6 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Pensiun Dengan Benar – Mungkin saja saat ini Anda telah menabung dan berinvestasi secara rutin untuk memastikan bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman.

Masalahnya adalah cukup sulit memperkirakan apakah uang yang disimpan cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun kelak.

Baca juga: 5 Hal Harus Dimiliki saat Memasuki Masa 5-10 Tahun Sebelum Pensiun

Masalah ini juga membuat Anda merasa apakah sudah berada pada jalur yang benar atau masih ada hal yang perlu diperbaiki.

Sebenarnya ada cara yang mudah agar untuk mengetahui apakah rencana pensiun telah berada di jalur yang tepat. Berikut ini 6 karakteristik yang memperlihatkan bahwa persiapan masa pensiun telah berada di jalur yang benar.

6 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Pensiun dengan Benar

1Telah Memberikan Kontribusi yang Besar

pasangan - pensiun - invetasi

Mampu memberikan kontribusi optimal ke dalam dana pensiun adalah tanda yang memperlihatkan bahwa Anda telah berada pada jalur yang benar. Berkontribusi ke dalam dana pensiun harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.


2Melihat Pertumbuhan yang Stabil

8 Alasan Bekerja Setelah Pensiun Merupakan Pilihan Tepat-mempersiapkan dana pensiun

Langkah selanjutnya, Anda perlu melihat kinerja portofolio yang dimiliki. Evaluasi tren pergerakan harga yang terjadi, bagaimana pertumbuhannya, dan apakah terbebas dari volatilitas yang bisa merugikan Anda sendiri.

Adanya keuntungan yang stabil adalah salah satu ciri dari persiapan dana pensiun yang baik.


3Pertumbuhan Investasi Sesuai dengan Harapan

Kesalahan Menabung Dana Pensiun

Mulailah melihat tingkat pengembalian pasar secara historis untuk memantau kinerja investasi. Jika pertumbuhan investasi sama dengan rata-rata pertumbuhan pasar atau lebih tinggi, maka itu artinya kinerja investasi Anda sudah berada pada jalur yang benar.


4Investasi yang Dimiliki Fokus Pada Pertumbuhan

Saat Investasi Gagal, Apa yang Harus Dilakukan? - Tertarik Investasi, tapi Gaji Pas-Pasan? Intip 5 Strateginya!

Jika Anda masih muda, maka kami sangat menyarankan untuk menempatkan dana ke dalam produk investasi yang menjanjikan pertumbuhan dalam jangka panjang. Itu artinya, Anda harus menempatkan dana ke dalam pasar saham.

Baca juga: Merancang Passive Income Sebelum Pensiun

Masalahnya adalah tidak semua investor berani berinvestasi di pasar saham karena rentannya penurunan harga yang bisa merugikan.

Hal yang harus diingat adalah mempersiapkan dana pensiun mengharuskan Anda untuk mengatasi rasa takut dan harus berani mengambil resiko.


5Memiliki Portofolio Investasi yang Seimbang

menciptakan portofolio investasi

Jangan pernah menempatkan dana secara berlebihan ke dalam satu sektor atau aset tertentu saja. Portofolio investasi yang baik harus seimbang dan mampu memberikan keuntungan yang berkelanjutan.

Baca juga: Menghadapi Masa Pensiun, 5 Pilihan di Bawah Ini Bisa Anda Lakukan

Jangan hanya menempatkan dana ke dalam saham yang memiliki resiko tinggi saja, meskipun saham mampu memberikan tingkat pengembalian yang baik dalam jangka panjang. Anda juga bisa berinvestasi di KoinWorks yang menjadi penyeimbang dalam portofolio investasi.

Berinvestasi di KoinWorks jauh lebih aman daripada pasar saham karena para investor akan mendapatkan fasilitas dana proteksi yang nilainya mencapai 100% tergantung tingkat resiko yang dipilih.

Berinvestasi di KoinWorks sangat kami sarankan, jika Anda sudah mendekati masa pensiun dan membutuhkan produk yang lebih aman, namun tetap memberikan keuntungan yang optimal.


6Anda Tidak Menggunakan Dana Pensiun

apple app store ios

Ada banyak orang yang tergoda menarik uang dari rekening pensiun untuk memenuhi pengeluaran lain. Kebiasaan seperti ini akan menghilangkan potensi pertumbuhan yang bisa didapatkan di masa depan.

Ubahlah kebiasaan Anda untuk tidak menyentuh tabungan agar bisa memiliki kondisi keuangan yang jauh lebih baik di masa pensiun.

Jika telah memiliki 6 tanda yang disebutkan di atas, itu artinya Anda telah berada pada jalur yang benar dalam mempersiapkan masa pensiun.

Jika belum, Anda masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki cara pengelolaan keuangan agar bisa mendapatkan masa pensiun yang lebih baik di masa depan.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

google play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.