Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Membuat Banner dan Flyer Digital yang Menarik untuk Bisnis Skincare

Membuat Banner dan Flyer Digital yang Menarik untuk Bisnis Skincare

·
4 menit
Membuat Banner & Flyer Digital yang Menarik untuk Bisnis Skincare

Dalam memulai sebuah bisnis apapun bisnis tersebut kamu akan membutuhkan banyak material promosi. Material promosi ini bisa memiliki banyak bentuk. Salah satunya adalah material promosi dalam bentuk banner atau flyer.

Akan tetapi beda bisnisnya beda juga kaya material promosi yang dimilikinya. Jika kamu ingin membuat material promosi untuk bisnis kecantikan, berikut ini adalah beberapa hal penting untuk diperhatikan.

Perhatikan penggunaan warna

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat kamu membuat material promosi untuk bisnis kecantikan adalah mengenai warna yang akan kamu gunakan dalam desain material bisnis kamu ini. Umumnya material promosi bisnis kecantikan akan menggunakan warna-warna yang cerah dan bersih dalam pembuatan material promosinya.

Hal ini disebabkan karena bisnis kecantikan identik dengan tema dan gaya pemasaran yang bersih dan rapi. Hal ini membuat kamu sebaiknya menggunakan konsep dan warna-warna yang kamu gunakan baiknya diambil dari konsep dan gaya tersebut.

Konten yang muncul dalam material promosi

Saat kamu akan membuat banner untuk bisnis kecantikan kamu, akan sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan bagaimana susunan konten yang akan kamu gunakan. Tidak hanya material promosi untuk produk-produk kecantikan. Memperhatikan pengaturan komponen dalam material promosi juga harus diperhatikan pada pemasaran produk lainnya.

Bagaimana seharusnya pembuatan material promosi Jika dilihat dari kontennya? Ketika akan membuat konten untuk material promosi, pastikan jumlah informasi di dalam masa reformasi ini padat dan singkat. Artinya informasi dalam sebuah konten promosi tidak boleh berbelit-belit, pastikan kamu menulis konten promosi ini dengan format yang ringkas tapi memuat informasi yang kamu ingin sampaikan.

Menggunakan gaya infografik

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten untuk material promosi adalah gaya penyampaian informasi yang bisa kamu berikan. Jika ingin menulis konten dengan informasi yang padat tapi tetap menarik perhatian pembaca, hindarilah membuat banner atau player yang berisi teks paragraf yang panjang. 

Oleh karena itu, kamu bisa menyampaikan informasi dengan cara yang lain seperti dengan menggunakan gambar-gambar dan juga infografik. Hal ini akan membantu kamu untuk menyuguhkan informasi yang lebih padat tapi tidak menyusahkan mata pembacanya.

Gunakan headline yang menarik

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan saat akan membuat layer atau banner untuk produk kecantikan kamu adalah mengenai headline atau judul dari banner yang akan kamu buat. Pastikan headline material iklan yang kamu kuat merupakan headline yang menarik. 

Headline yang menarik dan kuat dapat membantu kamu mendapatkan perhatian konsumen lebih cepat. Nah untuk membuat headline yang menarik dari segi marketing ini kamu bisa berkonsultasi dengan orang-orang yang berhubungan dengan pemasaran.

Pastikan ada bagian call to action

Meskipun flyer merupakan salah satu bagian dari strategi marketing dalam bentuk informasi, jangan pernah merupakan bagian call to action. Bagian call to action merupakan salah satu hal yang penting di manapun kamu akan melakukan strategi pemasaran. 

Hal ini disebabkan karena bagian call to action akan memudahkan konsumen untuk menghubungi kamu saat mereka benar-benar tertarik atau penasaran dengan produk kamu.

Bagian call to action ini tidak harus selalu nomor telepon, akan tetapi kamu bisa memberikan alamat website, atau alamat akun Instagram yang kamu gunakan untuk pemasaran. Hal ini akan membuat bisnis kamu terkesan lebih profesional. 

Jika tidak ada bagian call to action ini, banner dan flyer yang kamu buat mungkin hanya akan di lalui dan bahkan konsumen bisa saja lari ke kompetitor. Jadi sesungguhnya bagian call to action ini juga sangat penting untuk closing sales. 

Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan

Hal yang seringkali dianggap sepele tapi ternyata sangat penting efeknya adalah masalah pengetikan. Pengetikan konten di dalam flyer atau banner digital yang akan kamu buat adalah salah satu hal yang paling penting jika kamu ingin bisnis kamu terlihat profesional dan terpercaya di mata konsumen.

Sebelum kamu mengupload desain flyer yang kamu buat, akan sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan masalah kebenaran pengetikan konten yang akan kamu buat tersebut. Bayangkan saja ketika kamu mengupload selebaran yang sudah kamu buat, tapi ternyata ada kesalahan pengetikan yang baru kamu sadari setelah produk diupload pasti hal ini akan membuat kamu panik bukan? 

Flyer yang memiliki kesalahan pengetikan akan membuat bisnis kamu terlihat kurang profesional. Meskipun kesalahannya hanya satu huruf, akan tetapi hal ini akan sangat terlihat di mata konsumen. Oleh karena itu pastikan untuk melakukan pengecekan berulang hal-hal yang berhubungan dengan masalah pengetikan layer promosi kamu dan juga produk promosi yang lain.

Memasukkan testimoni dari konsumen

Bukan hal yang baru ketika kamu membuat selebaran dengan testimoni konsumen di dalamnya. Hal ini disebabkan karena testimoni konsumen dapat membantu memberikan konsumen baru keyakinan mengenai produk yang kamu bangun.

Jika kamu sudah memiliki pemahaman yang jelas, akan lebih mudah bagi kamu untuk memilih testimoni konsumen yang mana yang akan kamu pasang. Jika bisnismu ini masih baru, kamu bisa mencoba produk kamu pada orang-orang yang kamu pilih sesuai dengan masalah kulitnya dan tanyakan mengenai pengalaman mereka saat menggunakan produk kamu. Setelah itu kamu bisa menuliskannya ke dalam flyer atau brosur pemasaran skincare kamu.

Pilih warna yang sesuai dengan gaya dan konsep bisnis kamu

Meskipun memilih warna-warna yang bersih merupakan salah satu hal yang penting untuk membuat brosur iklan produk skincare yang terpercaya, tapi akan lebih baik jika kamu memasukkan unsur warna yang kamu gunakan sebagai identitas brand kamu. Akan tetapi pastikan kamu memasukkan warna ini dengan gaya yang sesuai dengan bisnis kamu untuk memberikan kesan lebih mendalam mengenai konsep bisnis yang jelas.

Batasi penggunaan jenis-jenis font yang menurut kamu menarik

Saat ini kamu bisa menemukan banyak sekali tipe tulisan untuk membantu membuat material pengiklanan. Banyaknya konsumen yang menarik ini mungkin akan membuat kamu menggunakan semua yang ada di komputer untuk membuat brosur produk skincare kamu. Akan tetapi pastikan kamu tahu mengenai batasan penggunaan jenis font untuk mempertahankan kesatuan desain material promosi kamu.

Menurut profesional desainer, sebuah flyer ataupun media pemasaran yang lainnya akan lebih baik menggunakan jumlah maksimal 3 untuk setiap desainnya. Font ini sebaiknya diulang untuk satu material desain promosi dan material promosi yang lain. Mengapa? Karena menggunakan font yang terlalu banyak akan membuat tampilan desain promosi kamu menjadi kacau dan membuat material pemasaran menjadi tidak konsisten. 

Oh ya bukan hanya jenisnya saja ya! Tapi pastikan juga pemilihan font disesuaikan dengan konsep-konsep yang sebelumnya telah disebutkan. Misalnya sesuai dengan tema brand kamu serta menggunakan desain yang jelas tapi simple.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Reina
Menulis merupakan hobi yang sudah saya sukai sejak SMA, bergabung dengan berbagai komunitas penulis sejak 2015. Menjadikan tulisan sebagai media untuk berbagi informasi terhadap pembaca merupakan karya bagi saya, karena bisa memberikan kontribusi dalam pengembangan pribadi dan bisnis mereka.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​