3 Cara Efektif Untuk Memeriksa Kesehatan Finansial, Sudah Melakukannya? – Memeriksa kesehatan keuangan secara tahunan perlu dilakukan untuk mengetahui posisi dan kondisi yang sedang dialami saat ini.

Kondisi keuangan yang baik akan membantu Anda saat akan berencana untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar, seperti membeli rumah dan mobil.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang 3 cara efektif yang bisa dilakukan dengan mudah untuk memeriksa kondisi keuangan saat ini.


3 Cara Efektif Untuk Memeriksa Kesehatan Finansial, Sudah Melakukannya?

1Utang yang Dimiliki

Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

Kondisi keuangan Anda masih dianggap sehat, jika rasio utang yang dimiliki saat ini dengan total penghasilan hanya sekitar 30% saja.

Saat utang yang dimiliki lebih tinggi, maka hal tersebut akan sangat mengganggu kondisi keuangan secara keseluruhan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan kesulitan untuk mendapatkan kredit di masa depan, misalnya kredit untuk membeli rumah.

Baca Juga: 6 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Anda Menolak Melunasi Utang

Selain informasi di atas, Anda juga perlu mengetahui setiap kreditor dan apakah bisa membayar utang tepat waktu atau malah menunggak pembayaran.

Pembayaran utang yang tidak tepat waktu menunjukkan bahwa Anda memiliki masalah dalam hal finansial.

Jika hal di atas terjadi, maka mulailah mencari cara untuk menambah jumlah penghasilan atau mengurangi pengeluaran setiap bulan agar bisa membayar utang tersebut.


2Kartu Kredit

utang-kredit-bayar-bunga-denda

Jika laporan kartu kredit menunjukkan bahwa Anda selalu menunggak pembayaran tagihan dan membuatnya semakin berbunga, maka inilah saatnya untuk mempertimbangkan menutup dan tidak menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit hanya bermanfaat, jika Anda mampu mengendalikan diri dan bisa membayar tagihan tepat waktu.

Baca Juga: 5 Manfaat Terbebas dari Utang yang Bikin Kondisi Finansial Anda Membaik

Jika hal di atas tidak bisa dilakukan, maka mulailah mempertimbangkan untuk menggunakan uang tunai saat akan membeli sesuatu.

Membeli barang atau jasa dengan menggunakan uang tunai lebih bisa dikendalikan daripada Anda membeli sesuatu dengan kartu kredit.


3Anggaran yang Sehat

Menghindari Inflasi Gaya Hidup - Benci Matematika? Lakukan 3 Langkah Penganggaran Sederhana Berikut Ini - merdeka finansial

Tanpa adanya anggaran keuangan yang baik, Anda akan merasa kesulitan untuk mengendalikan pola pengeluaran setiap bulannya.

Jika Anda belum memiliki anggaran, maka mulailah saat ini untuk membuatnya. Di dalam anggaran tersebut pastikan Anda menyisihkan sedikitnya 10% dari total penghasilan untuk berinvestasi.

Jadi, jika Anda memiliki penghasilan sekitar Rp 4 Juta, maka setidaknya Rp 400.000 disisihkan untuk berinvestasi.

Investasi apa yang bisa dilakukan dengan uang Rp 400.000?

Baca Juga: 3 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Berinvestasi Pada Startup

Salah satu produk investasi yang kami sarankan adalah KoinWorks yang merupakan platform investasi peer to peer lending terpercaya di Indonesia.

Di KoinWorks, Anda bisa berinvestasi dengan dana mulai dari Rp100.000 saja. Jumlah dana yang tidak terlalu besar dan hampir bisa dipenuhi oleh sebagian masyarakat di Indonesia.

Jika Anda takut dengan resiko investasi, KoinWorks telah menyediakan fasilitas dana proteksi sampai dengan 100% tergantung dengan tingkat resiko yang diambil.

Daripada menghabiskan uang Rp 100.000 untuk berbelanja online lebih baik berinvestasi untuk masa depan.

Jika Anda belum memiliki anggaran sekitar 10% untuk berinvestasi, itu artinya kondisi keuangan atau cara Anda mengelola keuangan masih sangat buruk.



4Bayar Utang yang Ada

Jangan Lengah! Ini 5 Strategi Mempertahankan Bisnis yang Makin Tumbuh-credit scoring

Terlalu banyak utang membuat akan kondisi keuangan Anda semakin memburuk. Jika Anda memiliki banyak utang, maka inilah saatnya untuk membayar semua utang secepat mungkin.

Mulailah mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak uang agar bisa membantu pembayaran utang yang ada.

Baca Juga: 5 Tanda Keuangan Keluarga Tidak Sehat

Apakah Anda melakukan pekerjaan sampingan, berjualan online, menawarkan jasa kepada orang lain, menyewakan kendaraan, dan lain sebagainya.

Semakin sedikit utang yang dimiliki, maka akan semakin baik kondisi keuangan Anda di masa depan.

Itulah 3 cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan keuangan Anda. Jika 3 hal di atas bisa teratasi dengan baik, maka itu artinya kondisi keuangan Anda sehat.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.