Dunia digital seakan semakin meradang. Kali ini bukan hanya para eksekutif atau hal yang berkaitan industri teknologi saja namun semua segmen di masyakarat karena kehidupan kini secara perlahan beralih dengan adanya keterkaitan dengan digital life. Coba saja lihat ke sekitar karena sudah dipastikan semua orang mempunyai smartphone dan notabene semuanya menggunakan platform Android. Yang jadi peluang kemudian adalah bagaimana menggunakan trend yang ada di masyarakat menjadi sebuah investasi yang menggiurkan dan mendatangkan banyak keuntungan bagi yang menjalankannya.

Ternyata aplikasi yang biasa diunduh melalui Play Store bisa menjadi aset yang menguntungkan. dengan kata lain aplikasi tersebut dapat menjadi sebuah invetasi di masa yang akan datang dengan fungsi dan kegunaan yang dibutuhkan oleh konsumen atau pengguna android. Bagaimana cara berinvestasi melalui aplikasi yang dibuat untuk pengguna play store. Yang perlu dilakukan tentu dengan mempersiapkan aplikasi yang ingin dikembangkan. Biasanya berupa permainan atau kebutuhan life style. Investor pun harus melakukan kerja sama dengan pembuat aplikasi yang biasa disebut programmer. Mereka akan mempunyai akun di Google Play Developer Console sebagai media merilis aplikasi yang dibuatnya kepada masyarakat.

Bagi yang penasaran ingin mempunyai akun di Google Play Developer Console ini maka terlebih dahulu mendafyarkan diri dengan masuk ke bagian Accept Developer Agreement dan melakukan ceklis di bagian box persetujuan. Jika setuju maka akan diinstruksikan mengisi detail kartu kredit dalam rangka membayar biaya registrasi sebesar $25 atau jika dirupiahlan sekitar Rp 260.000. Biaya administrasi ini hanya dikenakan satu kali saja. Kemudian nantinya akan ada perintah untuk melengkapi data akun pribadi. Ikuti saja langkah yang ada  karena setelah sukses melakukan pendaftaran maka bisa langsung mengakses Google Play developer Console Pribadi.

Untuk mempublikasikan aplikasi di App Store bisa langsung dilakukan. Play Store biasanya akan merespon dengan cepat dalam merilis aplikasi baru dan membutuhkan waktu hitungan jam saja. Adapun langkah langkah yang bisa dilakukan yaitu pertama, klik tombol publish an android App on Play Store pada halaman utama Google Play Developer Console. Pastikan dulu bahwa aplikasi yang ada merupakan aplikasi yang sudah sempurna dan tidak perlu direvisi kembali kecuali nanti akan ada pembaharuan yang dilakukan setelah beberapa lama setelah aplikasi dirilis  Pemberitahuan pembaharuan akan dinotifikasikan kepada seluruh pengguna melalui smartphonenya.

Yang kedua, pilihlah Default language yang diinginkan juga mencantumkan judul aplikasi yang diinginkan. Jika Aplikasinya menggunakan bahasa Indonesia maka pilih Bahasa indonesia sebagai default language. Yang ketiga, klik tombol Upload APK lalu tinggal mengunggah filenya dari aplikasi yang bersangkutan. Jika sudah selesai maka bisa langsung masuk ke bagian store listing dimana paza bagian tersebut aplikasi akan lebih diinformasikan secara lebih detail dengan informaai yang berhubungan. Programmer kemudian hanya tinggal melakukan setting apakah aplikasi akan digratiskaj atau berbayar. Pilihan lainnya adalah mengenai dimana saja aplikasi boleh didownload dan lain sebagainya.

Tidak ada cara yang mudah untuk mendapatkan hal yang besar. Bagi yang ingin mengandalkan keuntungan dan berinvestasi melalui aplikasi di Playstore maka pastikan aplikasi tersebut memang berguna, dibutuhkan dan bonafit. Kebanyakan aplikasi yang gratis mempunyai nilai investasi yang tinggi namun tidak sedikit juga aplikasi premium yang berbayar bisa dijadikan sebagai produk aplikasi yang diinginkan. Pertimbangkan saja apakah aplikasi tersebut akan digratiskan atau berbayar karena jika sudah dilabel gratis maka selamanya tidak bisa dirubah menjadi aplikasi berbayar.

Banyak sudah yang meraih keuntungan dari aplikasi yang dibuatnya. Bahkan aplikasi tersebut mempunyai nilai pengunduhan yang tinggi sehingga sahamnya mempunyai nilai yang fantastis. Ada juga yang rela menjual aplikasi yang sudah dibuat dengan keuntungan yang berkali kali lipat dibandingkan dengan modal pembuatannya. Programmer kemudian membuat kembali aplikasi lain sebagai modal untuk berinvestasi dengan harapan akan mendapatkan keuntungan yang sama dengan yang sudah didapatkan sebelumnya. Maka sudah jelaslah bahwa Playstore bisa jadi tempat yang baik untuk menanamkan modal dengan membuat aplikasi yang tepat guna, tepat sasaran dan tepat waktu.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

9 KOMENTAR

  1. Pd artikel : Membuat aplikasi di Play store, sebuah Aset Investasi Digital.

    Belum menyertakan informasi
    ttg bagaimana detail kompensasi (imbalan) yg didapat pemilik aplikasi mengingat sebutan ‘Aset investasi digital ‘ ?
    Tks.

  2. 1. Apakah saya bisa bikin dan Bagaimana cara membuat aplikasi sendiri dari tangan saya?

    2.jika harus lewat programmer dimana saya bisa minta bantuan untuk pembuatan aplikasi yg saya inginkan dan berapa upah jasa nya?

  3. Apakah ketika apliaksi sdh masuk keplaystore ..maka ada mou dr playstore dan siaplikasi tadi ..apalakh setiap org download , setiap org masuk k apliaksi , melakukan aktifitas dan klik di aplikasi maka aplikasi akan mendapatkan bayarN dr playstore/google play/google.
    Mohon jawabannya .bagaimana rincian dr penghasilan yg didapat si aplikasi tsb

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.