8 Langkah Menciptakan Rencana Keuangan yang Cerdas – Saat ini mulai banyak sekali orang-orang yang memiliki profesi sebagai perencana keuangan.

Mereka membantu para klien untuk mengatur penempatan uangnya agar menjadi lebih bermanfaat di masa depan.

Namun ternyata tanpa menggunakan jasa mereka, Anda juga mampu menciptakan rencana keuangan yang cerdas, lho!

Baca Juga: Bermimpi Untuk Menjadi Miliarder? Ini 5 Kebiasaan yang Dilakukan Miliarder Supaya Cepat Kaya

Apakah Anda mulai memikirkan impian dan kebutuhan pensiun di masa depan? Tentu saja. Rencana keuangan biasa akan berperan sebagai laporan bagi Anda.

Bagaimana Anda bisa tahu apakah Anda berada di jalur yang benar jika Anda tidak memiliki perencanaannya?

Setiap orang yang memiliki rencana keuangan yang terarah umumnya merasa lebih memegang kontrol akan keuangan mereka” dan dapat hidup lebih nyaman daripada orang lain.

Baca Juga: Seperti Apa Sih Kebiasaan Kaum Millennial Dalam Mengatur Keuangan?

Untuk membantu menyusun rencana keuangan yang realistis, berikut adalah delapan langkah sederhana:

8 Langkah Menciptakan Rencana Keuangan yang Cerdas

1. Tanyakan pada diri sendiri: Apa tujuan masa depan Anda?

merencanakan masa depan - merancang masa depan

Meskipun ini adalah sebuah pertanyaan yang bersifat klise, namun Anda perlu menjawab: “Ke mana Anda ingin membawa diri Anda dalam 5, 10, 20 tahun mendatang?” dan “Apa yang sebenarnya Anda inginkan dalam kehidupan ini?”

Baca Juga: Ingin Semakin Ahli Dalam Mengatur Keuangan? Yuk Pakai 4 Aplikasi Keuangan Gratis Ini!

Jangan menjawab dengan sesuatu yang bersifat umum seperti: “Saya ingin menjadi kaya” atau “Saya ingin keliling dunia.” Ciptakan jawaban yang lebih spesifik.

“Dalam dua puluh tahun, saya ingin memiliki rumah, memiliki jumlah tabungan, jumlah B dalam investasi, dan jumlah C dalam dana pensiun saya.”

Anda tidak perlu memiliki tujuan yang 100% jelas. Beri diri Anda kelonggaran, tapi jangan bayangkan gaya hidup yang mewah dalam sepuluh tahun jika penghasilan masa lalu dan penghasilan Anda saat ini belum dapat menyesuaikannya.

Baca Juga: Hey Anak Muda! Anda Wajib Punya Skill Finansial Ini Agar Bisa Kaya Raya Di Masa Depan

Memilih tujuan yang masuk akal sangat penting jika Anda berencana untuk memiliki keluarga karena banyak keputusan keuangan berubah seiring dengan kedatangan anak-anak.

2. Ketahui nilai Anda saat ini

kebiasaan kaum millennial mengatur keuangan - koinworks

Anda tidak akan pernah sampai ke tempat tujuan jika Anda tidak mulai melangkah. Inilah langkah di mana Anda perlu mengeluarkan semua catatan Anda dan mengambil kalkulator untuk membuat perhitungan secara detil.

Baca Juga: Krisis Keuangan? Don’t Worry Be Happy Selama Anda Melakukan 6 Tips ini

Kumpulkan semua informasi sebanyak mungkin. Anda perlu mencantumkan aset Anda: mulai dari rumah, mobil, tabungan, dan investasi Anda.

Selanjutnya, tuliskan apa yang menjadi hutang Anda: hipotek, kredit mobil, tagihan kartu kredit, dan sebagainya.

Semua hasil pendapatan dan investasi. Jangan lupa bahwa Anda juga perlu memeriksa pengeluaran. Menghitung semua ini akan membuat Anda mengetahui sesungguhnya berapakah nilai yang Anda miliki saat ini.

3. Periksa Biaya Anda saat ini

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan

Anda perlu mencari tahu kemana uang Anda pergi. Sediakan notebook mini dan catat secara detil setiap biaya yang keluar.

Baca Juga: Menurut Para CEO Dunia, 8 Hal Ini Harus Anda Lakukan Di Saat Usia 20-an

Anda juga dapat membuat sebuah dokumen Word / Excel yang dapat merinci pengeluaran Anda, dari dasar seperti makanan, tempat berlindung, dan biaya transportasi.

