5 Alasan Logis Mengapa Anda Memiliki Banyak Utang Sampai Saat Ini

5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’

5 Alasan Logis Mengapa Anda Memiliki Banyak Utang Sampai Saat Ini – Jika Anda masih muda, baru lulus perkuliahan, baru memulai bisnis, dan baru memulai keluarga, kemungkinan besar Anda membutuhkan uang yang ketat.

Mengelola keuangan tidak hanya tentang berapa banyak uang yang masuk dan berapa banyak yang dimiliki.

Sebab, mengelola keuangan lebih kepada hubungan antara menyimpan dan membelanjakan sumber daya uang dengan bijak dan cerdas.

Jika Anda memiliki banyak hutang, itu artinya ada yang salah dalam pengeloaan keuangan yang dilakukan selama ini. Berikut ini 5 alasan mengapa Anda memiliki banyak utang sampai saat ini.

5 Alasan Logis Mengapa Anda Memiliki Banyak Utang Sampai Saat Ini

Anda Tidak Membiasakan Diri untuk Menabungmenabung - tips hemat ala perencana keuangan

Menyimpan uang di dalam tabungan adalah tentang menciptakan kebiasaan dan sikap yang baru.

Jika Anda cerdas, maka Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung setiap bulan.

Baca juga: 8 Tips Hemat Ala Seorang Perencana Keuangan

Namun, jika Anda terus-menerus mengeluarkan banyak uang, maka Anda pasti berakhir dengan meminjam dan memiliki banyak hutang.


Anda Tidak Mengetahui Apa yang Penting Dalam Hidup

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - Cara Menjadi Orang Kaya Dengan Gaji Kecil - 5 Langkah Menghentikan Kebiasaan Buruk Hidup Dari Gaji ke Gaji

Uang adalah salah satu sumber daya. Sumber daya yang dimiliki bisa disia-siakan, disalahgunakan, atau bisa juga digunakan untuk menciptakan lebih banyak uang.

Dengan mengetahui apa yang penting dalam hidup, maka Anda pasti akan mengetahui cara membelanjakan uang dengan tepat.

Jika Anda suka melakukan hobi yang mahal, maka bisa dipastikan uang yang dimiliki akan dihabiskan untuk hal tersebut.

Namun, jika Anda memiliki tujuan yang lebih baik tentang uang, misalnya untuk membeli rumah, membiayai pernikahan, atau dana pendidikan, maka uang yang dimiliki pasti akan disimpan dan tidak disia-siakan.


Tidak Memiliki Sistem Anggaran yang Akan Digunakan

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Membuat anggaran sangat mudah untuk dilakukan, apalagi saat ini telah tersedia aplikasi gratis yang memungkinkan Anda menganggarkan pengeluaran setiap bulan.

Dengan memiliki anggaran bulanan, maka Anda bisa mengetahui kebiasaan pengeluaran yang dilakukan dan bisa membatasi diri untuk membeli hal-hal yang tidak bermanfaat.


Percaya dengan Ide Cepat Kaya yang Tidak Masuk Akal

Zodiak Berpeluang Kaya Raya Sebelum Usia 30! - 3 Cara Berpikir Milarder yang Perlu Ditiru, Siap Menjadi Milarder? - 8 Alasan Logis Mengapa Anda Tidak Menjadi Milyarder Sampai Saat Ini

Fakta yang harus Anda ketahui dengan baik adalah kesuksesan adalah buah dari keringat dan kerja keras yang dilakukan oleh seseorang.

Tidak ada orang yang bisa meraih kekayaan hanya dalam waktu sekejap mata, semua hal membutuhkan proses dan usaha untuk mendapatkannya.

Jangan mudah percaya dengan ide-ide cepat kaya seperti bermain judi atau bermain lotere, karena hal tersebut hanya akan membuang-buang uang saja.

Sebaiknya Anda menggunakan waktu untuk membangun bisnis atau menjalani tangga karir untuk mendapatkan imbalan di masa yang akan datang.

Baca juga: Anak Muda Perlu Berinvestasi, Ini 3 Alasan Utamanya!

Tidak hanya berusaha untuk menambah jumlah pendapatan saja, Anda juga harus bisa membuat uang tersebut berkembang di masa depan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat uang tersebut berkembang adalah dengan menginvestasikannya.

Sebagai seorang pemula, Anda bisa mulai menginvestasikan dana melalui KoinWorks yang merupakan platform peer to peer lending.

Mendanai di KoinWorks bisa dimulai dengan dana Rp100.000 saja. Dengan dana yang terbatas, imbal hasil yang akan didapatkan bisa mencapai 21.32% per tahun. Imbal hasil yang mengungguli suku bunga deposito dan tabungan di bank.

Dengan investasi yang dilakukan, maka Anda bisa mendapatkan hasilnya di masa yang akan datang untuk memenuhi berbagai keperluan yang ada.

Dengan demikian, Anda tidak perlu berhutang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.


Anda Membeli Barang dengan Kredit

Gunakan Cicilan Kartu Kredit 0% Tenor 3 Bulan, 6 Bulan Atau 12 Bulan.

Prinsipnya sangat sederhana, jika Anda tidak mampu membayar secara tunai, maka jangan pernah membeli barang secara kredit.

Pengeluaran seperti perbaikan mobil atau biaya pendidikan bisa digunakan melalui dana simpanan yang dilakukan.

Jangan pernah membiarkan diri Anda terlibat dalam utang yang seharusnya bisa dihilangkan.

Baca juga: Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an

Jangan meminjam uang di bank kecuali Anda benar-benar membutuhkan dana tersebut. Meminjam uang di bank atau membeli secara kredit membuat Anda perlu membayar bunga yang tinggi dan bisa memberatkan keuangan.

Itulah 5 alasan logis yang membuat banyak orang terjebak dengan utang. Dengan membiasakan diri dengan hal yang baik, maka bisa dipastikan Anda dapat terhindar dari utang yang membelit keuangan keluarga.

Semoga pembahasan di atas bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.