Home » Blog » Gaya Hidup » 3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum

3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (1) - 3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum - Mengapa Belajar Bersama Mentor akan Memberikan Manfaat Lebih Banyak? - 5 Skill Komunikasi yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin di Bidang Apapun

3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum – Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychological Science melakukan perekaman suara terhadap mahasiswa MBA dari University of Chicago untuk memberikan alasan mengapa mereka harus dipekerjakan.

Calon perekrut diberikan 3 buah pilihan yaitu menonton video, mendengarkan audio, dan membaca transkrip.

Dari studi di atas ditunjukkan bahwa para perekrut tenaga kerja akan menilai seseorang kandidat lebih kompeten, bijaksana, dan cerdas ketika mereka mendengarkan nada suara. Nada suara seseorang membuat mereka lebih tertarik untuk mempekerjakan kandidat tersebut.

Melihat hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa memperbaiki cara Anda berbicara sangat penting untuk dilakukan saat ini.

3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum

Menggunakan Nada Rendah

3 Strategi yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Perhatian Audiens Saat Sedang Presentasi

Nada suara yang tinggi diasosiasikan sebagai orang yang gugup dan kekanak-kanakan. Lakukan hal sebaliknya untuk memberikan kesan percaya diri dan dewasa yaitu menurunkan nada suara Anda.

Baca juga: 4 Keterampilan yang Mudah Dipelajari dan Memungkinkan Anda Menghasilkan Banyak Uang

Selain itu, Anda juga harus menghindari peningkatan nada suara di akhir kalimat. Bukan hanya Anda akan terlihat gugup dan kekanak-kanakan, tetapi juga akan terlihat kurang berpengetahuan.


Mengurangi Kata yang Tidak Perlu

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Kata-kata seperti ahh, umm, atau kau tahu merupakan kata yang ditunjukkan oleh orang yang kurang percaya diri dan kompeten.

Untuk itulah mulai saat ini Anda harus belajar untuk mengurangi penggunaan kata-kata tersebut.

Baca juga: 5 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Membantu Anak Menjadi Lebih Cerdas

Pakar komunikasi menyarankan Anda untuk merekam percakapan dan mendengarkan rekaman tersebut.

Lakukan evaluasi terhadap kata-kata tidak perlu yang Anda gunakan saat sedang berbicara. Lebih baik Anda menggantikan kata-kata tersebut dengan diam sejenak, jeda yang digunakan berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pembicara.


Kecepatan Berbicara

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - Terapkan Aturan 10-20-30 dan Dapatkan Presentasi Mengagumkan

Jangan berbicara terlalu cepat, sebab orang lain tidak akan mengerti dan memahami apa yang Anda ucapkan.

Sebaiknya, berbicara cepat yang memungkinkan orang lain tetap bisa memahami apa yang diucapkan dan Anda juga akan dianggap lebih percaya diri.

Kecepatan berbicara yang ideal adalah saat Anda mampu berbicara sekitar 150 kata per menit. Jika Anda terlalu lambat atau terlalu cepat, maka lakukan latihan pidato secara terus menerus.

Baca juga: Ini 5 Cara Mengubah Jalan Karir untuk Mencapai Kesuksesan

Dengan menerapkan 3 teknik di atas, maka Anda bisa memperbaiki keterampilan berbicara di hadapan banyak orang. Tidak hanya itu saja, keterampilan berbicara yang baik akan membuat Anda terlihat jauh lebih percaya diri dan kompeten.

Selain menerapkan 3 teknik di atas, Anda juga bisa melatih keterampilan berbicara melalui banyak sumber. Bisa dengan membaca buku, mendengarkan podcast, mengikuti seminar, atau mengikuti pendidikan non-formal yang berkaitan dengan public speaking.

Jangan jadikan biaya pendidikan yang mahal sebagai alasan. Andalkan saja KoinPintar! Ini merupakan alternatif pembayaran biaya pendidikan, baik itu pendidikan formal maupun non-formal.

Dengan KoinPintar, kamu bisa mencicil biaya pendidikan kamu dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan. Tingkat suku bunga yang lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Baca juga: 4 Kiat Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Hal yang tidak kalah penting adalah pinjaman tersebut bisa Anda cicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Tertarik untuk mengembangkan diri dengan memanfaatkan alternatif pembiayaan pendidikan dari KoinPintar?

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG