Mendorong Perekonomian Indonesia dengan P2P Lending – Dorongan Fintech terhadap inklusi keuangan sebenarnya sudah terasa sejak beberapa periode belakangan.

Masyarakat yang belum bisa mengakses keuangan secara perbankan kini dapat terbantu oleh dukungan Fintech yang berbasis pada teknologi informasi.

Maraknya penggunaan layanan Fintech di tengah-tengah masyarakat memang tak lepas dari menyebarluasnya teknologi yang kini sudah akrab bagi masyarakat itu sendiri. Kurang lebih setengah penduduk Indonesia kini sudah bisa menikmati teknologi.

Oleh karena itu, inovasi yang ada di tubuh Fintech pun dapat cepat meresap ke tengah-tengah masyarakat.

Meningkatkan inklusi keuangan menjadi sasaran pemerintah sekarang ini. Tak ayal, inklusi keuangan menjadi bagian dari agenda besar Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Fintech sendiri, secara khusus P2P Lending, turut mengambil peran dalam meningkatkan perekonomian Indonesia yang dapat diwujudkan dengan membantu permodalan bagi UMKM.

P2P Lending Mendorong UMKM untuk Dapat Semakin Berkembang

Tak bisa dipungkiri bahwa modal usaha tetap menjadi nafas utama bagi perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Namun, tak semua pelaku UMKM dapat menikmati akses keuangan yang mudah untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari lembaga keuangan tradisional. Peran P2P Lending pun menjadi alternatif yang sangat tepat dalam mengatasi persoalan ini.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman Bisnis di KoinWorks

Industri P2P Lending seperti yang kini dijalani oleh KoinWorks menjadi salah satu bagian besar dalam mendorong perekonomian Indonesia.

Pelaku UMKM secara khusus yang belum bisa menikmati akses keuangan dari lembaga keuangan konvensional kini mampu mengajukan pinjaman tanpa jaminan dengan mudah tanpa harus mendatangi kantor KoinWorks lewat sistem P2P Lending.

Hal ini tentu akan berbeda bila Anda mengajukan pinjaman melalui perbankan maupun layanan keuangan konvensional lainnya.

Pelaku UMKM yang memanfaatkan teknologi informasi internet sebagai pasar utama tentu bisa dikatakan paham dalam menggunaan internet. Paling tidak, ia akan cepat belajar tentang bagaimana memanfaatkan internet untuk kepentingannya.

Pelaku UMKM juga kerap menggunakan internet untuk memasarkan produk bisnisnya lewat toko online atau pun marketplace online yang juga kini semakin besar jumlahnya.

Pemahaman dalam menggunakan internet tersebut juga menjadi salah satu modal besar pelaku UMKM untuk mendapatkan akses pinjaman modal usaha melalui P2P Lending.

Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Mereka yang mengajukan pinjaman modal usaha di Fintech Lending KoinWorks lewat KoinBisnis akan diberi kesempatan untuk mendapatkannya.

Penilaian kelayakan kredit akan tetap dilakukan KoinWorks, meski memang tidak serumit lembaga keuangan konvensional dan bisa sepenuhnya dilakukan secara online.

Begitu pinjaman yang diajukan disetujui, pinjaman tersebut akan diterbitkan ke dalam platform KoinWorks dan siap untuk didanai oleh ribuan investor yang tergabung.


Ajukan Pinjaman


P2P Lending sebagai Alternatif Investasi Sekaligus Mendorong Perekonomian Indonesia Lewat Pengembangan UMKM

P2P Lending memang bekerja dari dua arah yang tidak hanya memberi akses pinjaman modal bagi pelaku UMKM tetapi juga menjadi alternatif investasi bagi seluruh investor.

Masyarakat yang tergabung sebagai investor di KoinWorks akan mendapatkan kesempatan untuk berinvestasi online mulai dari Rp 100.000 dengan bunga keuntungan mulai dari 18% per tahun.

Baca Juga: Belum Pernah dan Ingin Mulai Berinvestasi? Ini 5 Tips Investasi untuk Pemula

Bunga tersebut terbilang tinggi, dan akan lebih tinggi lagi bila bunga keuntungan yang didapat kembali diinvestasikan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya compounding effect.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Selain mendapatkan keuntungan investasi yang besar, setiap investor juga berkesempatan untuk mendukung misi sosial KoinWorks dengan mendorong perekonomian Indonesia lewat pengembangan UMKM lewat pinjaman modal, memberikan pinjaman dana kesehatan dan pendidikan.

Baca Juga: Investasi Fintech Lending: Praktik Terbaik dalam Berinvestasi di Peer to Peer Lending

Setiap pinjaman modal yang diinvestasikan oleh investor akan sangat berarti untuk mendorong perekonomian Indonesia lewat UMKM.

Dengan begitu, UMKM yang mendapat pinjaman modal usaha dari investor akan berkesempatan lebih dalam mengembangkan usahanya, sehingga roda perekonomian Indonesia pun akan berputar lebih cepat.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kenapa Anda Harus Berinvestasi di KoinWorks

Selain itu, pinjaman kesehatan oleh investor akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan pinjaman pendidikan akan meningkatkan potensi perkembangan setiap individu dalam berkompetisi di dunia kerja, mengurangi pengangguran, sehingga perekonomian Indonesia pun akan terus bertumbuh.


Daftar Sekarang


Penutup

Oleh karena itu, P2P Lending menjadi salah satu bagian dari Fintech yang sangat berperan bagi perekonomian Indonesia, terutama bagi pengembangan UMKM untuk lebih maju lagi.

Eksistensinya dalam layanan jasa keuangan bisa dikatakan sangat signifikan, dan apabila terus mampu menghadirkan inovasi baru dalam dunia finansial, bukan tidak mungkin perekonomian Indonesia dapat terus bertumbuh lewat tingkat inklusi keuangan yang diberikannya.

Bagaimana menurut Anda?



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?