Home Pinjaman Cara dan Syarat Mengajukan Pinjaman di Koperasi 2020

Cara dan Syarat Mengajukan Pinjaman di Koperasi 2020

Cara dan Syarat Mengajukan Pinjaman di Koperasi 2020 – Siapa yang tidak mengenal Koperasi Simpan Pinjam (KSP)? Masih banyak orang yang memilih menyimpan uang mereka dan juga meminjam uang di dalam media ini.

Secara sederhana, koperasi adalah sebuah organisasi bidang ekonomi yang dijalankan oleh para anggota demi kepentingan bersama. Koperasi ini menjalankan segala kegiatan simpan dan pinjam berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat dengan asas kekeluargaan.

Pengertian tersebut dicantumkan di dalam Undang Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.

Karena perkembangan zaman, kegiatan koperasi ini juga turut dikembangkan. Maka, dalam pelaksanaannya, koperasi juga menyediakan produk pinjaman yang dikhususkan bagi para anggota berdasarkan perjanjian dan kesepakatan bersama.

Baca juga: Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Jangan khawatir jika kamu bukan anggota koperasi, namun ingin meminjam dana untuk modal usaha. Kamu sudah bisa melakukan pengurusan dana pinjaman kepada koperasi meskipun status kamu bukan anggota.

Tapi, pada saat melakukan pinjaman di koperasi, status kamu berubah secara otomatis menjadi calon anggota koperasi.


Cara dan Syarat Mengajukan Pinjaman di Koperasi 2020

#1 Alasan Mengajukan Pinjaman di Koperasi

Alasan Mengajukan Pinjaman di Koperasi

Belakangan ini, koperasi dijadikan salah satu sarana pemenuhan kebutuhan finansial masyarakat. Bahkan, sering kali ditempatkan sebagai solusi utama.

Keberadaan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) menjadi pilihan masyarakat untuk mencukupi modal bisnis mereka. Sebab, KSP ini sangat berperan penting dalam menyalurkan modal kepada masyarakat luas, terutama kalangan menengah ke bawah.

Mengapa meminjam di koperasi? Mengapa tidak di bank saja? Coba simak beberapa keuntungan meminjam dana di koperasi berikut ini.

      • Persyaratan dan proses pengajuan pinjaman cenderung lebih mudah daripada bank.
      • Koperasi didirikan dengan tujuan pemerataan ekonomi, memiliki nilai adil dengan bunga flat dan bahkan menurun.
      • Dengan meminjam di koperasi, akan mengurangi praktik rentenir dengan sistem bagi hasil.
      • Menjadi anggota koperasi, itu berarti kamu akan mendapat Sisa Hasil Usaha (SHU) yang bisa mengurangi bunga pinjaman kamu.
      • Pajak yang dikenakan kepada peminjam/nasabah koperasi lebih ringan daripada bank, sehingga koperasi tidak perlu menekan biaya pinjaman untuk membuat imbal hasil para pendana menjadi lebih besar.
      • Bunga pinjaman di koperasi lebih rendah daripada bunga pinjaman di bank, untuk plafon pinjaman di bawah Rp3 miliar.

Rata-rata plafon pinjaman di koperasi tidak kalah dari Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank, yaitu mulai dari Rp500.000 hingga ratusan juta rupiah. Namun, ada pula koperasi yang tidak memberi batasan plafon pinjaman atau disesuaikan dengan nilai jaminan.

Itulah mengapa para pemilik UKM dan UMKM masih banyak yang mengandalkan pinjaman koperasi sebagai sumber tambahan modal bisnis mereka.


#2 Langkah-Langkah Memilih Koperasi yang Tepat

Langkah-Langkah Memilih Koperasi yang Tepat

Begitu banyaknya jenis koperasi yang tersedia untuk menyejahterakan masyarakat, beberapa di antaranya mungkin mendukung kebutuhan finansial kamu.

Namun, langkah-langkah berikut ini harus kamu terapkan dengan benar agar koperasi yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Sehingga kamu pun tidak merasa dirugikan.

    1. Pastikan koperasi yang kamu pilih merupakan jenis Koperasi Simpan Pinjam (KSP), ini dikarenakan tidak semua koperasi menyediakan layanan meminjam dana.
    2. KSP sekunder dilarang untuk memberikan dana atas nama perorangan. Jika kamu ingin meminjam dana atas nama perorangan, maka kamu harus memilih KSP primer.
    3. Pastikan koperasi yang kamu pilih telah terdaftar di Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI. Silakan cek di sini untuk mengetahu tentang detail koperasi yang kamu pilih.
    4. Koperasi memiliki izin penyelenggaraan transfer dana dari Bank Indonesia (BI) dan/atau memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
    5. Pilihlah koperasi yang menyediakan pinjaman tanpa agunan/jaminan. Sebab, tidak semua koperasi memiliki KTA, mayoritasnya hanya menyediakan kredit multiguna.
    6. Pastikan bahwa koperasi mengikuti rapat tahunan secara rutin, ini masuk ke dalam pertimbangan apakah koperasi yang kamu pilih tergolong aman atau tidak.
    7. Sebagai calon anggota, kamu berhak memastikan apakah ada aktivitas yang dilakukan oleh koperasi dalam beberapa tahun terakhir. Jika ada, koperasi harus menyampaikan anggaran Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada kamu.
    8. Pastikan koperasi melakukan perekrutan secara terbuka dengan jumlah minimal 20 orang (sesuai kesepakatan).

Jangan lupa, kamu harus rajin memeriksa ke pemerintah setempat (di tingkat kota, kabupaten, atau provinsi) untuk mengetahui kelegalan dan keamanan koperasi.

Sebab, semakin banyak koperasi (kovensional dan online) yang sangat memudahkan penggunanya. Itu artinya, kamu juga harus semakin waspada terhadap kasus penipuan, baik pinjaman bodong atau investasi bodong, yang mengatasnamakan koperasi.


#3 Syarat Mengajukan Pinjaman di Koperasi

Syarat Mengajukan Pinjaman di Koperasi

Meskipun kamu belum menjadi anggota koperasi, namun tak ada salahnya kamu mengetahui syarat-syarat untuk menjadi anggota koperasi, di antaranya:

      • Seorang Warga Negara Indonesia (WNI).
      • Memahami bahwa keanggotaan ini bersifat perorangan dan bukan dalam bentuk badan hukum.
      • Membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai ketentuan yang berlaku.
      • Menyetujui hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT), khususnya mengenai anggaran koperasi berupa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), dan ketentuan yang berlaku lainnya di dalam koperasi.

Setelah resmi menjadi anggota koperasi, kamu akan dimudahkan untuk mengajukan pinjaman dana untuk kebutuhan kamu. Berikut adalah  persyaratan untuk mengajukan pinjaman dana yang bisa kamu lakukan:

      • Berstatus sebagai anggota koperasi atau calon anggota koperasi.
      • Mengisi formulir/proposal pengajuan pinjaman dana yang tersedia.
      • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk pinjaman dana di atas Rp50 juta.
      • Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami-istri dan Surat Nikah, jika sudah menikah.
      • Kartu Keluarga (KK), rekening listrik, slip gaji, dan buku pensiun (jika diperlukan).
      • Persiapkan berkas-berkas sebagai jaminan, seperti BPKB, surat kepemilikan tanah, sertifikasi deposito, dan lain-lain, jika hendak meminjam dana untuk keperluan bisnis.

Selanjutnya, kamu hanya tinggal mengunjungi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) untuk mengajukan pinjaman dana.


#4 Mulai Melakukan Pengajuan Pinjaman di Koperasi yang Dipilih

Mulai Melakukan Pengajuan Pinjaman di Koperasi yang Dipilih

Setelah memenuhi persyaratan dari pengajuan pinjaman dana koperasi dan resmi menjadi anggota koperasi, ikuti langkah selanjutnya yuk!

      • Serahkan berkas-berkas persyaratan, seperti KTP, KK, dan semua berkas lainnya.
      • Serahkan proposal pengajuan pinjaman dana (berisi tujuan penggunaan dana, misalnya untuk modal usaha, membayar tagihan/cicilan kendaraan, dan alasan-alasan lainnya) yang telah kamu buat.
      • Jika kamu ingin mengajukan pinjaman bisnis, maka kamu harus datang langsung ke kantor koperasi bersangkutan.
      • Proposal pengajuan pinjaman dana yang kamu buat akan diperiksa oleh pengurus koperasi. Mereka akan mempertimbangkan isi proposal kamu sesuai dengan prosedur pinjaman yang sudah ditentukan sebelumnya.
      • Jika proposal pengajuan pinjaman dana kamu disetujui, maka pencairan pinjaman dan lama pengembalian akan disesuaikan berdasarkan kesepakatan yang telah dituangkan di dalam akad pinjaman koperasi.
      • Menyetujui kontrak mengenai bagi hasil dan cicilan tiap bulan yang harus dibayarkan.

Selamat! Kamu hanya perlu menunggu pinjaman dicairkan, baru setelah itu kamu bisa menikmati hasil pengajuan pinjaman kamu. Jangan lupa, gunakan sesuai kebutuhan ya!


#5 Cara Menghitung Bunga dan Biaya Pinjaman di Koperasi

Cara Menghitung Bunga dan Biaya Pinjaman di Koperasi

Mengajukan pinjaman di koperasi memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah kamu akan dibebankan bunga yang sangat rendah dibandingkan lembaga keuangan lainnya.

Terdapat beberapa tipe bunga yang biasa diaplikasikan pada pinjaman jangka pendek di koperasi, antara lain yaitu:

  • Bunga Flat – Bunga tipe ini sering digunakan dalam pinjaman jangka pendek, maksud dari bunga flat adalah perhitungan bunga nominalnya selalu sama setiap bulannya.
  • Bunga Menurun – Bunga ini adalah tipe bunga yang dipengaruhi oleh besaran dari nilai pinjaman pokok. Semakin kecil pinjaman, maka semakin kecil bunganya.
  • Bunga Menurun Efektif – Metode perhitungan bunga ini juga sering digunakan dalam pinjaman di koperasi. Tipe bunga ini dihitung dari saldo akhir di setiap bulannya, sehingga bunga yang kamu bayarkan akan menurun setiap bulan.

Lalu, bagaimana perhitungannya?

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bunga koperasi lebih murah dibandingkan bunga pinjaman di tempat lain. Ini karena tujuan pengadaan kegiatan simpan pinjam di koperasi yaitu untuk menyejahterakan semua anggotanya.

Bangun aset pendanaan dan dapatkan modal awal sebesar 350.000 KOIN. Gratis!

Dalam menjalankan usaha pinjaman, koperasi menggunakan alternatif perhitungan bunga sebagai berikut.

I. Bunga Flat

Karena nominal bunganya selalu sama setiap bulan, maka tidak dibutuhkan perhitungan khusus untuk bunga ini.

II. Bunga Menurun (RC)

Di bawah ini adalah contoh perhitungan bunga menurun dengan suku bunga 1% sesuai dengan yang biasa digunakan pada perhitungan bunga pinjaman koperasi.

RC = ((Sisa Pokok x Suku Bunga) / 30 Hari) x Jumlah Hari

Mengikuti rumus di atas, simak contoh berikut.

tabel bunga menurun

Tabel di atas menyatakan bahwa, total bunga dalam 1 bulan (30 hari) sebesar Rp5.900 dengan pinjaman awal Rp1.000.000.

Kamu, sebagai peminjam, sebaiknya membayar pokok dan bunga secara rutin setiap bulan. Sebab, jika di akhir bulan kamu tidak melakukan angsuran bunga, maka bunga yang belum dibayar tersebut akan dihitung sebagai pengali (selain pokok) untuk perhitungan di bulan berikutnya.

III. Bunga Menurun Efektif (Sliding Rate)

Adapun rumus dari Sliding Rate yang perlu kamu ketahui:

Angsuran Bunga = Saldo x (Suku Bunga / 12 Bulan)

Berdasarkan rumus di atas, perhatikan contoh berikut ini.

Asumsi pinjaman sebesar Rp6.000.000 yang diangsur selama 6 bulan, dengan suku bunga 12% per tahun. Maka diperoleh:

tabel bunga menurun efektif

Total angsuran (pokok + bunga) setiap bulannya berbeda-beda dan semakin menurun. Jika ditotalkan, maka selama 6 bulan, kamu harus dikenakan bunga sebesar Rp210.000. Sehingga kamu harus membayar pinjaman sejumlah Rp6.210.000.

Nah, perhitungan bunga koperasi di atas hanya contoh ya. Tingkat suku bunga disesuaikan dengan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang kamu pilih, hanya rumusnya saja yang sama.


#6 Kekurangan Dalam Peminjaman Uang Di Koperasi

Kekurangan Dalam Peminjaman Uang Di Koperasi

Selain keuntungan, meminjam dana di Koperasi juga kelemahan, di antaranya:

      • Masih menggunakan cara konvensional, termasuk perihal peminjaman dana. Sebagian besar koperasi belum memanfaatkan teknologi secara optimal, sehingga kamu mungkin akan kesulitan mendapat informasi mengenai produk pinjaman dan hal-hal lainnya.
      • Harus menyetor simpanan wajib dan simpanan pokok sesuai dengan ketetapan koperasi terkait. Kedua simpanan ini tidak dapat kamu ambil, kecuali kamu keluar dari keanggotaan koperasi.
      • Rentan konflik kepentingan atau tindakan penyalahgunaan. Ini dikarenakan terjadinya tumpang tindih antara peran dan manajemen kepengurusan.
      • Rentan terjadi perselisihan pada saat rapat anggota. Hal ini menyebabkan Sisa Hasil Usaha (SHU) tidak menentu, sehinggamembuat pembagian hasil menjadi tidak pasti.
      • Plafon pinjaman terbatas dan membutuhkan jaminan apabila nominal pinjaman lebih dari Rp50 juta.


#7 Apakah Ada Alternatif Pinjaman yang Lebih Mudah Tanpa Jaminan?

Bagaimana Cara Saya Menentukan Waktu Pinjaman Serta Dana yang Dibutuhkan

Keberadaan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) saat ini memang tidak terlalu banyak, walaupun minat masyarakat terhadap KSP masih terbilang banyak.

Terutama bagi masyarakat yang berada di kalangan menengah ke bawah dan membutuhkan pinjaman dana yang tidak terlalu besar. Karena alasan inilah, mereka lebih memilih KSP daripada bank atau perusahaan finansial lain untuk menunjang kebutuhannya.

Permasalahannya terletak pada keamanan dan legalitas koperasi. Tidak jarang yang mengeluh karena keberadaan pinjaman bodong. Atau, koperasi yang meminjamkan dana dengan agunan, padahal nominal yang dipinjamkan tidak terlalu besar.

Bangun aset pendanaan dan dapatkan modal awal sebesar 350.000 KOIN. Gratis!

Nah, sebagai alternatif lain, kamu harus mencoba mengajukan pinjaman di KoinBisnis. Produk KoinWorks yang satu ini memungkinkan kamu untuk meminjam dana mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar tanpa agunan/jaminan.

Tentu saja, kamu tidak akan menemukan tawaran menarik ini di Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Di koperasi, hanya kredit multiguna yang memperbolehkan kamu meminjam dana sampai Rp2 miliar.

Pinjaman dana dari KoinBisnis ini diperuntukkan bagi kamu yang membutuhkan tambahan modal demi memperbesar bisnis yang tengah kamu jalani. Selain itu, kamu akan dikenakan bunga flat yang terjangkau yaitu sebesar 0,75% – 1,67% per bulannya..

Ditambah lagi, kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan dan legalitasnya.

KoinWorks selaku perusahaan finansial berbasis Peer-to-Peer Lending ini sudah berizin resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga tidak ada lagi yang namanya pinjaman online bodong!

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai KoinBisnis, yuk baca artikel tentang Panduan KoinBisnis!



Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

39 KOMENTAR

    • Halo, Bu Linda.
      Bila yang Anda maksud adalah pinjaman di KoinWorks, tidak benar adanya keharusan pembayaran yang dimaksud.
      Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan KoinWorks.
      Tidak ada kewajiban pembayaran yang harus dibuat sebelum pengajuan pinjaman Anda disetujui oleh tim KoinWorks, dan tidak ada keharusan membayar sejumlah uang sebagai kewajiban agar pinjaman Anda disetujui.

      Mohon berhati-hati.

      Terima kasih.

  1. Saya malah lebih parah. Di sms in dr katanya dari koperasi nasari kalo saya bisa pinjam disini. Sudah saya kasih dokumen persyaratamnya trus besokannya di wa katanya data saya disetujui. Tapi sebelum pencairan harus transfer dulu ke rek. An. Pribadi buakan rek. Koperasi se nilai 1.2jt hufff… kita kan lg butuh modal buat usaha malah dipalak duluan gede lagi.

