Home » Blog » Gaya Hidup » 6 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Pensiun dengan Benar

6 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Pensiun dengan Benar

Dana Pensiun - 4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya! - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!-mempersiapkan dana pensiun-Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?-5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online-5 Cara untuk Menghibur Tamu Pesta dengan Anggaran yang Terbatas-Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Baru

6 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Pensiun Dengan Benar – Mungkin saja saat ini Anda telah menabung dan berinvestasi secara rutin untuk memastikan bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman.

Masalahnya adalah cukup sulit memperkirakan apakah uang yang disimpan cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun kelak.

Baca juga: 5 Hal Harus Dimiliki saat Memasuki Masa 5-10 Tahun Sebelum Pensiun

Masalah ini juga membuat Anda merasa apakah sudah berada pada jalur yang benar atau masih ada hal yang perlu diperbaiki.

Sebenarnya ada cara yang mudah agar untuk mengetahui apakah rencana pensiun telah berada di jalur yang tepat. Berikut ini 6 karakteristik yang memperlihatkan bahwa persiapan masa pensiun telah berada di jalur yang benar.

6 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Pensiun dengan Benar

Telah Memberikan Kontribusi yang Besar

pasangan - pensiun - invetasi

Mampu memberikan kontribusi optimal ke dalam dana pensiun adalah tanda yang memperlihatkan bahwa Anda telah berada pada jalur yang benar. Berkontribusi ke dalam dana pensiun harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.


Melihat Pertumbuhan yang Stabil

8 Alasan Bekerja Setelah Pensiun Merupakan Pilihan Tepat

Langkah selanjutnya, Anda perlu melihat kinerja portofolio yang dimiliki. Evaluasi tren pergerakan harga yang terjadi, bagaimana pertumbuhannya, dan apakah terbebas dari volatilitas yang bisa merugikan Anda sendiri.

Adanya keuntungan yang stabil adalah salah satu ciri dari persiapan dana pensiun yang baik.


Pertumbuhan Investasi Sesuai dengan Harapan

Kesalahan Menabung Dana Pensiun

Mulailah melihat tingkat pengembalian pasar secara historis untuk memantau kinerja investasi. Jika pertumbuhan investasi sama dengan rata-rata pertumbuhan pasar atau lebih tinggi, maka itu artinya kinerja investasi Anda sudah berada pada jalur yang benar.


Investasi yang Dimiliki Fokus Pada Pertumbuhan

investasi sbr005 - 3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Investasi Pilihan Anak Muda

Jika Anda masih muda, maka kami sangat menyarankan untuk menempatkan dana ke dalam produk investasi yang menjanjikan pertumbuhan dalam jangka panjang. Itu artinya, Anda harus menempatkan dana ke dalam pasar saham.

Baca juga: Merancang Passive Income Sebelum Pensiun

Masalahnya adalah tidak semua investor berani berinvestasi di pasar saham karena rentannya penurunan harga yang bisa merugikan.

Hal yang harus diingat adalah mempersiapkan dana pensiun mengharuskan Anda untuk mengatasi rasa takut dan harus berani mengambil resiko.


Memiliki Portofolio Investasi yang Seimbang

menciptakan portofolio investasi

Jangan pernah menempatkan dana secara berlebihan ke dalam satu sektor atau aset tertentu saja. Portofolio investasi yang baik harus seimbang dan mampu memberikan keuntungan yang berkelanjutan.

Baca juga: Menghadapi Masa Pensiun, 5 Pilihan di Bawah Ini Bisa Anda Lakukan

Jangan hanya menempatkan dana ke dalam saham yang memiliki resiko tinggi saja, meskipun saham mampu memberikan tingkat pengembalian yang baik dalam jangka panjang. Anda juga bisa berinvestasi di KoinWorks yang menjadi penyeimbang dalam portofolio investasi.

Mendanai di KoinWorks jauh lebih aman daripada pasar saham karena para investor akan mendapatkan fasilitas dana proteksi yang nilainya mencapai 100% tergantung tingkat resiko yang dipilih.

Mendanai di KoinWorks sangat kami sarankan, jika Anda sudah mendekati masa pensiun dan membutuhkan produk yang lebih aman, namun tetap memberikan keuntungan yang optimal.


Anda Tidak Menggunakan Dana Pensiun

Ada banyak orang yang tergoda menarik uang dari rekening pensiun untuk memenuhi pengeluaran lain. Kebiasaan seperti ini akan menghilangkan potensi pertumbuhan yang bisa didapatkan di masa depan.

Ubahlah kebiasaan Anda untuk tidak menyentuh tabungan agar bisa memiliki kondisi keuangan yang jauh lebih baik di masa pensiun.

Jika telah memiliki 6 tanda yang disebutkan di atas, itu artinya Anda telah berada pada jalur yang benar dalam mempersiapkan masa pensiun.

Jika belum, Anda masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki cara pengelolaan keuangan agar bisa mendapatkan masa pensiun yang lebih baik di masa depan.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG