Mendapatkan Feedback dari Pelanggan Itu Perlu, Ini 5 Caranya… – Dalam dunia bisnis, feedback atau umpan balik merupakan salah satu poin penting yang mampu mengukur kesuksesan bisnis seseorang.

Feedback bisa digunakan sebagai acuan ke mana bisnis Anda seharusnya melangkap. Lebih jauh lagi, feedback seringnya dimanfaatkan sebagai salah satu elemen dalam melakukan evaluasi bisnis.

Baca juga: 4 Cara Mudah Bisnis Online Anda dapat Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat

Feedback bisa didapatkan dari mana saja, tapi tentu yang paling penting adalah feedback dari para pelanggan Anda.

Bagi Anda yang memiliki bisnis online, feedback dari pelanggan mampu menjadi jejak digital yang akan meningkatkan citra bisnis di mata pelanggan. Namun, bagaimana sih, caranya mendapatkan feedback dari pelanggan? Ini dia 5 caranya.

5 Cara Mendapatkan Feedback dari Pelanggan

1Lakukan survey online

email marketing

Untuk mengetahui pendapat pelanggan, dengan menyebar survey secara online tentu akan lebih memudahkan.

Anda bisa menggunakan media sosial yang kini sudah lebih cangih berkat fitur polling. Dengan fitur tersebut, Anda bisa menanyakan berbagai pertanyaan mengenai produk atau layanan yang Anda sediakan.


2Kirim email kepada pelanggan Anda

hukum mendengarkan - mendengarkan keluhan pelanggan - mendengarkan feedback - customer service - 4 Teknik yang Perlu Dikuasai Salesperson Saat Menjadwalkan Ulang Panggilan Telepon dengan Pelanggan

Biasanya, apabila pelanggan Anda memiliki pertanyaan atau keluhan, mereka akan menghubungi Anda via telepon, email, atau media sosial.

Biasanya, email banyak digunakan sebagai media komunikasi karena pelanggan merasa lebih leluasa dalam menyampaikan pendapat secara panjang lebar. Bahkan, mereka juga bisa menyertakan foto di dalamnya.

Baca juga: Pengusaha Online Harus Belajar 5 Hal Ini Agar Usaha Makin Berkembang

Dibanding menunggu feedback dari pelanggan, mengapa tidak Anda yang mengirimkan email dan menanyakan pendapat lebih dulu?

Misalnya, ada pelanggan yang menggunakan jasa trip organizer Anda. Nah, setelah Anda selesai memberikan layanan kepada pelanggan tersebut, kirimkan email kepada mereka untuk menanyakan pengalaman mereka saat menggunakan jasa Anda.

Berikan juga pertanyaan mengenai hal-hal apa saja yang perul diperbaiki sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bisnis Anda.

Selanjutnya, keep in touch! Kirimkan email lain yang berisi informasi tentang bisnis Anda supaya pelanggan senantiasa uptodate dengan perkembangan bisnis Anda.


3Tampilkan kolom komentar pada website Anda

cpns-tipu-penipuan-cek-situs-website-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS!

Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan feedback dari pelanggan, Anda bisa menampilkan kolom komentar pada website Anda. Dengan demikian, pelanggan bisa menyampaikan kritik dan saran secara langsung.

Pastikan Anda memfilter komentar mana saja yang akan ditampilkan guna mencegah munculnya komentar spam.


4Sebar kuesioner setelah acara

survey online

Apabila Anda tidak yakin bahwa pelanggan Anda mau mengisi survey secara online atau lewat email yang Anda kirimkan, mengapa tidak menyebarnya secara offline?

Baca juga: 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang

Misalnya, setelah Anda melakukan acara offline, mintalah para pelanggan yang hadir untuk mengisi kuesioner dari Anda. Ada baiknya jumlah pertanyaannya dibatasi supaya tidak memakan waktu lama dalam pengisiannya.

Meski akan boros kertas, ini akan menjamin Anda mendapatkan feedback dari pelanggan.


5Berikan reward untuk pelanggan Anda

hadiah kado - mengelola bonus perusahaan

Tidak semua pelanggan ingin menyampaikan pendapat mereka mengenai produk atau layanan bisnis Anda. Maka dari itu, memberikan reward bisa menjadi solusi jitu untuk mengajak mereka menceritakan pengalamannya.

Di sisi lain, Anda juga bisa mengadakan lomba review terbaik di mana para pelanggan bisa mengulas produk Anda di media sosial atau website mereka.

Baca Juga: Strategi Promosi yang Perlu Dilakukan Saat Bisnis Mulai Berjalan

Reward yang diberikan pun tidak perlu sampai menguras budget bisnis Anda. Anda bisa memberikan gantungan kunci, tumblr, kaos, voucher transportasi online, uang tunai, dan sebagainya.

Bagaimana, sudah siap meningkatkan bisnis Anda lewat feedback dari pelanggan? Semoga hasil yang didapatkan mampu mendukung Anda untuk mengembangkan bisnis lebih lebar lagi.


Namun, apa yang harus saya lakukan jika masih kekurangan modal?

investasi di KoinWorks - menanamkan modal

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis, sudah pasti adaaaa saja hambatan yang ditemui di tengah jalan. Salah satunya adalah hambatan modal. Namun, jangan sampai modal usaha menjadi penghalang kesuksesan bisnis Anda!

Nah, untuk membuat bisnis Anda berkembang lebih cepat, mengapa tidak memanfaatkan pinjaman modal usaha dari platform P2P Lending seperti KoinWorks? KoinWorks sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK, lho!

Kemudian, jumlah pinjaman usaha yang bisa kantungi mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Kemudian, 0,75% hingga 1,67% flat per bulan merupakan bunga yang ditawarkan oleh KoinWorks.

Baca juga: Mau Mengembangkan Usaha? Pinjaman dari KoinWorks Ini Bisa Jadi Pilihan Bijak

Banyak sekali pebisnis yang sudah mengandalkan pinjaman modal usaha ini untuk meningkatkan bisnis mereka. Salah satunya ialah Welly Ng, pemilik bisnis Beauty Barn.

Lewat pinjaman modal usaha dari KoinWorks, Welly Ng yang tadinya hanya berjualan secara online, kini sudah memiliki offline store sendiri.

Penasaran? Simak videonya di bawah ini, yuk!

xx

 


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.