    • saya sama mb.. sy mlh udh ktipu tuh sm yg mngatas namakan koperasi nasari… saya mngajukan pnjaman 20jt.. saya dsruh trnsfer 850rb untuk dposit. lalu dsruh trnsfer lg 2.3jt untuk administrasi.lalu dsruh lg trnsfer 6jt yg ktny buat asuransi… ini niat nipu apa mau merasssss.. gilaaaaa bgtttt

  2. Kalau Saya butuh Pinjaman Modal Kerja sebesar Rp 300.000.000,- dengan JW 24 Bulan boleh saya dibantu dalam Pelayanan Kredit Pensiunan Bank BTPN dan BRI dan berapa Bunganya per bulan.tk

    • Halo, Mangontang! Saat ini produk pinjaman kami terbagi menjadi 3:
      1. Pembiayaan bisnis (Koin Bisnis)
      2. Pembiayaan pendidikan (Koin Pintar)
      3. Pembiayaan karyawan (Koin Gaji)
      Dengan bunga 0,75%-1,67% perbulannya.

    • Halo, Arul! Untuk pengajuan pinjaman di KoinWorks pada produk manapun, kamu enggak perlu deposit dana dulu kok. Silakan registrasi dan ajukan pinjamannya melalui aplikasi kami pada perangkat ponsel kamu ya. Kami ingatkan juga untuk kamu terus berhati-hati menjaga data diri kamu dari penipuan yang mengatasnamakan KoinWorks.

  3. Ma’af saya pinjam di koprasi KSP Surya pratama makmur balong panggang,cicilan sudah lunas tapi tinggal dendanya,berapa dendanya jika telat bayar?

    • Halo Ellys!

      Jika kamu ingin mengajukan pinjaman, kamu bisa mengajukan pinjaman melalui aplikasi KoinWorks lho. Caranya silakan untuk mendownload aplikasi kami ya di Playstore/Appstore prangkat kamu, kemudian kamu bisa memilih beberapa jenis produk kami yang tersedia di halaman utama pada Super Financial App KoinWorks dan isi data-data yang diperlukan buat mengajukan pinjamannya guna memenuhi berbagai kebutuhan pribadi kamu!

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

    • Halo Ellys!

      KoinWorks saat ini memiliki 3 jenis pinjaman yaitu Koin Bisnis untuk pengembangan modal usaha, Koin Pintar untuk pembiayaan pendidikan, dan Koin Gaji untuk pinjaman pribadi bagi karyawan dari suatu perusahaan yang telah bekerja sama dengan KoinWorks. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengajukan pinjamannya secara online lho melalui Super Financial App KoinWorks. Lalu kalau ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silakan hubungi kami via email di support@koinworks.com.

      Semoga jawabannya membantu yaa dan terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

    • Hai Darul!

      Saat ini kami menyediakan jenis pinjaman Koin Bisnis yaa yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan modal usaha kamu. Kalau kamu tertarik, kamu bisa daftar dulu sebagai Akun Bisnis melalui aplikasi KoinWorks. Nantinya kamu cukup isi saja data-data serta dokumen yang diperlukan buat pengajuannya. Lalu kalau ada yang mau ditanyakan lebih lanjut, boleh hubungi kami melalui email di support@koinworks.com yaa.

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

    • Halo Darul!

      Kalau kamu memiliki usaha yang sudah berjalan dan membutuhkan modal usaha, kamu bisa mengajukan pinjaman KoinBisnis lho. Caranya silakan pilih menu KoinBisnis yang tersedia di halaman utama pada Super Financial App KoinWorks dan isi data-data yang diperlukan buat mengajukan pinjamannya guna memenuhi berbagai kebutuhan pribadi kamu!

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

    • Halo, terima kasih sudah mengunjungi blog KoinWorks 🙂

      Untuk mengajukan pinjaman dana usaha, kamu bisa meminjam di KoinBisnis ya. Bunga pinjaman terjangkau mulai dari 0,75% per bulannya. Semoga sukses!

    • Halo Melania!

      Apabila kamu merupakan seorang karyawan dari suatu perusahaan yang sudah bekerja sama dengan KoinWorks, kamu bisa mengajukan pinjaman KoinGaji lho. Caranya silakan pilih menu KoinGaji yang tersedia di halaman utama pada Super Financial App KoinWorks dan isi data-data yang diperlukan buat mengajukan pinjamannya guna memenuhi berbagai kebutuhan pribadi kamu!

