Memilih Investasi Bunga Lebih Tinggi Dari Tabungan

fokus pada solusi - evaluasi bisnis - fokus pada solusi - evaluasi bisnis - tips menjalankan bisnis

Investasi memang sangat menguntungkan apalagi jika dibawah naungan bank yang sudah terkenal dan terbukti reputasinya di mata masyarakat. Deposito dinilai sebagai tempat untuk menyimpan dana lebih tepat dan baik tanpa perlu resiko apapun sementara setiap bulannya uang bisa bertambah dengan berkala. Dalam memilih investasi bunga lebih tinggi dari tabungan diperlukan beberapa cara sebagai berikut:

  • Mengenal jenis depositonya

Setiap bank memiliki jenis deposito yang berbeda dan juga bonus-bonus menarik sehingga mampu menarik banyak konsumen untuk menyetorkan dana di bank tersebut. Ada yang memberikan bonus di depan namun ada juga yang memberikannya di belakang sehingga diperlukan sedikit informasi yang lebih untuk memilih jenis terbaik. Cobalah untuk mencari bank yang menawarkan bunga tinggi dengan bonus menarik sehingga Anda bisa merasakan berbagai macam manfaat karena telah memilih bank terkait sebagai tempat untuk menyimpan dana.

  • Mengetahui syarat sekaligus ketentuan deposito

Selain membandingkan suku bunga dari setiap bank, Anda juga perlu untuk membandingkan syarat dan ketentuan dari setiap deposito yang ditawarkan oleh berbagai bank yang berbeda. Meskipun bunga yang ditawarkan cukup tinggi namun persyaratan yang diminta sangat tinggi dan rumit, sebaiknya Anda memilih bank lain yang memiiliki nilai bunga serupa dengan syarat mudah. Seringkali syarat yang rumit belum tentu memudahkan Anda dalam melakukan berbagai prosedur penyimpanan deposito.

  • Melihat biaya tambahan deposito

Ada beberapa bank yang membebankan adanya biaya administrasi namun ada juga yang tidak membutuhkan biaya apapun ataupun adanya berbagai macam potongan. Sebaiknya Anda cari sebaik mungkin tempat yang tidak membutuhkan potongan biaya administrasi sehingga tak banyak dana yang keluar selama melakukan proses pengurusan deposito. Selain itu cari juga bank yang tidak membutuhkan adanya biaya pinalti atas beberapa syarat sehingga Anda tidak merasa dirugikan selama menjadi nasabah bank tersebut. Tentukan waktu yang tepat untuk memilih deposito sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

  • Tidak tergiur oleh adanya promo

Seringkali banyak bank yang menyediakan hadiah seperti jika mendaftar deposito, maka Anda bisa mendapatkan hadiah langsung berupa handphone dan sebagainya. Hal ini mampu membuat banyak orang tertarik untuk menabungkan uangnya dalam bentuk deposito. Namun perlu diketahui jika bank sedang memberikan banyak hadiah dalam pembukaan depsoito, maka bisa saja bank tersebut sedang dalam kondisi tidak sehat dan membutuhkan dana untuk tetap menstabilkan kondisi keuangan bank.

  • Melihat manfaat tambahan dari deposito yang dipilih

Selain melihat pemberian bonus ataupun suku bunga yang tepat, Anda juga perlu untuk mengetahui keuntungan dari deposito yang dipilih seperti apakah deposit itu bisa dijadikan agunan atau jaminan. Jika bisa bagaimana caranya dan syaratnya. Jika tidak bisa, maka cobalah untuk bertanya apa sebenarnya manfaat lain yang dapat diperoleh dari pendaftaran deposito ini selain manfaat utama yaitu adanya penambahan dana.

Bagi sebagian orang mungkin lebih memilih usaha sebagai jalan dari menambah keuntungan dana ataupun mendaftar investasi dalam lembaga keuangan selain bank untuk mendapatkan hasil pengingkatan lebih cepat daripada hanya sekedar menunggu bunga yang tak sampai 10% berkembang di tabungan Anda. Mungkin memang benar jika deposito sebenarnya bukanlah merupakan instrumen investasi yang bisa memberikan hasil imbal yang lebih menarik terlebih lagi jika sedang dihadapkan oleh laju inflasi yang terus naik dari waktu ke waktu. Namun meskipun hasil yang diraih sedikit demi sedikit, namun hal ini sangat cocok untuk dilakukan bagi mereka yang lebih sensitif sekaligus takut dengan resiko kehilangan uang lebih besar.

Setidaknya dengan adanya deposito, maka dana yang dimiliki oleh nasabah akan jauh lebih terjamin karena nilainya tak akan pernah turun dan justru semakin meningkat pesat setiap waktunya. Hal ini jauh lebih menguntungkan dibandingkan menginvestasikan dana kepada sebuah usaha yang memiliki pendapatan tak pasti sekaligus belum tentu setiap bulan memperoleh hasil yang sama. Selain itu tidak perlu khawatir dengan resiko fluktuasi pasar yang mungkin akan menggerus tabungan pokok milik Anda. Apalagi dengan adanya deposito, maka pengeluaran dana akan lebih bisa ditekan untuk mengurangi pemborosan.

Semoga informasi mengenai investasi bunga lebih tinggi dari tabungan dapat membantu Anda untuk menemukan bank terbaik yang akan menajdi tempat Anda untuk menyimpan uang sekaligus merasakan manfaat yang lebih.

Noviyanto Ewanjaya
Head of User Experience for KoinWorks

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih