Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks – Dalam sistem investasi Peer to Peer Lending atau Fintech Lending, bunga pengembalian dengan nilai rata-rata pun bahkan menarik di mata para investor. Namun, salah satu hal terbaik yang dimiliki oleh sistem investasi Fintech Lending adalah tersedianya riwayat data, fleksibilitas yang tinggi, dan tentu saja menguntungkan.

Jika Anda masih merupakan investor baru dalam Fintech Lending, trik sederhana ini bisa Anda pelajari guna mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi Fintech Lending KoinWorks.

Baca Juga:

Peraturan Peer to Peer Lending Resmi Dirilis Oleh OJK

Dengan sistemnya yang sangat fleksibel, Anda bisa bereksperimen agar mampu mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi Fintech Lending Anda. Baca cara kerja KoinWorks sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Yang Perlu Dipahami Sebelum Memulai

Dalam beberapa pembahasan sebelumnya, sudah ditekankan berulang kali bahwa teknik diversifikasi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam berinvestasi, termasuk pula ketika berinvestasi di Fintech Lending.

Bahkan para investor ahli, terutama investor ahli di sistem investasi Fintech Lending pun menyarankan agar teknik diversifikasi sebaiknya dilakukan setiap kali Anda memutuskan untuk berinvestasi.

Baca Juga: 5 Tips Berinvestasi di Fintech Lending dari Para Ahli

Banyaknya pinjaman yang diajukan di dalam platform KoinWorks, yang bisa segera Anda danai, membuat teknik diversifikasi bisa sangat mudah dilakukan.

Namun Anda tentu harus memahami bahwa dengan teknik diversifikasi, dana investasi yang Anda miliki sekarang harus dibagikan, masing-masing dialokasikan ke pinjaman yang berbeda-beda. Sebenarnya ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Baca Juga: Begini Teknik Diversifikasi Investasi di Fintech Lending KoinWorks

Ketika kita berbicara mengenai kekurangannya, teknik diversifikasi dapat ‘mengurangi’ potensi Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal, yang merupakan negasi dari topik yang kita bicarakan dalam artikel ini.

Karena, dalam praktiknya, ketika Anda mengalokasikan seluruh dana investasi pada satu tempat, Anda tentu akan mendapatkan bunga yang maksimal. Sebaliknya, ketika Anda memisahkannya di dua atau lebih tempat yang berbeda, keuntungan Anda pun menjadi ‘terpisah’, tentu bergantung pada interest rate masing-masing investasi.

Sedangkan untuk kelebihannya, ketika Anda berinvestasi di dua tempat yang berbeda atau lebih, Anda bisa lebih bereksperimen dan mengetahui tujuan investasi mana yang mampu memberikan keuntungan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Progres Pinjaman yang Anda Danai di KoinWorks?

Selain itu, jika terjadi gagal bayar atau kerugian pada investasi Anda, maka Anda tidak akan kehilangan seluruh investasi Anda.

Masih banyak lagi kekurangan dan kelebihan teknik diversifikasi yang ada, namun dalam berinvestasi di Fintech Lending, yang perlu Anda ketahui adalah:

  1. Diversifikasi perlu dilakukan untuk meminimalisir kerugian jika peminjam gagal bayar,
  2. Memperluas penyusunan portofolio,
  3. Bereksperimen untuk menentukan pinjaman dengan grade apa yang paling menguntungkan,
  4. KoinWorks dengan sistem Fintech Lending-nya menawarkan fleksibilitas yang tinggi, sehingga memudahkan investor untuk berdiversifikasi.

Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Setelah Anda menyiapkan semua hal yang perlu dipersiapkan, mulailah berinvestasi di KoinWorks. Jika Anda masih merupakan investor baru dalam sistem ini, maka cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai Fintech Lending terlebih dahulu.

Baca Juga: Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial?

Dengan asumsi bahwa Anda telah siap berinvestasi, Anda bisa mulai mempraktikkan beragam hal berikut:

Saring Laba & Resiko Berdasarkan Grade yang Ada

Investasi Menguntungkan dan Aman Online KoinWorks

Keuntungan vs Resiko: Persentase Bunga dan Perlindungan Dana Proteksi

Dari gambar di atas terdapat 5 jenis grade yakni A hingga E, di mana masing-masing grade memiliki level masing-masing mulai dari 1 hingga 5.