Jadikan ini kebiasaan dalam setiap bulannya. Melalui tindakan yang Anda lakukan seperti ini, maka Anda akan mengetahui apakah Anda telah secara bijak menggunakannya.

4. Mulai Hemat

Ada banyak aturan praktis tentang menabung. Ada yang bilang simpan 10% dari penghasilan anda. Ada pula yang bilang untuk selalu memiliki dana darurat setidaknya senilai dengan tiga bulan pendapatan yang dimiliki.

Baca Juga: Agar Tidak Malah Merugi, 7 Cara Berhemat yang Salah Ini Tidak Boleh Anda Lakukan

Mulailah untuk memangkas beberapa pengeluaran, tanpa membunuh semua kesenangan Anda. Pastikan Anda menabung sebanyak yang Anda bisa.

5. Bayar Hutang Anda

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang

Apabila saat ini Anda memiliki hutang dengan bunga yang tinggi, Anda harus segera mengatur keuangan Anda untuk melunasinya.

Baca Juga: Cara Pandang Orang Sukses vs Orang Biasa-Biasa Saja, yang Manakah Anda?

Hutang dengan bunga tinggi masuk ke tingkat pengembalian yang Anda dapatkan dari investasi Anda dan dapat menelan seluruh pendapatan yang didapatkan di rekening tabungan. Menghapus hutang Anda juga akan menghapus nilai kredit Anda untuk masa depan.

6. Bangun Portofolio Investasi Anda

menciptakan portofolio investasi

Lebih dari hanya sekedar rekening tabungan, investasi yang akan menjaga selama masa pensiun Anda. Beberapa peraturan investasi dasar namun penting:

Baca Juga: 5 Kebiasaan Membuang Uang yang Sering Dilakukan Oleh Millennial

Selalu lakukan penelitian sebelum terjun. Pahami peraturan risiko dan hasil yang ada: semakin tinggi risikonya, semakin tinggi potensi keuntungan- dan sebaliknya.

Cobalah untuk melakukan diversifikasi akan portofolio Anda: mulailah untuk berinvestasi dalam berbagai bentuk dan jenis, jadi jika satu investasi gagal, tidak akan membuat Anda kehilangan terlalu banyak.

7. Asuransikan Diri Anda

dana proteksi koinworks - keamanan investasi koinworks

Hidup merupakan perjalanan yang tidak bisa ditebak. Terkadang kecelakaan mengerikan terjadi. Sulit untuk membeli asuransi jiwa saat Anda merasa memiliki kesehatan yang baik, tapi jika tidak itu berarti Anda menaruh rencana masa depan ke dalam bahaya.

Baca Juga: Bagi Anda Anak Muda, Ingin Mulai Berinvestasi? Pelajari Dulu Seluk-Beluknya!

Membeli asuransi jiwa paling baik dilakukan lebih awal daripada nanti. Asuransi jiwa akan memastikan rencana keuangan yang telah Anda bangun dengan cerdas tidak akan habis dalam sekejap.

8. Monitor Rencana Keuangan

rencana keuangan

Jika Anda benar-benar bersemangat untuk mencapai tujuan akhir Anda, maka langkah ini merupakan langkah paling penting. Periksa kemajuan Anda setiap tahunnya. Tanyakan pada diri sendiri:

Baca Juga: Supaya Bisa Investasi Sedari Muda, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Apakah saya telah melunasi hutang saya? Dapatkah saya menyimpan lebih banyak uang? Apakah investasi saya berjalan dengan baik? Apakah saya cukup berusaha untuk mencapai tujuan saya?

Meninjau rencana keuangan setiap tahunnya akan membuat Anda bertahan dalam kondisi yang lebih baik di jangka panjang.

Nah, itulah tadi 8 cara cerdas dalam mengatur keuangan, intinya dalam mengatur keuangan adalah dimana Anda dapat menempatkan penghasilan Anda kedalam porsi-porsi yang tepat.

Tidak hanya menabung, namun juga melakukan investasi. Saat ini banyak sekali jenis investasi yang dapat memberikan Anda hasil dalam bunga yang tinggi namun dengan risiko yang rendah, salah satunya melalui peer-to-peer lending dari KoinWorks.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Cukup dengan menyisihkan 10-20% dari pendapatan Anda saat ini akan memungkinkan Anda untuk menciptakan pendapatan pasif dengan bunga efektif mulai dari 18% per tahun.

Nominal awal yang dibutuhkan juga dapat di mulai dengan hanya Rp 100,000. Hanya dengan berinvestasi Anda dapat menjadi lebih kaya dari saat ini. Maka dari itu, yuk mulai berinvestasi dari sekarang!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.