Jangan Panik! Tidak Pernah Ada Kata Terlambat Untuk Mencari Pekerjaan – Tidak semua mahasiswa bisa lulus dengan tepat waktu dan hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Tidak perlu khawatir saat Anda telat lulus dari perguruan tinggi dan baru memulai untuk mencari pekerjaan.

Baca Juga: Menjadi Seorang Pemimpin Millenial, Berikut 4 Tips yang Bisa Dilakukan

Kami akan memberikan beberapa kiat atau tips yang perlu dilakukan agar Anda bisa dengan lancar mencari pekerjaan yang diimpikan.

Simak penjelasannya di bawah ini.


Tips Dalam Mencari Pekerjaan

Ketahui Nilai yang Anda Inginkan

Yuk, Tambah Penghasilan dengan 5 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda saat akan mencari pekerjaan dan karir yang akan dijalani. Ada orang yang suka mencari keamanan, gaji yang tinggi, keseimbangan antara hidup dan bekerja, atau mencari pekerjaan yang harus menemui banyak orang setiap harinya.

Baca Juga: Lakukan 5 Aktivitas Ini dan Melatih Otak Menjadi Lebih Sehat

Jika Anda ingin memiliki keseimbangan hidup dan pekerjaan, maka sebaiknya jangan bergabung dengan perusahaan yang memiliki jam kerja yang padat dalam sehari atau mencari pekerjaan yang menuntut Anda untuk bekerja lembur.

Jika ingin mendapatkan gaji yang tinggi, maka sebaiknya ketahui standar gaji di sebuah industri pekerjaan yang akan Anda lamar.


Lakukan Tahapan Untuk Mendapatkan Pekerjaan yang Tepat

Jangan Panik! Tidak Pernah Ada Kata Terlambat Untuk Mencari Pekerjaan

Proses mencari pekerjaan akan jauh lebih mudah saat Anda mampu menguraikannya menjadi serangkaian tugas yang lebih kecil.

Baca Juga: 4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan, Yuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi!

Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah daftar yang perlu dilakukan dan tugas yang harus diselesaikan dengan segera.

Berikut beberapa langkah yang penting untuk dilakukan.


1. Ketahui Bagaimana Layanan Karir Universitas Bisa Membantu

7 Alasan Mengapa Pengajuan Aplikasi Beasiswa Gagal, Jangan Berhenti Mencoba! - Jangan Panik! Tidak Pernah Ada Kata Terlambat Untuk Mencari Pekerjaan

Setiap universitas biasanya memiliki layanan karir yang tersedia dan bisa dimanfaatkan para lulusan. Anda bisa datang dan melihat apa saja yang bisa di perloleh dari layanan karir di universitas.

Baca Juga: 6 Saran Agar Menjadi Pembicara Hebat yang Mengesankan

Secara umum, layanan karir universitas akan rutin mengumumkan lowongan pekerjaan yang bisa Anda ikuti, layanan bimbingan karir, dan lain sebagainya.


2. Pertimbangkan Opsi Untuk Meningkatkan Pengalaman Kerja

Jangan Panik! Tidak Pernah Ada Kata Terlambat Untuk Mencari Pekerjaan

Banyak perusahaan yang lebih cenderung suka dengan pelamar yang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena perusahaan tidak perlu memberikan pelatihan agar karyawan tersebut bisa bekerja dengan optimal.

Hanya saja, masalah utama dari lulusan baru adalah sebagian besar dari mereka belum memiliki pengalaman kerja yang baik.

Baca Juga: Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah pengalaman kerja, misalnya saja dengan menjadi sukarelawan di organisasi, mengikuti program magang di perusahaan lain, dan mengikuti sertifikasi keterampilan teknis yang berkaitan dengan studi.


3. Jangan Mengabaikan Nilai yang Anda Dapatkan

Kursus Bahasa Inggris - Jangan Panik! Tidak Pernah Ada Kata Terlambat Untuk Mencari Pekerjaan

Meskipun nilai yang Anda dapatkan tidak terlalu berpengaruh terhadap peluang untuk mendapatkan pekerjaan, bukan berarti Anda harus mengabaikan faktor yang satu ini.

Baca Juga: Meningkatkan Keterampilan Bisa Meningkatkan Prospek Karir Anda, Bagaimana Bisa?

Perusahaan tetap mempertimbangkan nilai yang Anda dapatkan di perguruan tinggi. Pastikan Anda memiliki IPK minimal 2,75 atau 3,00 agar menarik perhatian perusahaan untuk memanggil Anda mengikuti proses rekrutmen.


4. Jangan Pernah Berhenti Belajar!

Jangan Panik! Tidak Pernah Ada Kata Terlambat Untuk Mencari Pekerjaan

Jika Anda ingin berkembang dan memiliki karir yang melesat di masa depan, maka keinginan untuk terus belajar merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Meskipun saat ini Anda telah lulus dari perguruan tinggi, teruslah mengasah keterampilan baru yang akan memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan.

Baca Juga: Muncul Perasaan Malas Belajar? Ini 5 Kunci yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasinya

Beberapa keterampilan penting yang perlu dikuasai adalah kemampuan bahasa asing, keterampilan komunikasi yang baik, keterampilan interpersonal, sertifikasi keterampilan teknis, dan juga leadership.

Anda bisa menguasai keterampilan di atas dengan mengikuti pendidikan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan non-formal atau pelatihan. Jangan lupa untuk mempersiapkan dana pendidikan agar bisa mengikuti pelatihan keterampilan.

Biaya pendidikan yang mahal seringkali menjadi kendala atau masalah yang membuat banyak orang tidak bisa mengikuti pelatihan dan pendidikan.

Baca Juga: Jangan Menjadi Rata-Rata, Ini 3 Langkah Mengasah Keterampilan Diri

Apa yang harus dilakukan saat hal di atas terjadi?

Salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan solusi pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar.

KoinPintar memberikan fasilitas pinjaman dana pendidikan dengan bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Selain itu pinjaman yang telah Anda ambil bisa dibayar dengan cara mencicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih meringankan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Baca Juga: 5 Keterampilan Berkomunikasi Agar Sukses dalam Pekerjaan

Keringanan lain yang akan didapatkan dari KoinPintar adalah semua beban dan bunga akan diinformasikan secara transparan kepada Anda. Sehingga Anda tidak akan menemukan beban bunga yang tiba-tiba bertambah atau cicilan yang berubah.

Berbagai kemudahan tersebut bisa terjadi karena tujuan utama dari adanya KoinPintar adalah memudahkan masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan berkualitas tanpa harus khawatir dengan biaya yang bisa memberatkan.

Segera asah keterampilan dan tingkatkan kemampuan Anda untuk bisa bersaing dan mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian.

Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.