9 Cara Mempertajam Keterampilan Sosial, Terapkan Segera! – Jika Anda mudah merasa canggung di acara sosial atau kesulitan melakukan percakapan dengan orang lain karena malu, maka perbaiki kekurangan tersebut.

Kesulitan untuk bersosial dengan banyak orang akan sangat mempengaruhi karir dan pekerjaan Anda.

Baca juga: 10 Alasan Realistis Mengapa Anda Sulit Kaya, Pendidikan Menjadi Salah Satunya

Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir dengan masalah di atas. Kami telah merangkum tentang 9 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mempertajam keterampilan sosial.

9 Cara Mempertajam Keterampilan Sosial, Terapkan Segera!

1Mulai dari Hal yang Kecil

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9)

Jika Anda belum bisa pergi ke acara yang dihadiri banyak orang atau sulit berada di tengah kerumunan, maka mulailah dengan hal yang kecil terlebih dahulu. Mulailah dengan mengucapkan terima kasih ke pelayan restoran atau kasir di toko swalayan.


2Mengajukan Pertanyaan Terbuka

7 Alasan Mengapa Banyak Orang Gagal, Jadilah Seorang Pemenang! (2) - kemampuan kerja

Jika Anda ingin memulai percakapan, maka sampaikan beberapa pertanyaan terbuka kepada lawan bicara.

Baca juga: 3 Cara Membuat Perubahan dalam Hidup dan Menjadi Versi Terbaik Anda

Mulailah mendorong orang lain untuk berbicara, sehingga Anda tidak perlu membuat obrolan-obrolan kosong. Anda bisa mengajukan pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang panjang dan bukan jawaban ya atau tidak.


3Mendorong Orang Lain untuk Berbicara

Komunikator Hebat dan Luar Biasa Pasti Memiliki 5 Kualitas Berikut Ini - Haruskah Anda Melewati Perguruan Tinggi demi Menjalani Bisnis?

Sebagian orang sangat menikmati saat mereka berbicara tentang diri sendiri. Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang karir, hobi, atau keluarga kepada lawan bicara. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda tertarik dengan apa yang sedang sampaikan.


4Memuji Orang Lain dengan Tulus

tips-ampuh-negosiasi-gaji-

Pujian yang Anda berikan merupakan salah satu cara terbaik untuk membuka pintu percakapan. Memberikan pujian menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda ramah dan membuka diri untuk menjadi lawan bicara yang baik.


5Membaca Buku tentang Keterampilan Sosial

buku bisnis terbaik untuk pengusaha - buku untuk pebisnis online - buku tentang bisnis

Ada banyak sekali buku di pasar yang bisa membantu Anda mempelajari keterampilan sosial dan memulai percakapan dengan lancar. Hanya saja, Anda harus mengimbangi buku yang dibaca dengan kemauan untuk melatih keterampilan tersebut secara berulang.


6Menerapkan Tata Krama yang Baik

tips-memilih-supplier-bisnis-anda - membangun bisnis keluarga

Sikap dan tata krama yang sopan akan sangat membantu Anda dalam kehidupan bersosial. Tata krama harus Anda latih dan dilakukan secara konsisten secara terus menerus.


7Memperhatikan Bahasa Tubuh

guru-dosen-belajar-mengajar - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda - Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Soal Bahasa Tubuh

Komunikasi non-verbal adalah salah satu jenis bahasa yang sangat penting diperhatikan saat akan berhubungan dengan banyak orang. Anda harus terlihat terbuka saat berkomunikasi dengan orang lain dan lakukan kontak mata dengan mereka.


8Bergabung dengan Kelompok dan Organisasi

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (5) - 3 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Lebih dari Satu Mentor - Belajar Bahasa Asing Lebih Efisien Berkat 6 Tips dari Para Pakar Berikut - Mana yang Lebih Efektif: Belajar Secara Privat atau Berkelompok?

Cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan bergabung ke dalam kelompok orang untuk mengatasi perasaan malu, canggung, dan kecemasan sosial.

Baca juga: 4 Sebab Akibat yang Perlu Anda Pahami Dalam Karir

Kelompok akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan keterampilan sosial dan membuat jaringan baru yang bermanfaat untuk diri sendiri.


9Up To Date dengan Peristiwa Saat Ini

7 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat, Tak Perlu ke Luar Negeri! (1) - 5 Teknik Belajar Demi Mendapatkan Banyak Pengetahuan - 5 Alasan Mengapa Belajar Lebih dari Satu Bahasa Itu Perlu

Mengikuti perkembangan dunia dan membaca tren yang sedang berlangsung di masyarakat akan membuat Anda memiliki bahan pembicaraan saat berkomunikasi dengan orang lain.

Hindari membahas berita yang kontroversial atau politik, tetapi bicarakan hal-hal ringan yang menarik.

Baca juga: 4 Cara Memanfaatkan Teknologi Untuk Menyeimbangkan Pendidikan dan Kehidupan

Selain menerapkan cara di atas, Anda bisa meningkatkan keterampilan sosial dengan cara mengikuti kursus atau pelatihan yang berhubungan dengan bidang public speaking atau komunikasi.

Kursus yang diikuti memungkinkan Anda mengetahui lebih dalam cara berhubungan dengan banyak orang dan menerapkan keterampilan tersebut secara langsung di kelas.

Hanya saja, banyak orang yang tidak bersedia menggunakan cara ini karena terkendala dengan biaya pendidikan dan kursus yang mahal.

Tidak perlu khawatir dengan masalah di atas!

Manfaatkan fasilitas pinjaman dana yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk membayar biaya pendidikan tersebut.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana dengan suku bunga yang sangat ringan yaitu mulai dari 0,75% per bulan.

Baca juga: 7 Tanda Anda Bekerja Berlebihan, Yuk Utamakan Kesehatan Anda!

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dibayarkan dalam jangka waktu yang lebih lama sampai dengan 12 bulan ke depan.

Cara di atas tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Manfaatkan kemudahan dan fasilitas dari KoinPintar untuk mengikuti kursus dan pelatihan yang memungkinkan Anda meningkatkan keterampilan komunikasi menjadi lebih baik.

Mulai saat ini, jangan lagi menjadikan biaya sebagai alasan untuk tidak mengikuti pendidikan dan keterampilan yang berkualitas.

Semoga bermanfaat.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.