Keuangan

Katakanlah untuk keperluan lain seperti nongkrong, beli pulsa, hingga beli baju baru Anda harus mengeluarkan Rp 1.500.000, maka Anda masih punya Rp 2.000.000 sisa pendapatan Anda.

Baca Juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Nah sekarang, Anda memiliki Rp 2.000.000 untuk diinvestasikan, bukan? Untuk menambah nominal tersebut, Anda bisa memangkas budget untuk keperluan-keperluan yang kurang penting, sehingga Anda bisa tetap konsisten dalam mempersiapkan budget untuk diinvestasikan atau bahkan menambah nominalnya.

Baca Juga: 6 Tips Hemat Untuk Wanita yang Wajib Diterapkan

Sehingga, dalam kurun waktu tertentu, nilai uang Anda yang semula hanya Rp 2.000.000 bisa bertambah menjadi Rp 2.200.000 atau 2.500.000 dan bertambah terus bila Anda terus menginvestasikannya kembali.

5. Bulatkan Tekad untuk Terus Berinvestasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pola pikir yang harus Anda tanamkan adalah seperti ini; “Setiap kali saya memiliki dana yang menganggur, ketimbang saya membelanjakannya untuk hal-hal yang kurang penting, lebih baik saya menginvestasikannya.”

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Di tahap ini, Anda sudah harus mengetahui bagaimana pentingnya berinvestasi, apa tujuannya, seperti apa risikonya, bahkan dampak dan manfaatnya terhadap keuangan Anda.

Baca Juga: Investasi Fintech Lending: Praktik Terbaik dalam Berinvestasi di Peer to Peer Lending

Setelah itu, Anda tahu betul bagaimana nasib uang yang Anda investasikan setelah menimbang-nimbang risikonya.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Investasi di Fintech Lending

Untuk ke depannya, konsistenlah berinvestasi dan jangan pernah membiarkan uang Anda diam dan habis begitu saja karena nilainya akan terus berkurang. Sebaliknya, bila Anda giat berinvestasi, uang yang Anda investasikan akan terus bertambah nilainya.


Bila Anda ingin memulai investasi namun masih bingung hendak memulainya dari mana, cobalah berinvestasi di P2P Fintech Lending KoinWorks, mulai dari Rp 100.000 dan keuntungan mulai dari 18% per tahun.

Daftar Sekarang



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.