Tanda panah yang ada menunjukkan bahwa semakin tinggi grade-nya maka semakin rendah pula resiko yang mungkin terjadi dan bunga keuntungan yang didapatkan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan

Sebaliknya, semakin rendah grade-nya mendekati dan menyentuh grade E5 maka semakin tinggi pula resiko dan potensi keuntungan yang akan didapatkan.

Nah, kita mulai triknya dari sini. Trik sederhana mendapatkan keuntungan investasi maksimal di KoinWorks memang cukup sederhana, yang perlu Anda praktikkan adalah:

  1. Pahami grade dengan masing-masing tingkat bunga dan resikonya. Dari gambar di atas sudah diberitahu bagaimana masing-masing grade mengandung nilai resiko dan persentase bunga.
  2. Analisa data setiap peminjam yang menjadi tujuan investasi Anda. Anda harus tetap mempelajari data setiap peminjam dengan seksama, apakah menurut Anda ia layak mendapatkan dana pinjaman dari Anda. Di KoinWorks, data komprehensif yang Anda butuhkan sudah tersedia dalam bentuk Factsheet yang bisa Anda unduh dalam format PDF.
  3. Terapkan diversifikasi. Anda harus menyebarkan dana investasi ke beberapa pinjaman dalam lingkup grade yang mendekati grade paling aman dan grade paling beresiko, grade paling rendah bunganya dan paling tinggi.
  4. Utamakan berinvestasi di grade yang paling beresiko, karena grade paling beresiko memiliki persentase bunga yang paling tinggi dibandingkan grade yang lebih aman tentunya.
    Semakin rendah
    grade-nya mendekati E5 maka potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan jadi lebih maksimal jika Anda memutuskan untuk berinvestasi di sana.
    Misalnya, mulai dari grade C hingga E, Anda berpotensi mendapatkan keuntungan tinggi setiap tahunnya sebanyak mulai dari 24% hingga 38%.
  5. Pahami ketentuan Dana Proteksi dari KoinWorks. Tahukah Anda, bahwa KoinWorks merupakan satu-satunya Fintech Lending Indonesia yang menyediakan Dana Proteksi? Di mana dana para investor yang tersalur kepada peminjam akan diberikan ganti rugi jika si peminjam gagal bayar. Dalam berinvestasi, setiap resiko itu selalu dan tetap ada.
    Oleh karena itu, agar lebih mudah mengidentifikasinya, KoinWorks telah menetapkan
    grade untuk masing-masing pinjaman; grade A hingga E. Dengan Dana Proteksi, grade A akan mendapatkan ganti rugi sebesar 100% dan terus menurun hingga grade terendah; E.
    Anda tentu tidak ingin ada peminjam yang gagal bayar karena akan berefek pada keuntungan yang harusnya Anda dapatkan.
    Oleh karena itu, pahami segala resiko sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Pastikan agar resiko gagal bayar bisa Anda minimalisir. Dan meskipun ada peminjam yang gagal bayar, Dana Proteksi KoinWorks paling tidak bisa menjadi jawaban bagi permasalahan Anda.
  6. Investasikan lagi keuntungan yang telah Anda dapatkan, agar keuntungan berupa bunga pengembalian semakin meningkat lagi. Adanya compounding effect atau compounding interest akan mempengaruhi nilai dana investasi Anda menjadi lebih tinggi lagi.
    Ketimbang buru-buru menarik keuntungan yang telah Anda dapatkan, lebih baik menginvestasikan lagi dana tersebut agar nilainya menjadi lebih tinggi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi Fintech Lending KoinWorks.

Investasi Fintech Lending: Praktik Terbaik dalam Berinvestasi di Peer to Peer Lending

Jadi, dengan alur sederhananya, berinvestasi pada pinjaman dengan grade yang lebih beresiko akan memberikan keuntungan yang lebih tinggi, hanya saja resikonya pun juga tinggi.

Semakin sering Anda berinvestasi di Fintech Lending KoinWorks, semakin Anda mengerti bagaimana konsep dan pola investasi yang tepat bagi Anda, dan Anda pun bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi Fintech Lending KoinWorks.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks

Nah, apakah Anda siap untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi Fintech Lending KoinWorks? Mulai berinvestasi sekarang di KoinWorks.

Daftar Sekarang

There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?