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami yaa 😊

  4. Saua dedi algama mau pinjam uang tmba modal usaha tpi saya asli dri ternate maluku utara bisa gak..kalau bisa tolong kabarkan saya d akun saya yg aktif . Saya butukan skali modal usaha
    1). 085340911764 wa/tlp
    2). Nama facebook idhet chanser

    Tolong kalau ad bisa bantu kabarkan sya terima kasih

    • Hai Dedi!

      Mohon maaf sekali yaa namun dikarenakan pandemi Covid-19 yang tengah melanda, saat ini wilayah pengajuan pinjaman hanya dapat dilakukan dari daerah JABODETABEK. Namun, seiring dengan waktu kedepannya, tidak menutup kemungkinan kami akan memperluas kembali wilayah kami. Terima kasih atas perhatiannya dan kalau ada yang ingin kamu tanyakan lebih lanjut, boleh hubungi kami melalui email di support@koinworks.com

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

    • Hai Faridah
      Saat ini kami menyediakan jenis pinjaman Koin Bisnis dan Koin Pintar lho. Kalau kamu tertarik, kamu bisa daftar dulu sebagai melalui Akun KoinWorks melalui Super Financial App KoinWorks. Nantinya kamu cukup isi saja data-data serta dokumen yang diperlukan buat pengajuannya. Lalu kalau ada yang mau ditanyakan lebih lanjut, boleh hubungi kami melalui email di support@koinworks.com
      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

    • Hi Herry, terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

      Jika kamu merupakan seorang karyawan dari suatu perusahaan yang sudah bekerja sama dengan KoinWorks dan ingin mengajukan pinjaman pribadi, kamu sekarang bisa mengajukan pinjaman KoinGaji lho. Caranya cukup klik menu KoinGaji yang tersedia di menu Beranda pada Super Financial App KoinWorks dan ajukan deh pinjamannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi kamu! Tidak pakai agunan kok. Kalau ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silakan email ke kami di support@koinworks.com 😊

  5. Helo semua di luar sana, saya harap anda semua baik-baik saja ??? Nama saya Puan Elodie Yannick, saya berasal dari Belgium Liege, beberapa minggu yang lalu saya terperangkap dalam keadaan kewangan yang buruk dan saya memerlukan pinjaman segera untuk membayar bil saya dan kembali bangkit secara kewangan kerana keadaan kewangan bank saya sekarang enggan memberikan pinjaman kepada saya, jadi saya tidak mempunyai pilihan lain selain mencari pinjaman tanpa jaminan dalam talian, dalam proses penyelidikan saya, saya menjadi mangsa penipuan dan saya kehilangan hampir € 1,250 dan saya menghadapi lebih banyak masalah dan saya hampir berputus asa untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya menjumpai catatan dalam talian, pos itu adalah keterangan bersama dari Puan Melissa Nicholas dari Kansas States yang memberi keterangan bagaimana dia mendapat $ 350,000.00 dari Kathy Finance Inc. setelah membaca siaran itu, saya memutuskan untuk menghubungi Kathy Finance Inc. melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com) kenalan yang dikongsi dalam siaran, permintaan pinjaman tanpa jaminan saya sebanyak € 120,000.00 telah disetujui dalam 48 jam dari permintaan saya dan kadar faedah pinjaman mereka adalah 2% pinjaman saya dibayar ke dalam akaun bank saya tanpa sebarang peninggalan .

    Saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam dan juga menasihati para pencari pinjaman di luar sana untuk sangat berwaspada kerana terdapat banyak penipu di luar sana dengan tujuan untuk menipu pencari pinjaman yang tidak bersalah, jadi anda harus berhati-hati dan waspada .. bagi mereka yang memerlukan pinjaman saya cadangkan Kathy Finance Inc, anda boleh menghubungi syarikat melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com)

    Terima kasih kerana membaca kesaksian saya, saya mengucapkan semoga berjaya.

    Anda,
    Elodie Yannick.

  6. Sya mu bertanya buk, pak,,, apakah klo pinjam online di ksp sejahtera bersama ini diharuskan membayar uang deposit nya,,, karna sya brusan melakukan hal yg sama,,, pertama sya mngajukan pinjamn online sya dimintai byar deposit nya 450rb,,,lalu setelah sya byar,,, pimpinan suruh sya byar

  7. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.