Mengajar Anak Mengelola Keuangan Lewat 5 Hadiah Ini – Ada berbagai macam hadiah yang bisa Anda berikan untuk anak yang sedang berulang tahun. Mulai dari pakaian baru, mainan baru, gadget, atau hal lain yang sedang mereka butuhkan. 

Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis hadiah yang lebih bermanfaat untuk masa depan sang buah hati, yaitu hadiah yang mengajarkan mereka tentang men gelola keuangan.

Apa saja hadiahnya? Berikut ini bocorannya.

Mengajar Anak Mengelola Keuangan Lewat 5 Hadiah Ini

1 Celengan atau Piggy Bank

Mengajar Anak Mengelola Keuangan Lewat 5 Hadiah Ini

Anak yang berusia 6-14 tahun biasanya belum bisa mengakses dan membuat rekening tabungan di bank. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengajarkan mereka menabung adalah dengan memberikan hadiah celengan.

Hadiah yang Anda berikan akan sangat memotivasi anak-anak untuk menyimpan sebagian uang jajan mereka ke dalam celengan tersebut.

Baca juga: 5 Tipe Kepribadian Saat Mengelola Keuangan Pribadi, Apa Kepribadian Anda?

Ajarkan pula mereka untuk membiasakan diri menyisihkan sebagian uang jajan untuk dimasukkan ke dalam celengan. Tidak perlu berjumlah banyak, lebih baik ajarkan mereka untuk konsisten menabung dan menyisihkan sebagian uang jajan.

Kebiasaan sederhana yang bermanfaat ini akan sangat membantu mereka mengelola keuangan di masa depan.


2 Buku Anak yang Mengajarkan tentang Keuangan Pribadi

Mengajar Anak Mengelola Keuangan Lewat 5 Hadiah Ini- sampingan mahasiswa

Cara yang satu ini menjadi taktik yang sangat baik untuk memengaruhi anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan tentang pentingnya mengelola keuangan pribadi dengan baik.

Mengajarkan anak-anak lewat buku lebih baik dilakukan saat usianya 5-10 tahun, di mana daya tangkap dan kemampuan menerima pelajaran masih sangat baik.

 Ada banyak sekali buku cerita bergambar yang menceritakan kisah orang-orang boros yang bisa diambil hikmahnya. Atau cerita tentang semut yang bekerja keras memenuhi kebutuhan dan tidak terlena menghamburkan sumber makanan yang dimiliki.


3Hal yang Membantu Mereka Memulai Bisnis Pertama

Mengajar Anak Mengelola Keuangan Lewat 5 Hadiah Ini

Jika Anda memiliki anak yang berusia di atas 15 tahun, maka memberikan hadiah yang bisa digunakan untuk memulai bisnis bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Dalam usia tersebut, anak-anak sudah bisa mulai diajarkan mengelola keuangan dari bisnis, serta belajar mengelola pendapatan dan pengeluaran dari usaha yang dilakukan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Misalnya saja Anda membelikan mereka booth kecil yang bisa dimanfaatkan berdagang minuman ringan sepulang sekolah. Atau membelikan mereka sebuah kamera yang bisa digunakan untuk memulai bisnis fotografi. Berikan apa yang mereka sukai.


4 Kartu Debit

kartu kredit - bijak menggunakan kartu kredit

Kartu debit bisa menjadi hadiah yang salah, jika Anda tidak mengajarkan mereka tentang cara menggunakannya dengan baik dan benar. Sebab, mereka bisa saja membelanjakan uang yang ada didalamnya tanpa kontrol yang baik.

Oleh sebab itu, Anda perlu memberikan bimbingan kepada anak saat memberikan hadiah kartu debit kepada mereka. Ajarkan mereka cara membaca laporan bulanan dan melacak berbagai pengeluaran yang dilakukan selama satu bulan.

Ajak mereka untuk menganggarkan pengeluaran agar bisa berhemat dan ajak mereka berdiskusi tentang cara mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.


5 Berikan Investasi Pertama!

investasi p2p lending untuk anak muda - pengaruh pinjaman p2p lending

 Pada anak usia menginjak usia 17 tahun dan sudah memiliki KTP sendiri, maka inilah saatnya untuk memberikan mereka investasi pertama.

Mengajarkan mereka berinvestasi perlu dilakukan, ketika Anda sudah membiasakan mereka menabung dan menyisihkan sebagian uang jajan setiap bulannya.

Dalam situasi seperti ini, Anda sudah siap mengajarkan mereka tentang dasar-dasar investasi untuk mengembangkan dana di masa depan.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Agar Generasi Millennial Berhasil Mengelola Gaji Bulanan

Berikan mereka investasi pertama dan biarkan mereka senang saat melihat uang tersebut tumbuh dari hari ke hari. Untuk awal, Anda tidak perlu memberikan investasi yang beresiko tinggi dengan modal yang besar, cukup berikan investasi yang berbiaya rendah dengan resiko yang moderat dan rendah.

KoinWorks bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang bisa Anda berikan sebagai hadiah kepada anak untuk mengajarkan mereka berinvestasi. Hanya dengan bermodal Rp 100.000 saja, uang yang Anda investasikan mampu bertumbuh mulai dari 18% dalam setahun.

Selain bisa menumbuhkan uang di masa depan, dengan berinvestasi di KoinWorks, Anda juga bisa berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Bagaimana bisa? Sebab uang yang Anda investasikan akan disalurkan kepada para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka melalui pinjaman. Inilah konsep investasi peer-to-peer lending yang bisa menguntungkan dua belah pihak sekaligus.

Jangan lupa juga untuk mengajarkan mereka tentang dasar investasi dan resiko apa saja yang harus diwaspadai berkaitan dengan investasi yang dilakukan.

Baca juga: Mudah Dipraktikkan! Ini 5 Cara Memotivasi Diri untuk Mematuhi Anggaran Keuangan yang Dibuat

Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa memberikan hadiah kepada anak-anak tidak selamanya harus berupa kesenangan saja, tetapi bisa juga hal yang bisa bermanfaat untuk mereka di masa depan.

Salah satunya adalah hadiah yang bisa mengajarkan mereka mengelola keuangan di masa depan dengan baik. Kebiasaan kecil yang dilakukan sejak dini inilah yang akan membiasakan mereka mengelola keuangan dengan baik. 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.