5 Kiat Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat – Jurusan studi yang Anda pilih di perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.  Keputusan tersebut akan sangat memengaruhi pilihan karir Anda setelah lulus perkuliahan.

Baca Juga: 8 Manfaat Kuliah sampai ke Perguruan Tinggi

Maka mulai menjelajahi minat dan mengetahui apa yang Anda sukai merupakan hal yang perlu dilakukan sebelum masuk ke perguruan tinggi.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda tentang 5 kiat penting untuk diterapkan saat akan memilih jurusan kuliah yang tepat.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

5 Kiat Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Jangan Salah Menentukan Masa Depan!

1Renungkan Apa yang Membuat Anda Tertarik

Kiat memilih jurusan kuliah yang pertama adalah dengan merenungkannya baik-baik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat akan memilih jurusan kuliah yang tepat adalah mencari tahu apa yang menarik dan paling disukai. 

Untuk mengetahui apa yang disukai, Anda harus mengenal siapa diri Anda dan pengalaman yang terjadi di masa lalu.

Kedua hal ini akan sangat membantu Anda untuk menentukan subjek yang paling disukai dan Anda bergairah untuk melakukannya.

2Pertimbangkan Nilai yang Anda Yakini

Kiat memilih jurusan kuliah yang kedua adalah pertimbangkan nilai Anda

Setiap orang memiliki nilai-nilai yang diyakini di dalam hidup mereka, misalnya saja Anda suka membantu orang lain, suka memecahkan masalah, suka berhitung dan metematika, mengatasi masalah teknis, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Memaksimalkan Potensi Diri

Pahami dengan baik nilai-nilai yang Anda yakini untuk mempertimbangkan pilihan jurusan yang akan diambil dalam perkuliahan.

Cara seperti ini akan sangat membantu Anda untuk menentukan jurusan perkuliahan yang tepat.

3Mengambil Kursus Mata Kuliah yang Bersangkutan

Kiat memilih jurusan yang ketiga adalah dengan mengikuti kursus mata kuliah terkait

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menentukan apakah suatu jurusan kuliah cocok atau tidak adalah dengan mencoba secara langsung salah satu mata kuliah yang akan diajarkan.

Anda bisa mengambil kursus salah satu mata kuliah yang akan diajarkan dan mulai menentukan apakah jurusan kuliah ini cocok untuk Anda.

Baca Juga: 5 Usaha yang Cocok untuk Pensiunan 

Misalnya saja seperti ini, Anda tertarik untuk mengambil jurusan Manajemen di perkuliahan.

Maka, Anda bisa mengambil kursus pengantar bisnis atau pengantar manajemen untuk menentukan apakah Anda suka dengan pelajaran seperti ini.

Jika Anda suka dengan mata kuliah seperti ini dan menikmatinya, maka silahkan saja untuk mengambil mata kuliah ini di perguruan tinggi.

4Meminta Bantuan Orang Lain yang Mengenal Diri Anda

Mintalah bantuan orang lain agar dapat memilih jurusan kuliah yang tepat - 5 Hal yang Bisa Dilakukan Salesperson Untuk Meningkatkan Karier

Temukan orang-orang yang mengenal siapa diri Anda, seperti guru, orangtua, teman, atau yang lainnya.

Mintalah bantuan kepada mereka untuk memberikan saran tentang jurusan perkuliahan yang cocok dan sesuai dengan diri Anda.

Orang yang mengenal diri Anda dengan baik pasti memiliki sudut pandang terbaik dalam memberikan saran jurusan kuliah yang harus Anda tempuh.

Baca Juga: Lakukan 4 Kebiasaan Seorang Jenius Ini agar Anda Lebih Sukses

Meskipun pada akhirnya keputusan untuk masuk ke jurusan di perguruan tinggi tergantung dari keputusan yang Anda buat.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu menemukan apa yang disukai dan Anda benar-benar senang melakukan hal tersebut.

Jika hal ini sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah meminta saran dari orangtua, guru, dan orang yang mengenal Anda dengan baik.

5Ikuti Impian Anda dan Kejarlah!

Ikutilah mimpi Anda dalam memilih jurusan kuliah yang tepat

Hal yang perlu Anda ketahui dengan baik adalah saat seseorang mengambil mata kuliah di bidang yang mereka sukai dan mereka bersemangat melakukannya, maka mereka lebih suka terlibat secara penuh dengan materi yang dipelajari.

Keterampilan dan pengetahuan yang mereka dapatkan di perkuliahan akan membantu mereka menjadi tenaga kerja yang kompetitif di pasar tenaga kerja.

Baca Juga: Seberapa Produktifkah Anda? 6 Hal ini Akan Menjawabnya!

Alasan di atas jugalah yang melatarbelakangi pentingnya memilih jurusan kuliah yang disukai dan Anda suka melakukannya.

Hal yang menarik adalah banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan kuliah hanya karena alasan bahwa jurusan tersebut akan menjamin pekerjaan setelah lulus.

Mereka tidak sadar bahwa meskipun masuk ke jurusan yang menjamin pekerjaan, namun saat Anda tidak menikmati perkuliahan tersebut dan tidak benar-benar suka melakukannya, maka Anda tidak akan bisa menjadi seseorang profesional yang memiliki kinerja optimal di dunia kerja.

Baca Juga: 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Bisa Anda Kerjakan dari Rumah

Dengan mengikuti 5 kiat dan langkah yang kami sampaikan di atas, maka diharapkan Anda benar-benar bisa menemukan jurusan perkuliahan yang tepat untuk masa depan.

Setelah menentukan jurusan kuliah yang tepat, hal yang menjadi kekhawatiran selanjutnya adalah biaya perkuliahan yang mahal dan memberatkan.

Jika mengalami masalah ini, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada solusi praktis yang bisa Anda gunakan untuk membiayai dana pendidikan formal di perguruan tinggi.

KoinPintar merupakan salah satu solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa didapatkan untuk membayar dana perkuliahan.

Anda tidak perlu khawatir dengan suku bunga pinjaman yang besar, sebab KoinPintar memberikan tingkat suku bunga rendah mulai dari 9% per tahun atau 0,75% saja dalam sebulan.

Tingkat suku bunga yang rendah ditambah lagi dengan pinjaman yang bisa dicicil sampai dengan 12 bulan lamanya.

Pendidikan merupakan hak semua manusia, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan dana pendidikan yang tinggi untuk masuk ke perguruan tinggi.

Semoga sukses!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.